Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia

Ilhamsadli.com,- Sadar atau tidak, sekarang zaman terus berkembang. Dengan berkembangnya zaman, kemudian kreatifitas dan inovasi dari para pemuda yang mengerti peluang akhirnya mencetuskan beberapa inovasi. Misalnya saja, kita ambil contoh terdekat yaitu munculnya online unicorn besar Indonesia seperti halnya Traveloka, Go-Jek, hingga Tokopedia dan beberapa marketplace lainnya. Semua bermunculan sudah seperti gerimis yang turun. Perlahan tapi pasti, ini akan menciptakan orang - orang hebat baru.
Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia

Akan bermunculan CEO muda dan inovatif, lalu muncul juga para wirausahawan baru dengan memanfaatkan semua fasilitas yang ada. Itulah kenapa, beberapa tahun kedepan Indonesia akan menjadi gudangnya para CEO dan wirausahawan baru. Tentunya hal ini akan berimbas baik dengan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama dalam bidang perekonomian. 

Era Digital Menjadi Sebuah Peluang

Era digital, dimana semua menjadi serba digital. Mulai dari mencari informasi, menerima informasi, komunikasi, berbelanja, hingga ke transaksi keuangan hampir semuanya sudah tersentuh oleh media digital. Dengan manfaat dan kegunaan masing-masing yang sangat membantu, setidaknya meringankan pekerjaan manusia. Misalnya saja dengan adanya unicorn go-jek, sehingga transaksi menjadi serba digital. Untuk membeli makanan saja sudah tidak perlu antri panjang, tinggal duduk santai sambil menunggu pesanan tiba.
Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia

Era digital ini yang semakin marak membuat banyak peluang baru untuk para wirausahawan, mereka berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan kreatifitas untuk menarik pelanggan. Tidak sedikit juga yang menggunakan nama-nama unik untuk menarik perhatian. Sekarang zaman sudah berubah, warung atau resto yang tampak sepi pengunjung, bisa jadi omsetnya lumayan besar karena didapatkan dari transaksi digital tadi. 

Kemudian, hal ini didukung pula oleh keadaan, dimana hampir sebagian besar orang tidak bisa lepas dari smartphone. Internet yang semakin membaik, kemudian teknologi yang semakin canggih membuka peluang baru untuk wirausahawan Indonesia menjalankan roda ekonomi kreatif. 

Dukungan Pemerintah Terhadap Peluang Besar Itu

Pemerintah Indonesia juga semakin mengerti bahwasanya masyarakat bawah sudah semakin cerdas dengan adanya internet yang merata. Karena semuanya akan berimbas baik pada ekonomi dan kemajuan Indonesia, tentunya pemerintah mendukung penuh proses ini, khususnya dalam transaksi digital yang berkembang di masyarakat luas.

Sistem Koperasi Digital

Melakukan transaksi digital sekarang ini bukan lagi sebuah hal yang aneh, malah sudah menjadi hal yang sangat akrab. Karena para wirausahawan ataupun dengan hadirnya marketplace serta unicorn Indonesia membuat transaksi digital menjadi satu diantara sekian banyak yang harus ada. Karena memang kemudahan dan keamanan dalam transaksi menjadi sebuah tujuan utama hadirnya transaksi digital ini. 
Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia

Menyadari hal itu, munculah sebuah inovasi baru yang disebut sebagai Sistem Digital Transaksi Indonesia menggunakan aplikasi Koperasi Digital atau dalam bahasa inggirs Digital Cooperative. 

Digital Cooperative ini sendiri adalah aplikasi yang menawarkan banyak layanan, tidak hanya untuk Koperasi saja tetapi untuk para merchant dan anggota koperasi lainnya. Proses yang berintegrasi memudahkan dalam melakukan transaksi online dimanapun dan kapanpun. Karena melihat di Indonesia terdapat banyak sekali Koperasi yang berkembang dan memiliki potensi untuk maju namun belum ditunjang oleh Teknologi yang handal untuk mempermudah pengelola dan anggotanya melakukan pencatatan atas segala jenis transaksi yang terjadi. (sumber: cooprasi.id)

Mengapa Haris Koperasi Digital

Percaya atau tidak, masih ada sebagian koperasi di Indonesia masih menggunakan sebuah sistem “Teknologi Tradisional“ untuk menunjang transaksi finansial mereka dengan para anggota, hal ini dikarenakan memiliki keterbatasan untuk pengadaan sebuah sistem yang handal dan efektif serta efisien. 
Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia

Setiap konsumen pasti mengidam-idamkan sebuah transkasi yang mudah, aman, hemat, cepat, terpercaya dan tidak ribet. Maka aplikasi transaksi digital menggunakan koperasi digital ini tentunya menjadi solusi yang bagus dan rekomended. Karena keamanan bisa terjamin, harga lebih bersahabat, transkasi mudah dan prosesnya cepat serta tidak ribet dalam urusan apapun. Hanya dengan sekali sentuh, semua transaksi bisa dilakukan dengan pasti. 

Semoga dengan diterapkannya sistem transaksi seperti ini, tidak akan ada lagi penipuan-penipuan yang sifatnya transaski online yang merugikan masyarakat. Semoga, masyarakat juga melek teknologi agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan dan impian untuk Indonesia kedepan. Salam literasi, mari berkoperasi.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

21 Responses to "Koperasi Digital Sebagai Pendukung Kewirausahaan di Indonesia"

  1. Justru kalo gak ngikutin perkembangan jaman dan teknologi, bisnis akan runtuh. Jadi mau gak mau, bisnis juga harus ikut teknologi biar makin berkembang.

    ReplyDelete
  2. Dizaman saat ini masyarakat memang sudah selayaknya untuk melek teknologi karena jika tidak makan ia sangat memungkinkan untuk tertinggal. Begitupun dengan para wirausahaan

    ReplyDelete
  3. Saya waktu kecil itu, tahunya kopeasi saat Ibu-ibu asrama tentara tempat tinggal saya ramai-ramai ambil sembako di sebuah toko. lalu Ibu saya menjelaskan. Itu ambil baang dulu, nanti bayarnya dipotong gaji hehehe.

    Dan seiring waktu koperasi semakin berkembang ya, mas Ilham dan mengikuti perkembangan zaman. Zaman digital, ya koperasi juga mengikuti dengan koperasi digital. Keren ini, karena memudahkan dan efektif juga.

    ReplyDelete
  4. Koperasi memang harus beradaptasi dengan perubahan zaman, kalau ga mau kehilangan nasabah. Kmrn saya pernah datang di event koperasi yang sudah mengeluarkan aplikasi, namanya sobatku. Keren juga..

    ReplyDelete
  5. Ternyata koperasi digital nan modern ini menawarkan banyak layanan ya, tidak hanya untuk Koperasi saja tetapi untuk para merchant dan anggota koperasi lainnya.

    ReplyDelete
  6. Wirausahawan bertaburan ya kan ,harus mengikuti zaman yang semakin berkembang ,semoga kita semua mampu melek teknologi demi kemajuan

    ReplyDelete
  7. Koperasi juga harus go digital ya mas agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Jangan sampai prinsip koperasi yang luhur ditinggalkan karena tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

    ReplyDelete
  8. Wah sepakat nih kl bisa mengentaskan pinjol yang mencekik dan ngawur saat penagihan. Apakah ini sudah berlaku buat semua koperasi mas?

    ReplyDelete
  9. Wah kalo ada aplikasi semacam itu sih enak ya mas... Karena koperasi itu membantu banget loh terutama bagi umkm kecil dan menengah... Biasanya mereka member koperasi gitu...

    ReplyDelete
  10. Kl dulu alasan gak mau jd anggota koperasi krn ribet yaa musti ke ktr nya dl,, kl skrg udah ada koperasi digital,, jd tinggal tap-tap aja di smartphone, beres hehe

    ReplyDelete
  11. Mantap nian, ternyata sudah ada koperasi digital. Aku tahu koperasi dari belajar waktu SMP tapi praktiknya, sampai sekarang belum. Oh... Kemana saja aku selama ini.

    ReplyDelete
  12. PR berikutnya, bagaimana orang-orang yang gak punya smartphone, tetap bisa memiliki akses ke layanan-layanan koprasi digital ini. Sukses koprasi digital! :)

    ReplyDelete
  13. Ide yang sangat bermanfaat banget, adanya koperasi digital ini. Karena semakin majunya teknologi, maka semua pun serba digital. Selain itu dapat lebih mudah menjangkau banyak masyarakat.

    ReplyDelete
  14. Sebenernya lumrah juga kan ya.
    Pasar digital punya koperasi digital.
    Zaman now gitu lohh

    ReplyDelete
  15. Lebih suka dg koperasi digital di zaman now, mas
    Lebih mudah aksesnya juga hanya dg dri HP. Pun transaksinya juga lebih praktis dr hp juga kwkw

    ReplyDelete
  16. Harus kebih dupopulerkan lagi koperasi digital ini agar masyarakat kian paham manfaatnya. Saya sendiri belum terlalu paham cara kerja dan sistem operasinya, tetapi mendukung pertumbuhan koperasi digital demi kemajuan perekonomian bangsa.

    ReplyDelete
  17. Harus kebih dupopulerkan lagi koperasi digital ini agar masyarakat kian paham manfaatnya. Saya sendiri belum terlalu paham cara kerja dan sistem operasinya, tetapi mendukung pertumbuhan koperasi digital demi kemajuan perekonomian bangsa.

    ReplyDelete
  18. Bahkan koperasi sekarang juga menuju digitalisasi yaaa. Soalnya emang lebih mudah sih. Asalkan ya diawasin sama badan tertentu sih jd terjamin keamanannya. Maklum zaman skrng banyak banget yang online2 yang sukagak terjamin. Minimal kudu jeli deh mau gabung di koperasi mana, yg pasti yg berizin.

    ReplyDelete
  19. Zaman saya koperasi masih beroperasi via offline ya. Seiring berkembangnya zaman, koperasi beralih jadi digital juga. Ini makin keren, hanya saja masih kudu waspada mencari yang paling terpercaya ya.

    ReplyDelete
  20. Wah nice info nih bro. Baru tau ini tentang koperasi digital. Apakah sistemnya masih sama dengan koperasi konvensional hanya berbeda sistem? Jujur saya masih belum mengerti

    ReplyDelete
  21. Wah keren neh udah ada koperasi digital, makin memudahkan para pemegang koperasi untuk bertransaksi deh...

    ReplyDelete
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel