Fenomena QR Menjadikan Transaksi Lebih Mudah, Pembayaran Digital Ala Millenial

Ilhamsadli.com,- Millenial, sebuah kata yang saat ini sangat fenomenal. Karena istilah ini sudah sangat akrab, terutama untuk menunjukan perbedaan generasi. Tiga generasi yang paling sering disebutkan ini adalah generasi X, Y, dan Z. Ada yang mengkategorikan genrasi X, Y dan Z ini berdasarkan tahun lahirnya, jadi apabila lahir diantara tahun A hingga tahun B akan tergolong dalam generasi X, misalnya. Lalu? Generasi yang mana yang dikatakan generasi millenial?

Jika berdasarkan dengan beberapa refrensi, maka generasi Y adalah golongan dari generasi millenial. Karena pada tahun-tahun inilah perkembangan teknologi sesuai dengan perubahan perilaku dan pola pikir generasi tersebut. Teknologi yang berkembang inilah yang kemudian membuat Indonesia sendiri harus terus bergerak maju, karena jika tidak demikian akan susah untuk bersaing dengan negara lain.
Kompas.com

Indonesia dan Perkembangan Teknologi

Indonesia jika diurutkan, maka termasuk dalam negara yang sedang berkembang. Inilah sebabnya pasar-pasar teknologi dan seterusnya sangat menjual di Indonesia, terutama teknologi smartphone. Dengan fakta dan masuknya smartphone yang bisa dikatakan hampir setiap kepala keluarga memiliki minimal satu smartphone membuat para pelaku bisnis mulai berpikir kreatif. Buktinya dengan munculnya e-commerce yang semakin memudahkan untuk melakukan belanja, karena hanya dengan satu kali sentuhan maka barang bisa tiba di rumah.

Selain itu, perkembangan di Indonesia akhirnya membuatnya mulai dilirik negara lain. Misalnya saja dengan munculnya Unicorn Pertama di Indonesia yang tidak menutup kemungkinan akan melahirkan unicorn-unicorn lainnya. Hadirnya unicorn, e-commerce, hingga yang paling terbaru adalah metode pembayaran digital membuat Indonesia kedepannya akan semakin maju. 

Mungkin sekarang masih belum terlalu banyak yang menggunakan sistem pembayaran digital, tetapi kita tidak pernah tahu bagaimana suatu saat sistem pembayaran digital ini akan merambah hingga ke pedesaan. Sekarang mungkin demikian, tetapi satu atau dua atau bahkan lima tahun setelahnya semuanya akan berubah sesuai dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi.

Millenial dan Pembayaran Digital
Berdasarkan yang dikutip dari laman eternitywebdev.com, generasi millennial bisa menghabiskan lebih dari 85% waktunya setiap hari bersama smartphone. Hal ini tentunya akan membuka pintu lebar untuk para pemilik bisnis online dan seterusnya. Apalagi dengan adanya beberapa aplikasi yang sangat mendukung dalam smartphone, membuat para millenial ini bisa melakukan banyak hal hanya dalam satu genggaman.
Fenomena QR Menjadikan Transaksi Lebih Mudah, Pembayaran Digital Ala Millenial
freepik.com

Pembayaran menggunakan sistem Digital menjadi sebuah kebutuhan untuk saat ini. Dimana hampir semua toko, cafe, warung makan, hingga minimarket sudah menyediakan pembayaran menggunakan digital. Tentunya hal ini sangat membantu, terutama dengan munculnya beberapa tawaran mengenai diskon hingga cashback dari pembayaran tersebut. 

Jenis Pembayaran Digital yang paling banyak digunakan adalah QR Barcode, karena pembayaran seperti ini lebih mudah dan tanpa ribet. Mudah untuk pembeli dan simple untuk penjual, karena prosesnya yang sangat mudah yakni tinggal menginstall aplikasi QR tertentu untuk bisa melakukan pembayaran. Bahkan ada juga yang sudah menerapkan pembayaran hanya menggunakan scan QR Barcode.

Apabila dahulu ketinggalan dompet adalah hal yang urgent, kini dengan adanya sistem pembayara digital hal tersebut bukan lagi sebuah masalah. Karena millenial sekarang sudah mulai beralih ke sistem pembayaran digital semua, karena dirasa lebih mudah dan simple. Ketinggalan dompet bukan masalah, tetapi ketinggalan smartphone ini masalah besar. 

Sebelum teknologi smartphone menguasai jagat perindustrian sistem komunikasi, dahulu setiap nomor memiliki jumlah pulsa tertentu. Tetapi sekarang kemudian sudah perlahan bergeser menjadi smartphone yang memiliki banyak kuota internet tetapi tidak memiliki pulsa, sama halnya dengan hadirnya pembayaran digital. Uang cash yang tersimpan di dompet kadang hanya cukup untuk mengisi BBM dan bayar parkir, lalu untuk melakukan trasaksi belanja lebih banyak menggunakan pembayaran digital.

QR Barcode BI
Mengidentifikasi fenomena serta fakta unik ini, kemudian Bank Indonesia resmi meluncurkan QR Indonesia Standard (QRIS) pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, QRIS merupakan satu-satunya standar platform pembayaran QR yang berlaku di Indonesia. Hal ini dikutip dari laman resmi kompas.com. Diluncurkannya QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk implementasinya sendiri secara nasional akan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020. Hal ini bertujuan agar ada masa transisi untuk semua layanan, sehingga benar-benar bisa memberikan imbas ke sistem ekonomi. Karena beberapa hal yang membuat QR Barcode ini sangat bermanfaat, diantaranya karena kemudahan dalam transaksinya hingga efisiensi waktu. Tidak akan ada lagi antrian panjang untuk melakukan pembayaran karena kasir menghitung uang kembalian, karena dengan cukup scan QR saja sudah bisa langsung mebayar dengan uang pas. 

Itulah sebabnya, QR bisa menjadi salah satu metode pembayaran masa depan. Terutama untuk para milenial yang sudah hampir 80% waktunya dihabiskan bersama smartphone, dan lebih suka yang praktis dan efisien. Semoga dengan diterapkannya sistem ini kedepan sehingga bisa saling menguntungkan antara pemilik UMKM dengan konsumen. #feskabi2019 #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar #majukanekonomiyuk

Sumber: 
https://money.kompas.com/read/2019/08/17/113149726/bi-luncurkan-qr-code-berstandar-indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR
https://finance.detik.com/fintech/d-4670493/bi-luncurkan-standar-qr-code-bayar-bayar-nggak-perlu-ribet

1 Response to "Fenomena QR Menjadikan Transaksi Lebih Mudah, Pembayaran Digital Ala Millenial"

  1. Sebagai nak milenial yang kekinian, hp gw penuh dengan aplikasi pembayran kekinian juga. Gopay, ovo, link aja, you name it ! Biasanya gw pake buat bayar jajan-jajan gemes deket kantor. Mayan, banyak diskonnya, wkwkwkwk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel