Belajar Cara Menulis Review Film



Mereview sebuah film adalah sebuah pekerjaan yang menarik, terlepas dari fakta apakah film tersebut rekomendasi untuk ditonton ataukah monoton. Beberapa orang yang menulis review film kadang hanya berpaku pada nilai negatif saja. Padahal, sebuah review film seharusnya memiliki sifat menghibur, memberikan informasi, serta argumen orisinalitas tanpa menceritakan keseluruhan alur. Jika di samakan dengan buku, maka review film ini akan terlihat seperti sinopsis yang berisi ulasan sederhana namun komplit.


Okey, tidak usah terlalu bahas mengenai arti atau semacamnya dari sebuah review film. Kita akan langsung membahas teknisnya bagaimana dalam menulis sebuah review film.

1.      Mempelajari bagaimana review film yang baik
Hal pertama dalam membuat review film adalah dengan melakukan riset sederhana. Riset ini bertujuan untuk mengetahui minat pembaca kebanyakan, sehingga review yang akan kita buat nantinya bisa mengimbangi review menarik lainnya.

2.      Mengetahui Detail Sumber yang Akan Direview
Sebelum menonton film, cari detail dari sebuah film. Detail sebuah film biasanya bisa diisi dengan Apa judul film? Kapan film itu rilis? Sutradaranya siapa? Aktor atau siapa pengisi suara (jika animasi)? Genre filmnya apa? Intinya adalah mengetahui detail sebuah film.

3.      Mencatat hal-hal menarik dalam Film
Untuk bahasan dalam review film, kita memerlukan beberapa hal-hal menarik untuk dimunculkan dalam review. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca. Agar penilaian kita tepat pada sebuah film, sebaiknya menonton lebih dari satu kali. Karena akan selalu ada fakta-fakta menarik yang terlewatkan dalam pemutaran film tersebut. Jika memungkinkan, point-point penting dalam sebuah film ditulis ketika menonton film tersebut.

4.      Memulai untuk menulis
Ketika mulai menulis review film, usahakan munculkan dahulu bagain menarik dalam film tersebut. Atau bila kebingungan mengenai hal yang paling menarik, bisa diakali dengan membicaran trailer film tersebut dahulu. Apabila diangkat dari novel, bisa kamu jadikan pertimbangan atau pembanding anatara novel dengan filmnya. Hal ini menjadi salah satu hal yang menarik dalam sebuah review film.

5.      Gambarkan sedikit sinopsis mengenai film
 Menggambarkan sinopsis sangat diperlukan dalam mereview dengan tujuan memberikan gambaran kasar mengenai filmnya untuk pembaca. Bisa menggunakan sinopsis asli filmnya atau menggunakan sinopsis sendiri dari kita, tentunya dengan bahasa yang sedehrana dan mudah dipahami.

6.      Munculkan Argumen orisinal dari kita
Hal ini bertujuan untuk lebih meyakinkan pembaca bahwa kita benar-benar sudah menonton dan mengerti detail film yang direview. Dengan begitu, argumen orisinal kita akan menjadi bahan pertimbangan sebagai tolak ukur bagaimana rating sebuah film. Oh ya, satu lagi catatan penting. Jangan pernah memaksa orang lain untuk memiliki cara pandang yang sama dengan kita, biarkan mereka mempertimbangkan sendiri bagaimana film tersebut.

Sekian dulu ya pembahasan kita mengenai belajar menulis review film, jangan ragu untuk menulis review. Apapun hasilnya, itulah kemampuan kita da harus kita kembangkan lagi menjadi yang lebih baik. Semoga bermanfaat…
Salam Literasi…

2 comments:

  1. Wahhh jadi semangat meresensi film neh mas, hehehehe

    ReplyDelete
  2. Anonymous4:17 AM

    Thx infonya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung