Langkah Langkah Membuat Resensi Novel

Langkah Langkah Membuat Resensi Novel
Apabila sahabat senang dengan dunia literasi, tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan resensi, baik itu resensi buku nonfiksi atau resensi novel atau fiksi. Resensi novel itu adalah ulasan berisi analisa serta deskripsi sebuah novel yang disajika secara ringkas dan padat. Resensi biasanya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mempromosikan buku tersebut. Dalam resensi terkadang berisi garis besar sebuah novel, sehingga bisa membantu pembaca untuk mengetahui bagaimana sebuah novel.

Tentu tidak mudah untuk mulai menulis resensi, karena beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah resensi novel. Apa saja beberapa hal itu? yuk kita bahas bersama.

1. Ketahui Kerangka Umum Resensi
Sebelum memulai menulis resensi novel, langkah awalnya adalah mengetahui terlebih dahulu apa saja kerangka penting dalam resensi novel. Karena jika belum memahami kerangkanya, sama saja dengan menulis resensi tanpa sebuah refrensi yang pasti. dan tentunya tulisan tersebut tidak bisa digolongkan dalam resensi, melainkan akan terkesan menjadi testimoni pembaca. Apa saja kerangka umum resensi?

a. Judul Resensi
Judul resensi dengan judul buku yang diresensi haruslah berbeda, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca.

b. Data Buku/Novel
Data buku untuk resensi biasanya seputar nama pengarang, tebal buku, penerbit, tahun terbit, dan segela sesuatu tentang buku/novel tersebut.

c. Sinopsis Buku
Sinopsis biasaya berisi gambaran secara umum sebuah buku, sinopsis buku biasanya berada di sampul bagian belakang, atau bisa juga menggambarkan buku dengan memberikan sinopsis dengan kata sendiri.

d. Kelebihan dan Kekurangan Buku
Hal selanjutnya yang dicantumkan dalam sebuah resensi adalah kelebihan dan kekurangan buku. kelebihan serta kekurangan ini adalah berdasarkan pengamatan dan opini kita mengenai buku atau novel tersebut. Disini berisi mengenai argumentasi kita terhadap sebuah buku.

2. Memperhatikan Buku Tersebut Secara Detail
Langkah selanjutnya bukan langsung membaca novel tersebut tetapi memperhatikan detail buku tersebut, mulai dari jenis kertas, cover, ketebalan buku, penerbitnya siapa, pengarangna siapa. Hal ini dilakukan untuk mengisi data novel sesuai dengan point b dalam kerangka resensi. Setelah memperhatikan detailnya dan mendapatkan beberapa fakta yang dibutuhkan, barulah kitamelanjutkan dengan membaca novel tersebut.

3. Mulai Membaca Novel 
Langkah ketiga yakni membaca novel tersebut. Dalam membaca novel ini, kita perlu mencatat atau menggaris bawahi point-point penting dalam novel tersebut. Misalkan saja mengenai ruang lingkup novel tersebut, kutipan-kutipan dari penulis, atau sesuatu yang menarik perhatian kita. Keseumuanya itu akan kita bahas dalam resensi nantinya.

4.  Tulis Pendapat atau Argumen 
Pendapat yang terkesan klise haruslah kita hindari dalam membuat sebuah resensi novel. cermati dan meneliti novel yang dibaca agar mudah memberikan pendapat kritis dan tajam. Tentunya,pendapat-pendapat kita harus disertai dengan fakta-fakta yang terlihat dalam novel tersebut, dan hindari memberikan kritikan kosong tanpa fakta mendukung. Jelaskan secara singkat kekuatan novel tersebut serta kelemahannya yang memberikan daya tarik untuk pembaca. Dengan demikian, resensi tidak akan menjadi terlihat monoton dan membosankan.

5. Tulislah Isi Novel Secara Ringkas dan Padat
Bagaimana menulis isi novel secara ringkas dan padat? Tentu dengan menulis pokok bahasan dari novel tersebut, bisa disebut sebagai sinopsis. Namun sinopsis dalam hal ini tentu berbeda dengan sinopsis dari penulis sendiri, karena bagaimana sinopsis yang kita sampaikan akan sangat mempengaruhi perhatian pembaca. Usahakan menggunakan kata-kata sendiri dan tentu kembali lagi tidak monoton dan membosankan.

6. Berikan Kesimpulan
Dalam menulis resensi tentu diperlukan sebuah kesimpulan. Dan kesimpulan dalam sebuah resensi itu adalah sentuha akhir ketika membuat sebuah resensi novel. Kesimpulan kita akan berpengaruh besar terhadap promosi buku tersebut, jadi berikan kesimpulan sebaik mungkin.

Sekian dulu pembahasan mengenai langkah-langka membuat resensi novel, semoga bermanfaat. Tulisan ini diambil dari beberapa sumber bacaan.

Terimakasih sudah bersedia membaca,
Salam Literasi...

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung