Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini

Ilhamsadli.com,- Hay sahabat, kali ini ilhamsadli.com akan berbagi mengenai pengalaman dalam dunia blogging mulai dari nol hingga sekarang. Jadi, sekitar pertengahan 2018 kemarin, saya diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam dunia blogging di sebuah majelis. Saya masih ingat, ketika itu adalah bulan Ramadhan.  Bahagia rasanya bisa berbagi pengalaman. Saya diberikan panggung untuk berbagi pengalaman bahkan melatih teman-teman yang hadir kala itu untuk memulai menggunakan blog. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menjurus pada, bisa menghasilkan berapa sih dari blog perbulannya?
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Padahal bukan itu intinya, tetapi mungkin karena kita memang dibiasakan untuk melihat hasilnya bukan prosesnya. Banyak juga  yang beranggapan bahwa proses menjadi blogger itu instan dan langsung bisa mendapatkan penghasilan lumayan dari blog. Tapi perlu untuk diketahui bahwa menjadi blogger yang berpenghasilan “tidak semudah itu ferguso!”. Ada proses panjang dahulu sebelum akhirnya saya bisa berbagi pengalaman dan bisa mendapatkan penghasilan. Semuanya akan saya ceritakan dalam konten kali ini ya.

Kisah Awal Terjun Ke Dunia Blog

Sejak awal tahun 2018, alhamdulillah saya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Bukan tanpa sebab bisa menghasilkan seperti itu, tetapi jika ditarik benang merahnya jauh kebelakang. Akan ditemukan bahwa sebenarnya perjuangan ini dimulai sejak tahun 2012, dan itupun penyebabnya bukan karena ingin mendapatkan uang tetapi karena iri hati terhadap seorang teman.
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Jadi, ketika itu saya masih kelas 3 Madrasah Aliyah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Praya di Kabupaten Lombok Tengah. Dari situlah dimulai kisah awal terjun ke Dunai Blog. Proses yang panjang bukan? Dan setelah sekian lama akhirnya tiba pada tahun 2018 bisa menikmati hasilnya. Banyak sekali lika-liku yang dihadapi, kalau bahasa kiasannya sih berdarah-darah untuk bisa mendapatkan apa yang diharapkan. Awal ngeblog juga bukan termotivasi karena uang, walaupun sering membaca bahwa bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan media blog.

Seperti yang saya bilang di awal tadi, motivasi pertama blog adalah karena rasa iri terhadap teman di sekolah. Sebut saja namanya mawar, selain dia juara umum diangkatan dia juga waktu itu membuat blog serta mengerti koding. Hal yang muncul dalam fikiran saya saat itu adalah “kalau dia yang cewek aja bisa, harusnya saya juga bisa melakukannya”. Dan kebetulan juga banyak tulisanyang saya simpan di satu buku catatan, kalau dijumlahkan itu ada sekitar 30-an lebih tulisan berupa puisi dan cerpen.

Jadi tujuan membuat blog awalnya adalah untuk menampung tulisan pribadi, bisa dikatakan kalau blog kala itu adalah sebagai diary online. Ketika itu pula, punya pinjaman laptop dari paman untuk belajar banyak tentang dunia blog dan internet, walaupun kadang memang lebih banyak digunakan untuk download musik atau sekedar bermedia sosial. Karena saya masih ingat betul, kala itu internet tidak terlalu cepat walaupun sering nongkrong di kantor Telkom kota. Tapi disela ketidak jelasan itu, mencoba untuk selalu menerbitkan tulisan berupa cerpen dan puisi sekali dalam seminggu sebagai hitungan minimalnya.

Sempat Gagal dan Jatuh

Tahun 2012 lulus dari Madrasah dan melanjutkan studi di luar kota, tepatnya di kabupaten Jember. Diterima sebagai mahasiswa melalui jalur SNMPTN Undangan dan lolos tanpa tes. Namun ternyata menjadi mahasiswa tidak seperti yang dibayangkan, karena dulu sering banget lihat FTV yang latar ceritanya adalah mahasiswa dengan segala kebahagiaanya. Tapi ternyata kesibukan serta tanggung jawabnya semakin bertambah. Dimana harus beradaptasi dengan lingkungan baru, mencari teman, hingga harus menaikan performa sebagai seorang mahasiswa yang lulus jalur undangan.

Masuk tahun awal 2013, kemudian disibukan dengan dunia perkuliahan yang masih belum bisa di manage. Sehingga tahun 2013 itu blog menjadi berjamur, bahkan menjadi sarang laba-laba. Lebih diasyikan dengan tugas praktikum, beradaptasi dengan dunia perkuliahan hingga mulai terpaku dengan game online DOTA. Bahkan banyak jenis game online yang menjebak setiap hari semakin padat dan tak berarti. Jadi selama tahun pertama dan kedua perkuliahan, masih belum bisa menulis di blog. Menulis di bukupun jarang, kecuali itu adalah catatan kuliah atau tugas kuliah.
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Kemudian masuklah pada periode baru, ketika sudah memikirkan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari skil serta kemampuan. Lalu berfikirlah ke arah mengaktifkan kembali blog dengan bebagai cara, termasuk mulai bergabung dengan organisasi kepenulisan di Jember kala itu. Setelah itu, dikenalkanlah dengan dunia content writing yang ternyata bisa sedikit membantu untuk menambah uang jajan. Masih ingat sekali, gaji pertama sebagai konten writer dalam sebulan itu 250 ribu dengan jumlah tulisan hanya 10 tulisan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Saat itulah mulai berfikir untuk mencoba lebih produktif dengan menulis konten di blog juga, tetapi masih belum berfikir untuk menghasilkan uang dari blog. Selama 1 tahun menulis di blogpun hanya sekitar keresahan-keresan seorang anak muda yang masih labil dengan dunia percintaan. Dan pembaca banyak sekali saat itu, mungkin karena bahasa yang digunakan serta bahasannya yang menarik. Saat itu tahun 2014, mencoba masuk dalam group Blogger Indonesia di facebook, dan mulai mengenal yang namanya google adsanse. Tetapi ketika mendaftar tidak memperhatikan syarat dan ketentuannya, alias hanya sekedar mendaftar saja dan akhirnya mendapatkan email penolakan. Walaupun ditolak, tetapi masih menulis  artikel selama 2 minggu bahkan kadang 1 tulisan dalam satu bulan.

Akun Google Adsense Terblokir H-2 PayOut

Kesal karena menerima email penolakan, tahun 2015 mencoba lagi mendaftar di google adsense dengan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan. Setelah 6 bulan tidak ada balasan email, akhirnya sudah menyerah. Namun tiba-tiba dapat email bahwa akun diterima. Dari sinilah mulai mencari teman-teman untuk belajar dunia blog, termasuk dikenalkan dengan para suhu SEO dari berbagai kota. Belajar SEO sambil jalan, dan ada efeknya juga sehingga akhirnya sering muncul di halaman pertama. Namun perjuangan tidak sampai begitu, karena ternyata tidak mudah untuk mendapatkan uang dari google adsense. Page one saja tidak cukup untuk bisa mendapatkan penghasilan, namun ada yang ternyata lebih penting dari itu.
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Kurang ingat bulan keberapa, tetapi pernah tergkaget karena ternyata setelah 1 tahun berlalu menggunakan google adsense ternyata belum bisa menghasilkan. Hanya terkumpul 200.000 kurang. Lalu mencoba melakukan optimasi hingga pada tiga bulan selanjutnya bisa mengumpulkan sekitar 2 juta. Namun ternyata rejeki berkata lain, uang yang terkumpul dalam saldo menjadi hangus karena ada yang jahil atau iri mungkin, dan yang membuat syok adalah pemblokiran akun ketika H-2 jadwal payout. Lalu kemudian mencoba lagi mendaftar namun tidak bisa diterima. Setelah itu mengambil keputusan untuk membeli domain dengan nama ilhamsadli.com di salah satu penyedia domain yang kebetulan sedang ada promo.

Hijrah ke Domain TLD

Karena memang tujuan awalnya adalah untuk menyimpan tulisan dan memberikan pencerahan melalu tulisan, maka hangusnya uang 2 juta itu bukan sebuah halangan. Kemudian setelah sekitar 2 bulan hijrah ke domain TLD, akhirnya bisa mendaftar lagi di google adsense. Kali ini prosesnya lebih cepat, yakni 1 hari langsung diterima. Betapa bahagianya, dan kemudian 1 bulan setelahnya mendapatkan email penawaran kerjasama dengan salah satu agency tiket.
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Untuk google adsense, ternyata masih belum berjodoh. Buktinya tahun 2018 lalu, kasusnya hampir sama yakni H-1 minggu sebelum payout di blokir dengan total saldo 6 juta. Kali ini saya benar-benar syok, karena sudah bilang ke Abah dan Ummi kalau bulan depan insyaAllah sudah punya penghasilan yang lumayan, walaupun tidak berani menyebutkan angkanya. Dan ini adalah gagal yang kedua kalinya. Perjuangan tidak berhenti sampai disitu, mencoba lagi mendaftar dengan membeli domain baru untuk blog satunya, namun ternyata kasusnya tetap sama. Dan yang terakhir ini kemungkinan adalah karena alasan apa saya belum tahu karena tanpa email konfirmasi bahwa akun telah dibatalkan.

Bangga Dan Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini

Lalu di tahun 2018 juga dipertemukan dengan orang-orang hebat dan menginspirasi, sehingga tak hanya membuat saya merasa bangga menjadi seorang blogger tetapi juga bahagia. Dipertemuakan dengan blogger-blogger keren dalam satu event di Surabaya waktu itu, bahkan menemani teman-teman blogger nasional dalam event jalan-jalan. Dari merekalah saya belajar banyak hal tentang kekuatan, keteguhan hingga pantang menyerah.
Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini
Menurut saya pribadi, 2018 adalah tahun yang penuh makna. Ketika ternyata tahun itu bisa memberikan uang belanja walau tidak banyak pada orang tua, kemudian bisa membeli barang sendiri seperti tas, jaket, sepatu, sendal dan beberapa keperluan lainnya. 2018 menjadi momen yang mungkin akan menjadi saksi bisu, dimana akhirnya hati mantap untuk berjuang menjadi seorang blogger. Tahun 2018 inilah kemudian banyak teman-teman organisasi hingga ukm di universitas mengundang untuk menjadi narasumber dalam sebuah seminar. Bahkan yang lebih mengasyikan lagi, diperkenankan untuk mewujudkan impian keliling jawa timur melalui tulisan.

Baca Juga: Tantangan Yang Sering Dihadapi Seorang Blogger

Dan alhamdulillah, melalui blog juga akhirnya bisa mendapatkan penghasilan. 2019 ini insyaAllah project sudah ada lagi dan insyaAllah bulan februari berekesempatan untuk berbagi ilmu di kota Jember dan bulan maret berbagi ilmu di Banten. Saya bangga sekaligus bahagia bisa bermanfaat, dan ternyata sudah mulai menemukan titik terang dari impian yang dulu saya tulis. Jalan-jalan dan memberikan manfaat melalui menulis. Saya bangga dan bahagia sebagai blogger karena menulis bisa membuat rasa dan imaji berproses menjadi lebih baik. Jadi bukan alasan materi yang membuat bahagia tetapi karena bisa mencurahkan apa yang ada dalam otak.

Harapannya di 2019 ini, bisa menikah dengan wanita yang berprofesi sama sebagai blogger atau setidaknya bisa produktif menulis. Selain itu, berharap sekali bisa membeli camera dari hasil ngeblog. Oh ya, hasil pekerjaan dari blog sudah aku sisihkan sebagian untuk modal nikah, minta doanya agar segera terkumpul dan bisa menikah di usia 25 tahun tepatnya di tahun 2019 ini. Aamiin..

Kalau sahabat sekalian? resolusinya apa di tahun 2019 ini terutama dalam dunia blogging? Yuk tulis di kolom komentar untuk kita diskusikan.

33 Responses to "Bukan Hanya Bangga, Tapi Juga Bahagia Menjadi Blogger Masa Kini"

  1. Wah perjuangan ternyata semenjak SMA ya mas,
    adsense aku juga gagal terus dan terus sampe skg,
    aku skg tujuannya menulis yg baik dan benar dulu baru deh ke penghasilan.
    maklum masih 1 bulan hehehe
    semangat mas ilham

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, akhirnya sekarang aku nggak pake adsense dulu

      Delete
  2. Wah Ham, aku baru tau ceritamu ttg GA, warbiyasak. Sepertinya Allah mengganti berkali2 lipat dengan banyak kesempatan yg saat ini kamu rasakan ya. Resolusi 2019 buat dapet jodoh sesama blogger, aku aminin panjang. Insyaa Allah kalau sudah ber-ikhtiar apalagi menyisihkan hasil dr ngeblog juga, Allah sedang "membangun jalan" buat kamu. Aminnnnn. Keep on going to the real goal, bermanfaat lewat tulisan dan lisan.

    ReplyDelete
  3. Keren... jadi blogger memang tidak instan, aku tuh lagi belajar SEO, naikin PV, nah ini adsense enggak naik-naik.. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkan berjalan apa adanya ada kak, daripada ntar kayak aku.. ke blokir

      Delete
  4. Teramat sangat bangga ya jadi Blogger memang hehe. Selain menyenangkan karena bisa menuliskan segala keluh kesah dan berbagi apapun, pun blogger bisa memperluas pertemanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enar banget relasi jadi makin banyak, apalagi kalau ada project yang menggaet banyak blogger di seluruh indonesia

      Delete
  5. Waduh, ilang 8 juta, berat mana rasanya sama putus cinta mas? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. kira-kira syoknya sama kak

      Delete
  6. Sangat Inspiratif mas, saya juga banyak belajar dai blognya sampean ini. Semoga semangat ngeblognya menular juga ke saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah bisa... ganabatte na!

      Delete
  7. OMG berarti total 8juta raib begitu saja kak? Smg ada gantinya yah kak. Btw aku jg pengen nikah sama blogger deh eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah lika likunya belajar banyak hal tentang adsense kak

      Delete
  8. Semoga istiqomah, itu yang (paling) susah

    ReplyDelete
  9. Duh kok bisa terblokir mas, lumayan banget hilangnya ya. Insya Allah diganti yang lebih banyak aamiin. Semoga disegerakan dapat jodoh blogger, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang ceritanya mbak, termasuk eksperimen sendiri itu hahaha
      amiin.. semoga bloggernya bisa bikin makin produktif nanti

      Delete
  10. Mantep deh mas Sadli Ilham mah sekarang sudah jadi master blogger. Keren!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bisa berbagi ilmu blognya

      Delete
  11. Salut sama perjuangan menulisnya.
    Btw, saya udah daftar adsense, udah diterima juga, tapi ga mudeng cara optimasinya wkwkwkwk

    Boleh tuh kapan2 Om Ilham ngadain diskusi soal adsense d grup hehehe

    Semoga harapan2nya termasuk untuk mendapatkan jodoh sesama blogger bs terwujud ya, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. saranku biarin aja berjalan apa adanya :D lebih aman

      Delete
  12. Wah.. Sama aku Juga sejak sma ngeblog..
    Tapi baru sadar harus tld 2015.. Telat banget heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja 2017 baru taubat dan hijrah ke TLD kak

      Delete
  13. Penuh perjuangan ya Mas 👍, ternyata nge game jadi hal yang bikin gagal nge blog ya mas, kalo saya nonton drakor huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mau bagimana lagi, waktunya banyak dihabiskan buat game dan perkuliahan.. akhirnya ada yang dianggurin

      Delete
  14. Banyak orang mengira sukses itu jatuh dari langit dan datang secara tiba2. Padahal antara kesungguhan dengan sukses itu ada jarak yang cukup jauh. Perlu disambung dengan sabar. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangannya berdarah-darah untuk sampai ke sekerang ini

      Delete
  15. Bari tahu saya Mas Ilham tentang Google adsense. Perjuangan yang ga kenal menyerah. Terima kasih sudah berbagi pengalaman dan inspirasi ya mas. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan aku share pengalaman ya di group

      Delete
  16. Wah seru sekali perjalanan blog ilhamsadli ya. Sekarang sudah sukses, tentu berkat kerja keras ya.

    ReplyDelete
  17. Saluut bangeet mas perjuangan jatuh bangun jd blogger hingga jd kece seperti sekarang ini, suksess terus dan semangaat ngeblognya. Salam kenal juga 😁

    ReplyDelete
  18. Masya Allah. Perjuangannya. Bagi Kiat-kiatnya dunks Mas biar Bisa konsisten menulis. 😄

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel