[Sebuah Jurnal] 3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua

Ilhamsadli.com,- Entah kenapa tahun 2020 ini jiwa travelerku sedang bagus-bagusnya, seakan ada magnet untuk melakukan ekspedisi ke banyak destinasi wisata, khususnya untuk kawasan Indonesia Timur. Meskipun aku asli suku Sasak (suku di Lombok), tetapi belum pernah melakukan ekspedisi ke daerah timur. Mungkin karena tahun ini sudah tidak ada tanggungan lagi di kampus, jadinya merasa lebih free dan butuh refresh juga. Kenapa aku merasa jiwa travelerku naik? Tiada lain dan tiada bukan adalah dengan aku membuat kanal khusus tentang pengalaman traveling atau destinasi impian dengan konsep sebuah jurnal.
3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua

Mulai dari pengalaman berkunjung ke Jogja, Banten, Bogor, Semarang, Malang, Bali dan Bandung, semuanya aku rangkum dalam sebuah jurnal di blog. Tetapi rasanya ingin sekali untuk berkunjung ke Indonesia Timur, khususnya di Papua. Bukan hanya tentang destinasi wisatanya yang menggoda, tetapi juga mengenai keramahan dari orang Papua asli. Terlebih lagi, ada 2 orang teman yang sekarang tinggal di Papua, satunya sebagai karyawan di salah satu perusahaan dan satu lagi sebagai Polisi dan bertugas di Papua.

3 Destinasi Impian Sekaligus Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua

Jadi tidak hanya bertujuan untuk jalan-jalan dan mengisi “sebuah jurnal” tetapi juga untuk menyambung silaturrahim dengan teman lama. Tetapi tetap saja, tujuan utama adalah melakukan ekspedisi ke destinasi wisata yang di miliki oleh papua dan menyara orang papua aslinya. Maka kali ini aku rangkum dalam 3 tempat eksotis di Papua. By the way, kalau mau melakukan ekspedisi kesana tolong kabari aku ya, siapa tahu bisa berangkat juga ketika itu. Berikut ini 3 Destinasi yang ingin dikunjungi di Papua, adakah destinasi impianmu disini?

Raja Ampat

Pasti sudah tidak asing dengan nama Raja Ampat kan? Karena merupakan salah satu tempat wisata di Papua ini keindahannya sudah terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Bahkan ketika menyebut Papua, maka yang selalu menjadi ciri khasnya adalah destinasi wisata Raja Ampat ini. Maka tentunya tidak akan ada yang keberatan apabila disebutkan bahwa Papua destinasi wisata hijau, dengan keindahan alamnya yang salah satunya adalah Raja Ampat ini.
3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua
sumber: Agoda.com 
Jadi menurut beberapa sumber mengatakan bahwa kawasan Raja Ampat ini sebenarnya terdiri dari empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dan yang selalu menarik perhatian adalah keindahan alam bawah lautnya, karena faktanya berdasarkan laporan dari The Nature Conservancy, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Jadi menyelam, snorkling atau sejenisnya tentu akan menjadi salah satu pilihan cara menikmati destinasi wisata hijau yang dimiliki oleh Papua ini. 

Dan jujur aku pribadi merasa tertarik untuk menikmati keindahan biota laut, seperti yang dulu pernah aku lakukan di Gili Labak Madura. Sungguh sebuah keindahan yang tiada tara dan membuatku pribadi takjub dan selalu bersyukur telah manjadi bagian dari NKRI. Karena selaina keramahan masyarakatnya juga keindahan alamnya yang melimpah. Alhamdulillah.

Teluk Cendrawasih

Sejak SD dahulu, selalu diajarkan bahwa ada salah satu burung yang terkenal keindahannya selain burung merak adalah burung Cendrawasih. Dan burung ini hanya ada di Papua, serta dilindungi juga. Mungkin inilah yang menjadikan salah satu destinasi wsiata hijau milik Kepulauan Papua ini diberi nama Teluk Cendrawasih. 
3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua
sumber: nativeindonesia.com
Karena memang teluk ini sendiri memiliki hutan di pulaunya, tentu dengan keindahan yang bisa dinikmati. Misalnya saja pulau Mioswaar yang berada di kawasan teluk ini memiliki gua dengan sumber air panas, dan beberapa pulaunya. Dan tentunya tidak menutup kemungkinan nanti bisa melihat keindahan dari burung Cendrawasih.

Oh ya, taman nasional Teluk Cendrawasih ini memiliki luas 1.453.500 hektar dengan 90% diantaranya merupakan perairan. Jadi di lokasi ini dijadikan sebagai kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia dengan 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan, termasuk kura-kura, hiu paus dan tentunya lumba-lumba. Semuanya bisa dinikmati dengan menyelam tentunya. Ah, membahas ini aku jadi bernostalgia ketika menikmati keindahan bawah laut.

Danau Sentani

Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana pesona dari Danau Sentani ini, karena yang selalu menjadi magnet destinasi wisata papua adalah Raja Ampat. Ternyata ada juga destinasi wisata yang tidak kalah indahnya yaitu Danau Sentani dengan predikat danau terluas di Papua. Terletak 50 Km dari pusat kota Jayapura dengan 21 pulau yang menghiasi dengan ketinggian 75 mdpl. 
3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua
sumber: beritagar.id
Setiap tahunnya ada festival Danau Sentani namanya, yang diselenggarakan pertengaha bulan juni. Dan ketika festival ini diselenggarakan, banyak pertunjukan seni dan budaya yang ditampilkan oleh warga setempat. Selain itu, tentunya bisa juga mencoba kuliner yang ada di Papua, karena akan disajikan dalam festival ini. 

Dengan menulis 3 destinasi eksotis ini, aku pribadi selalu berharap semoga akan diberi kesempatan untuk mencoba melakukan ekspedisi ke Papua. Karena memang Papua menjadi Destinasi Hijau dan Ekowisata Nusantara atau EcoNusa yang dimiliki Indonesia. Meski tidak tahun ini, semoga benar-benar ada kesempatan untuk sekadar bertafakkur dengan mensyukuri keindahan alam Indonesia yang dianugerahkan Tuhan. Jadi bagaimana? Sudah berniat untuk ke Papua? Kalau belum ada temannya, sini aku temenin ya.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

0 Response to "[Sebuah Jurnal] 3 Tempat Eksotis Yang Ingin Dikunjungi di Papua"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel