[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!

Ilhamsadli.com,- Pernahkah kamu membaca sebuah novel bergenre komedi? Dimana dari halaman pertama novel tersebut sudah mampu membawamu kedalam dunia komedi yang sebenarnya. Dimana kamu akan dipaksa untuk bertahan dan terus membacanya hingga akhirnya kamu benar-benar jatuh dalam dunia komedi. Dan ini aku temukan dalam sebuah novel berjudul Cupiderman 4G.
[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!

Sebuah novel dengan memberikan sentuhan kekeluargaan, persahabatan hingga perjalanan hidup seseorang yang akhirnya bisa menjadi sosok yang viral. Menjadi sosok cupiderman yang memiliki lika liku kehidupan dan patut untuk disimak.

Kalau kamu penikmat Stand Up Comedy, pada bagian prolog kamu akan disuguhkan dengan sebuah penampilan dari Yusuf atau Ucup panggilan kesayangan dari adiknya yang bernama Cenrani. Keduanya memiliki rentan usia yang lumayan jauh, Ucup sudah menginjak Dewasa, adiknya masih kecil. Tetapi akhirnya banyak hal yang bisa ia pelajari.

Penampilan Stand Up Comdey Ucup ini aku rasa bakalan menarik perhatianmu dan membayangkan kamu adalah salah satu penonton dalam ruangan itu. Nunasa dan suasananya benar-benar digambarkan layaknya seorang komika yang tampil di depan banyak orang dalam sabuah ruangan. Membaca prolognya saja sudah membuatku memikirkan salah satu komika dengan gaya bernarasi hampir sama, siapa lagi kalau bukan Wira Negara.

Dalam bab 1, dijelaskan dengan judul "Jangan Panggil Aku Ucup". Sebuah hal yang menarik, ketika diulas bagaimana akhirnya nama Yusuf berubah menjadi Ucup. Bukan tanpa alasan, tetapi karena memang sang adik Cenrani tidak bisa menyebut R dan S secara sempurna. Sehingga sebuah panggilan akrabnya adalah kak Yucup. Namun karena si adik suka dengan sinetron Bajaj Bajuri, akhirnya menemukan satu tokoh bernama Ucup yang sebutannya sama dengan Yusuf. Dari situlah lahir nama itu, hingga akhirnya mencjadi nama yang viral.

Semua ceritanya terpapar jelas dalam novel ini, jangan sampai terlewat selembar dalam membacanya. Tidak hanya tingkah laku tokoh hingga penggambaran ekspresinya, kekocakan sang adik juga bisa membuatmu tertawa. Dan jujur ini mengingatkanku pada sosok ponakan yang kurang lebih memiliki sifat yang sama dengan Cenrani. Apakah ini sebuah kebetulan? Entahlah. Mending baca saja dah novelnya langsung.

Sekilas Sinopsis Novel Cupiderman 4G

[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!

Judul : Cupiderman 4G (Ketek Uap)
Penulis : S. Gegge Mappangewa
ISBN: 978-628-91773-0-0
Penerbit: Sabda Mallomo
Cetakan 1, Januari 2020
Tebal: 184 halaman

Saat Ucup viral jadi cupiderman, hidup yang selama ini selalu sial-sial, berubah menjadi tak sia-sia. Apalagi saat ia bertemu dengan Ukul yang cakepnya full tapi punya bau badan yang selalu mengepul. Dekat-dekat dengannya, paru-paru rusak taruhannya. Perjuangan Ucup untuk menghilangkan bau badan Ukul, akhirnya membawa korban. Kitto pergi dari rumah, Inay meninggal, Cenrani masuk rumah sakit. 

Sudah bisa dibayangkan dahsyatnya bau badan Ukul?

Nggak usah tutup hidun membaca novel komedi ini. Cukup tutup mulut, biar kamu gak disangka gila karena ketawa terus.

Profil Penulis Novel Cupiderman 4G

[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!
Novel Cupiderman 4G ini, jika kamu perhatikan dengan seksama adalah karya seorang penulis keren S. Gegge Mapanggewa yang dilahirkan di Sindenreng Rappang,  31 Desember 1974. Beliau adalah Alumni Teknik Mesin Universitas Muslim Indonesia. Ditengah kesibukannya sebagai guru Yayasan di SMP - SMA plus Al-Ashri Makassar, masih aktif menulis hingga mlahirkan novel komedi ini. Lebih dari seratus judul cerpennya pernah termuat di beberapa media (Femina, Aneka Yes!, Keren Beken, Annida, Sabili,  Fantasi Teen, Ummi, Favorit, Jelita, Harian Fajar, Republika, Bobo dll).  

Give Away Novel Cupiderman 4G

Oh ya, buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba peruntungan. Mengikuti giveaway ini bisa lho kamu lakukan. Karena kebetulan aku punya 2 bukunya, satunya sudah terbuka dan sudah terbaca olehku, satunya masih terbungkus rapi lho. Gimana caranya untuk ikutan give away?
[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!

Syarat dan Ketentuan

1. Giveaway terbuka untuk siapa pun warga Indonesia
2. Follow IG @ilhamsadli dan @gegge_mappangewa
3. Tulis komentar berisi alasanmu mengapa ingin memiliki buku ini
4. Jawaban yang diangap sah hanya yang ditulis di kolom komentar blog www.ilhamsadli.com Ditunggu sampai 5 April 2020
5. Satu orang peserta yang beruntung akan mendapatkan 1 buah novel Cupiderman 4G
6. Pengumuman tanggal 8 April 2020 di IG Story @ilhamsadli

GOOD LUCK!
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

53 Komentar untuk "[Review Buku] Cupiderman 4G : Sebuah Kisah Yang Harus Kamu Baca!"

  1. Salam kenal, saya Inka dari FLP Sidoarjo.

    Kenapa pengin punya buku Cupiderman 4G?
    1. Saya nggak pengin. Tapi butuh buku Cupiderman 4G. Kan Tuhan mendahulukan memberi apa yang dibutuhkan daripada yang diinginkan umat-Nya. Jadi, saya nggak pengin, tapi butuh novel Cupiderman 4G untuk menghibur diri di tengah serangan wabah yang bikin panik di mana pun.
    2. Belum pernah baca novel komedi. Jadi, saya butuh novel Cupiderman 4G.
    3. Saya butuh, butuh, dan sangaaat butuh novel komedi untuk mengikis kepanikan dan kepenatan selama MFH (magang from home) disambi ngerjakan ini itu dan di rumah nggak ada buku yang bisa menghibur.
    4. Semoga Bang Sadli dan Pak Gegge berkenan "memenuhi kebutuhan" saya: butuh novel Cupiderman 4G.
    5. Semoga sejak cari info giveaway ini, Tuhan sudah menakdirkan saya dan buku Cupiderman 4G bersatu. Kyaaaa.

    Btw saya sudah follow IGnya Bang Sadli & Pak Gegge ^_^

    BalasHapus
  2. Kirain dia cuma bisa nulis buku serius, eh nulis komedi juga. Lucu juga judule kok ketek upa wkwkwkw.. Makin penasaran.

    BalasHapus
  3. Aku mau ikutan ah kalo gitu biar bisa baca sendiri novel komedi ini. Aku jarang2 beli buku komedi soalnya :-D
    Aku mau buku ini buat menemani selama work from home (kerjaannya sih cuma rebahan padahal hehehe)

    BalasHapus
  4. qiqiqiqiq, lucu juga judulnya cupiderman.
    Kan jadi ingat spiderman yang unyu :D
    Bagus nih buku komedi dibaca di saat seperti ini.
    Penulisnya keren pula udah sering nulis cerpen :)

    BalasHapus
  5. Wah udah lama nggak baca buku komedi kayak gini. Mau ikutan juga aaah. Saya kepengen bukunya untuk hiburan dikala stres rentan melanda karena maraknya berita tentang wabah covid-19.

    BalasHapus
  6. Saya mau bang, butuh banget bang. Saya kerja di Rumah Sakit di tengah wabah covid19. Tiap hari hari sport jantung dan stres, Ayolah bang berikan buku ini padaku. Biar gak panik aku, biar stress ini ada peredamnya. Please....

    BalasHapus
  7. Sebau apakah bau badan teman Ucup sampai orang ada yg wassalam...Ya Ampun pengen nangis tapi ketawa jadi bingung dah...kyknya sy pengen baca ini novel spy dapet inspirasi dan hiburan kak.buat nulis blog. Maklum wfh udah bikin kepala mau meletus saking jenuh nya hehe semoga bisa dapet giveawaynya

    BalasHapus
  8. Judul bukunya aja udah bikin ngakak 'Cupiderman'.
    Perut bakal serasa dikocok terus membaca lembar demi lembarnya, rahang perlu bantuan tangan agar bisa dikatupkan, gigi ampe berasa kering karena nyengir mulu. Baca reviewnya aja udah gokil.

    BalasHapus
  9. Aku tadi mikir pas liat judulnya, "cupiderman"? oalah ternyata ini novel komedi. Kalau dari reviewnya sih dijamin ngakak baca buku ini. Ada-ada aja kreativitas orang-orang yaa...

    BalasHapus
  10. Hebat banget yang bisa bkin buku komedi begini, saya suka baca buku komedi. Kayanya ini bisa jadi list daftar buku yang wajib buat dibaca dan dikenalkan sama anak-anak kali ya bagus sepertinya banyak pesan moral diselingi gelak tawa

    BalasHapus
  11. Mas Ilham, aku mau dunk novel Cupiderman 4G nya.
    Haizz bisa menutupi kerinduan akan novel komedi.
    Dulu saya suka baca novelnya Lupus, dan Olga Sepatu Roda yang bikin saya terngakak sendiri haha...
    Alhamdulillah wkt itu alm. ayah saya ternyata suka juga sama novel komedinya Hilman, jadi beliau semangat kalo saya minta beliin novel lupus or olga yang baru terbit.
    Saya rasa ini mengingatkan saya akan novel kesukaan kami dulu, Cupiderman sepertinya versi barunya.
    duhhh ngarep sayahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama kakak aku dulu juga suka ma lupus. Kocak ya kakak.tapi pas difilmkan kok kurang greget. masih enak baca novelnya.

      Hapus
  12. Bukunya gaya stand up banget berarti ya mas. Dari judulnya kayaknya lucu dan patut dibaca bagi penggemar komik humor. Tapi sayasaya b berminat nambah koleksi buku lagi. Banyak yang belum kebaca di rumah, hehe..

    BalasHapus
  13. Wah sepertinya lucu nih apalagi di saat seperti ini butuh hiburan agar tidak bosen di rumah, harus membaca novel yg bergenre komedi, ikutan giveaway juga ah.

    BalasHapus
  14. Waduh harus ikut ini..
    Alasanku pengen buku cupiderman ini sebagai kado buat ponakan yang bentar lagi masuk SMP.
    Pasti lucu banget ya ceritanya

    BalasHapus
  15. mau bukunya juga..kalau rejeki ga kemana kan ya haha...Saya baca karya Gegge Mapangewa di Annida dan ummi setelahnya, sayang kedua majalah itu sudah almarhum ya...Juga di beberapa majalah yang disebut di atas.
    Nah, kenapa pengin baca bukunya, di tengah kegabutan karena corona, saya mesti menjaga kewarasan jiwa. Jadi berteman dengan Cupiderman rasa-rasanya akan menjadi solusinya.

    BalasHapus
  16. Mas Ilham, mau dong novel komedinya, udah lama gak ketawa-ketiwi nih baca novel. Kebetulan emang suka buku yang lucu2. Abis hidup udah serius kan yaa pinginnya yg bisa nambahin hormon bahagia dong. Pas pula masa #stayathome kan asyik tu skalian nambahin sistem imun tubuh dan antimati gaya di rumah.

    BalasHapus
  17. Jadi pengin baca neh gimana kalau Daeng Gege nulis novel komedi. Selama ini nulisnya yang serius atau sedih gitu.

    BalasHapus
  18. Wah, penasaran. Cupiderman ini berjiwa pahlawan seperti spiderman atau berjiwa si cupid, yaaa? Lalu, lalu, ada tokoh serupa MJ juga nggak, tuh? Hihihi ...

    BalasHapus
  19. Baca novel komedi seperti ini pastinya hiburan banget, saya dulu suka drunken masternya pidi baiq, nah sekarang jadi penasaran sama cupiderman 4g, kayaknya biar ga stress mesti baca novel ini deh

    BalasHapus
  20. Wah, penulisnya orang Sidrap. Tetanggan nih dengan kampung saya. Jadi pingin ikut juga giveawaynya. Kapan lagi kan punya buku komedi kayak gini.

    BalasHapus
  21. Aku seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak yang salah satunya masih bayi, Nyambi ngeblog juga. Bayangin gimana stress ya aku ngurusin semuanya sendiri tanpa ada kesempatan buat refreshing karena pandemi yang sedang terjadi. So, aku butuh hiburan bang. Minimal baca novel komedi yang bikin bahagia inilah bang.
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. saya suka buku lucu lucu gini
    apalagi saat2 sekarang
    butuh hiburan biar hepi dan imun meningkat.
    harus baca nih

    BalasHapus
  23. wahh liat covernya auto pengen baca juga.. boleh nih buat sambilan kalo dirumah

    BalasHapus
  24. Mau dong ham, uda lama g baca novel komedi, pasti bisa melepaskan stres karena mikirin Corona ini.
    Jadi teman rebahan di rumah,, boleh ya satu? :)

    BalasHapus
  25. Senang banget bisa nemu lagi bacaan segar di tengah pandemi gini mas. Jadi pengen ikut GA nya.

    BalasHapus
  26. Hwaaa aku telat, udah tanggal 6 ya sekarang, udah gak bisa ikut di sini. Hiks sedih. Padahal penasaran sama novel Cupiderman ini. Udah cukup lama gak baca novel komedi, apalagi ini bisa bikin ketawa dari awal sampai akhir ya. Kemudian ngebayangin betapa dahsyatnya bau badan ukul sampai ada yang meninggal

    BalasHapus
  27. Telat juga kaya kak Gemaulani hahah XD kangen ngikut2 blogtour gini ah dan tiap hadiah sampai rumah selalu senang. Liburan biasanya diabisin buat baca buku2 seperti ini, atau untuk sekarang cocok juga ya untuk sela2 waktu :)

    BalasHapus
  28. Liat posternya aja ngakak. Cupiderman nya pake boxer hihihi
    Dan liat profil sang penulis yang backgroundnya adl lulusan Alumni Teknik Mesin yg notabennya seriusan dn ternyata bisa punya karya komedi begini. Penasaran juga sama buku komedi ini kak. Penasaran buat baca lengkapnya biar gk makin penasaran. Apalagi sekarang cuma bisa di rumah aja. Mending baca2 yg menghibur diri kayak gini yab

    BalasHapus
  29. apakah ceritanya nyerempet2 sedikit dengan superhero laba2 itu, memberantas monster2 juga? hehe
    penasaran aku, mana bosan juga kurang hiburan. Dihibahi buku ini aku mau banget. Pasti aku baca dan ku rawat dengan baik sampe gede bukunya. :D

    BalasHapus
  30. Jaman sekarang butuhnya buku yang menghibur kaya gini. Cukup hidup di tengah pandemi aja yang susah, buku bacaan gak usah ikuta2an hehehe

    BalasHapus
  31. Ampuuun lihat judulnya saja sudah bikin cekikikan. Spiderman yang Dewi suka jadi berubah nama, penasaran banget deh bagaimana keseruannya, bisa bikin pembaca cekikikan tertawa:D

    BalasHapus
  32. Membaca nama penulisnya S. Gegge Mappangewa saya langsung setuju kalau novel ini akan sebagus yang diceritakan karena setahu saya penulis sering menjuarai lomba-lomba tulisan dan memang tulisannya sangat hidup kaya warna dan inspirasi.

    BalasHapus
  33. Kover bukunya lucu ya bikin penasaran, kalau anak-anak lihat kover buku kayak gini pasti disangkanya buku anak-anak padahal buku humor ya, jadi penasaran pengen baca

    BalasHapus
  34. Buku yang menarik, deh! Kebetulan saya paling suka buku komedi. Bagi saya lebih menghibur daripada baca buku dengan topik yang berat. Apalagi di tengah situasi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  35. Sebagai bahan hiburan saya termasuk paling suka baca buku apalagi genrenya komedi. Wah satu lagi nih karya anak bangsa yang buat buku menarik bernama cupiderman hehe, eh ada give away nya ikutan aaahhh

    BalasHapus
  36. ah aku mau cuss deh buat baca dan tentu mau berpartisipasi dalam giveaway nya ini, semoga menang jadi bisa ketawa-ketawa pas baca buku cupiderman ini

    BalasHapus
  37. Dari judulnya saja sudah sangat menarik, hehe, cocok buat ngilangin stres selama pandemi. Penasaran juga pengin nyobain ikut GA-nya. Kebetulan pas lagi gak punya stock bacaan baru.

    BalasHapus
  38. Penasaran apa yang ditawarkan oleh buku ini, pasti lucu ya wkwkwk bisa ngilangin tegang karena kondisi Indonesia saat ini. Jadi nggak sabar aku pengen review juga setelah baca.

    BalasHapus
  39. Aih kan telat lagi. Udah tanggal 6 skrg. Ini buku terbaeu daeng y mas bro?

    BalasHapus
  40. Yah telat deh ikutan giveawaynya. Buku-buku komedi begini asyik dibaca saat kondisi lagi sensitif dan banyak berita serem. Buat refreshing,

    BalasHapus
  41. ya ampun baca resensinya aja auto ngakak, gimana baca bukunya, duu sayang ya giveaway udah lewat nih, penasaran sama bukunya, bisa jadi temen bacaan biar tetep semangat disaat social distancing saat ini :)

    BalasHapus
  42. Boleh ini kalau anak sudah bisa membaca. Bacaan bergizi begini sudah jarang sekali didapatkan di toko buku. Semoga berkah untuk anak-anak kita.

    BalasHapus
  43. Yaah, mau ikut kuisnya udah telat haha
    Tp buku S Gege ini lucu2 semua sih. Haam pinjem bukunya dong ham

    BalasHapus
  44. saya pengen bukunya karena saya bosan banget. karantina tapi ga ada bacaan yang menarik.

    eh tapi sudah lewat waktunya XD good luuck buat peserta lainnyaaa

    BalasHapus
  45. Yah udah lewat sehari qiqiiii...
    Ikutin gak papa ya mas, tanggung nih :)

    Aku pengen bukunya karena lucu aja. Jadi ingat buku zaman dlu macam Lupus, dll yg kisahnya ringan dan bikin hati senang. Semoga keangkut nih akunku.

    BalasHapus
  46. dari judulnya aja udah lucu, ketek uap. absurd banget ya!

    BalasHapus
  47. Oke... fix kelewat batas waktu ikutan give away.. jadi pengen baca lagi pas liat ulasan Cupiderman, dari judulnya aja udah pengen baca wkwkw.. Mungkin saya bisa mengunjungi blog yang lain :D

    BalasHapus
  48. Aku blm pernah nih kak baca novel komedian gini, dirumah banyak novel tapi romance semua hehehe Aku juga sukak koleksi novel, hobby baca tapi novel bukan buku hm

    BalasHapus
  49. Wah keren nih jaman sekarang berani publish buku komedi kayak dulu jaman Raditya Dika gitu. Mana ada giveawaynya sebagainya penikmat komedi aku ingin ikutan

    BalasHapus
  50. Kak, ini bisa untuk anak² gak sih? Secara anakku suka komik dan senang yang lucu² kaya gini. Bahasanya gak vulgar kan?

    BalasHapus
  51. Wahahhaha. Ternyata nama Yusuf yang dipanggil Ucup ini berlaku di semua belahan dunia ya mas Ilham :)

    Lucu nih Cupiderman :)

    BalasHapus
  52. Udah lama aku gak baca novel komedi. Baru tahu nih ttg buku ini. Ternyata nama penulisnya mencuri perhatian. Soalnya dulu sering baca karya2nya di majalah. Jadi pengen baca.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel