Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Ilhamsadli.com,- Pernah pada suatu ketika, seorang #BloggerJomblo seperti saya jatuh pada suatu kondisi dimana harus memilih satu diantara dua hal penting. Dua pilihan tersebut membuat saya terjebak dalam sebuah ungkapan yang bernama “Dilema”. Tetapi kali ini, saya bukan dilema karena harus memilih seseorang melainkan dilema apakah harus menghapus kenangan ataukah melakukan backup data pada smartphone sebagai cara mengamankan sebuah kenangan.
Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Sebenarnya dilema ini belum lama terjadi, meski bukan untuk pertama kalinya. Kejadiannya sekitar 3 minggu yang lalu, ketika ada kewajiban untuk meliput sebuah carnival. Sedangkan kebiasaan saya ketika menghadiri event adalah mengambil video beserta foto dengan tujuan video untuk konten Youtube dan foto untuk konten media sosial atau bahkan bahan tulisan. Tetapi yang Selalu menjadi masalah adalah memory internal dan external Smartphone tidak banyak.

Ketika Terpaksa Harus Menghapus Data Bersama Kenangan

Kembali pada cerita awal saya tadi, dimana ketika tejebak dalam sebuah suasana dimana memory smartphone dalam kondisi memperihatinkan, alias sudah menunjukan kode merah. Kebiasaan saya, biasanya sebelum mengikuti sebuah event selalu mengosongkan memory internal maupun external pada samrtphone. Tetapi entah apa yang merasuki ketika itu sehingga lupa untuk melakukan backup data ke laptop, lalu terjebak dalam sebuah dilema untuk menghapus atau membiarkan momen bagus terlewatkan.
Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Sebuah dilema, karena beberapa file video memang ukurannya besar serta bagus untuk konten di chanel youtube. Namun disisi lain, ada momen bagus saat carnival yang juga tidak kalah menariknya dari ide konten sebelumnya. Disinilah dilema ini menjebak saya pada sebuah pilihan “mau #DibuangSayang kalau tidak dibuang ya akan terlewatkan sebuah momen. Disitu saya benar-benar jatuh dalam pilihan yang sulit, apalagi dari video awal tadi ada kenangannya sendiri. 

Tetapi, ya sudahlah akhirnya saya memutuskan untuk menghapus data bersama kenangan yang ada didalamnya. Seperti halnya teori move on, hapus atau ikhlaskan yang lama untuk membuka yang baru bersama dia. Namun ternyata ada juga teori yang mengatakan bahwa move on harus jalan, tetapi kenangan harus di-backup sebagai bahan pelajaran. 

Kenapa Harus USB OTG SanDisk

Data atau file lama yang tersimpan di smartphone mungkin saja akan berguna suatu saat, jadi tidak perlu langsung menghapusnya. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya teknologi USB OTG (On The Go), meskipun jujur saya baru benar-benar merasakan kalau teknologi seperti ini sangat membantu. Mungkin tidak dibutuhkan setiap saat, tetapi akan ada saatnya memang diperlukan agar tidak terjebak dengan sebuah dilema kembali.
Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Dulu sebenarnya saya merasa aneh dengan teknologi seperti ini, tetapi setelah tahu manfaatnya ternyata sungguh dibutuhkan untuk seorang seperti saya. Seseorang yang sering lupa melakukan backup data smartphone ke laptop karena kesibukan lainnya, selain rebahan dan mencari jodoh. Karena suatu waktu tidak sengaja melihat teman menggunakan USB OTG dan bisa dengan mudah memindahkan file dari smartphone ke USB, akhirnya disitu saya tersadar bahwa dengan teknologi bernama USB OTG ini sudah tidak perlu lagi terjebak dilema.

Oh ya, jika dilihat dari hasil survei menurt DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp juga ternyata mengungkap fakta bahwa banyak orang yang pernah kehilangan data karena kondisi memori inrenal atau external smartphone tidak memadai. Dan satu diantara orang-orang tersebut adalah saya sendiri, kehilangan atau lebih tepatnya tidak sengaja kehilangan karena lupa backup, atau seperti yang saya ceritakan bahwa terpaksa harus menghapus. 
Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Mungkin ada beberapa penyebab kehilangan data ini, tetapi yang saya alami adalah karena memang lupa melakukan backup ke komputer. Memang sedikit ribet, namun ini harus tetap dilakukan agar tidak harus memilih untuk menghapus atau kehilangan momen. Tapi saya berharap dengan adanya OTG ini nantinya bisa mengatasi masalah saya yang satu ini.

Memori internal smartphone saya hanya 4 GB, sedangkan external juga kapasitasnya 4GB, tentu hal ini menjadi sebuah probelmatika yang bisa saja terjadi lagi. Harus menghapus sebagai data beserta kenangannya untuk mendapatkan kenangan baru. SanDisk menawarkan teknologi bernama USB OTG (On the Go) dengan beragam kapasitas, mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB sehingga pastinya sangat membantu.

Selain kapasitasnya yang besar USB OTG SanDisk juga memiliki kemampuan membaca data hingga 150 Mb/s3 dengan interface USB 3.0, micro USB dengan type dual USB Drive. Jadi bisa digunakan untuk smartphone hingga penggunaan USB pada umumnya, dan yang lebih menarik lagi ternyata bisa auto detect ketika connect dengan smartphone. 

Alasan Kenapa Harus Mulai Menggunakan USB OTG SanDisk untuk BackUp data?

Seperti yang saya ceritakan tadi mengenai pengalaman pribadi hingga informasi mengenai hasil survei yang dilakukan Western Digital Corp mengenai kebiasaan orang Indonesia dengan fenomena kehilangan data, baik secara sadar maupun tidak sadar. Apalagi jika masih menggunakan smartphone dengan kapasitas memori kecil seperti milik saya, tentu beberapa hal ini akan mengubah mainset mengenai USB OTG. 
Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

Berikut ini beberapa alasan kenapa harus mulai menggunakan USB OTG SanDisk untuk backup data, semoga bisa merubah pola pikiran anda juga ya. 

Membantu Membersihkan Memori Internal / external smartphone

Mungkin tidak semua orang mengalami seperti yang saya alami, tetapi jujur ketika keadaan memori penuh semuanya seakan menjadi horor. Bukan horor karena dia pergi meninggalkan luka dan kenangan, tetapi karena ada beberapa data yang harus dihapus. Jujur saya sering kewalahan untuk terus – menerus menghapus beberapa folder di file manager. Karena jika tidak dilakukan, smartphone akan menjadi lemot dan pastinya pekerjaan menjadi terhambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan memori internal / external untuk dipindahkan ke USB OTG.

Mudah untuk Plug and Play

Banyak yang meiliki keresahan bahwa ketika menggunakan USB OTG, beberapa file susah untuk terbaca. Ternyata keresahan ini terjawab oleh USB OTG SanDisk yang mudah untuk plug and play. Apalagi dengan adanya fitur USB OTG SanDisk ini, bisa dengan mudah melakukan backup foto, video atau file lainnya ke laptop. Dan yang lebih spesial lagi, dengan menggunakan USB OTG SanDisk bisa otomatis backup data smartphone setiap kali USB tersambung.

Tidak Perlu Takut Memory USB OTG full

Dengan menggunakan USB OTG Sandisk, sudah tidak perlu lagi risau atau bahkan terkena dilema antara menghapus kenangan atau kehilangan momen. Karena keberadaan USB OTG #SanDiskAPAC sangat membantu, terutama untuk persoalan memori penuh. Karena SanDisk menawarkan produknya dengan kapsitas mulai dari 16 GB hingga 256 GB. Kapasitas yang memang wow, untuk seseorang seperti saya. 

Jadi, jika harus memilh untuk menghapus data berama kenangan atau kehilangan momen, maka saya akan dengan lantang memilih backup data smartphone dengan USB OTG SanDisk saja. Lebih aman, nyaman dan tentunya lebih bersahabat. Karena jika data lama adalah kenangan di masa lalu, berarti kenangan tersebut harus tetap disimpan sebagai pembelajaran dalam mengambil sebuah keputusan kedepannya. Langsung saja miliki dan rasakan manfaatnya dengan membeli di Official Store Shopee SanDisk

58 Responses to "Dilema: Menghapus atau BackUp Data Beserta Kenangan di Smartphone Dengan USB OTG SanDisk"

  1. Dilema banget yaa kalau harus menghapus file di smartphone, siapa tahu itu file penting. Tapi untung sekarang sudah ada USB OTG SanDisk, ga perlu khawatir lagi kehabisan memori :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mau di backup di google drive takutnya data habis duluan sebelum file terupload

      Delete
  2. Lagian ini otg SanDisk keren banget sih, praktis tanpa laptop/pc kita bisa mindahin data semudah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya simple banget, ditambah lagi dengan kapasitasnya yang gede ya

      Delete
  3. Nah iya, bener banget iniii
    Konten kreator sering terjebak dilema, yes
    Untung ada USB OTG
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Saya butuh banget nih usb otg sandisk ini, biar nggak selalu bolak balik salah hapus foto, ngenes banget kalau salah hapus foto karena memori kepenuhan nih.

    Kalau ada usb ini kan bisa langsung di backup :)

    ReplyDelete
  5. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
  6. Wah bener nie kalau di hp memory dan penuh pindahin aja semua kesini ya..aku belom punya USB kayak gini..mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung beli kak, bisa beli di shopee tuh

      Delete
  7. cerita yang menarik! semoga menang lombanya bang!
    *jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    ReplyDelete
  8. siah
    hapus aja kenangannya bang. ntar gak move-on move-on
    tapi sebelum dihapus, mending dipindah dulu ke sandisk.
    tujuannya: biar suatu hari gagal move on

    ReplyDelete
  9. USB OTG ini di indonesia baru yg merk Sandisk saja kah mas Ilham?

    Pilihan merk lain ada gak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang aku rekomendasikan itu kak, karena aku make memory hingga flashdisk biasa mereknya SanDisk juga

      Delete
  10. Eman ya mas, kalo data penting dihapus hehehehe, beneran mending di back up, jadi data nggak ilang,, siapa tau besok besok dicari kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya begitu, pasti dicari kalau udah hilang

      Delete
  11. Tll cepat di back juga blm smpat di posting haha krn paling banyak aktifitas posting foto itu dr HP, udh lengkap aplikasi editor fotonya 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, simple dan mudah kalau via HP

      Delete
  12. Saya pernah juga dilema kayak gitu. Tp drpd ragu² dan krn perlu ruang buat foto saat itu jg, dihapus deh foto lamanya. Ehh pas nulis blog br inget ilustrasi yg pas buat mlengkapi artikel, foto yg dihapus kemaren, huhu

    ReplyDelete
  13. Zaman sekarang OTG ini sangat berguna, di zaman penuh folder elektronik seperti sekarang ini. Belum pernah pakai sanddisk ini sih, nanti coba nyari.

    ReplyDelete
  14. Saya awalnya kayak gitu, Mas Ilham.
    Dihapus, butuh foto baru. Tidak dihapus, tidak ada foto baru.
    Terpaksa dihapus hahaha.
    Tapi itu dulu. Sekarang saya pakai USB OTG SanDisk. Bye..bye galau soal hapus foto hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah terbantu banget yak pak

      Delete
  15. Toss mas, saya juga begitu. Terjebak dilema. Kalau memory hape penuh bingung mau hapus foto yang mana. USB OTG memang bantu banget.

    ReplyDelete
  16. Aku nih orang nya males mindahin, gak tega ngapusin akhirnya biarin...
    Ketika full dan lagi ada event, ampun daahh akhirnya harus menghapus memory ...
    Hmmm memory foto aja dihapus hilang, kenapa memory bersama dia susah hilaaaang ehhh kok malag tcurhat wkwkk..

    ReplyDelete
  17. Mantap nih SanDisk, solusi praktis back up data tanpa ribet lagi dan gak pake dramaa lagi ngehang akibat full data

    ReplyDelete
  18. Aku baru tau arti OTG itu on the go mas hahahaa. Aku juga takut nih dan hitor kalau memori full hadewww mana kadang malas lagi untuk backup via laptop. Untung skg ada sandiSk ya mas

    ReplyDelete
  19. Wah, sama.. Saya juga pernah dengan PDnya membawa smartphone saya tanpa saya pindah dulu memorinya ke perangkat hasil. Walhasil beberapa foto dan video lama milik saya harus saya relakan untuk saya buang biar hp saya bisa bekerja. Sedih kalau inget...

    ReplyDelete
  20. Penting banget nih punya usb sandisk ini. Karena nbisa langsung nyambung ke ponsel kita yaaa. Jadi bisa back up data kapanpun dan dimanapun. praktis deh dan gak perlu takut lagi ponsel kehabisan memori yaaa

    ReplyDelete
  21. Infonya keren banget jadi akutuh ngerti betapa pentingnya membekap data dengan sandisk,eh harganya berapa yak?

    ReplyDelete
  22. Asik ya sekarang , makin gampang backup data di USB otg. Ga perlu khawatir kalo di jalan memory handphone penuh bisa dibackup dulu

    ReplyDelete
  23. 265 gb sekarang mah dalam ukuran seuprit ya, dulu mh berapa mb aja segede gaban wkwk mau backup-backup data juga gak ribet, tinggal colok on the go,
    teknologi...

    ReplyDelete
  24. Setiap orang sepertinya pernah punya pengalaman seperti ini. Saya juga demikian. emang uudah saatnya punya usb otg

    ReplyDelete
  25. Aku udah gunain USB OTG SanDisk Dual Drive, beneran ampuh untuk menghapus data2 yg ga penting, Backup nya juga cepet prosesnya hehee

    ReplyDelete
  26. iya
    dilema banget
    kalau ga dihapus fotonya...udah penuh
    kalau dihapus ada banyak kenangan di moment itu
    untung sekarang USB OTG San disk
    jadi gampang banget tuk backup data

    ReplyDelete
  27. Wow bgt kapasitas otg sandisk nya.. Ampe 256 giga byte. Kayaknya isinya itu bisa apa2 aja. Mulai dr video n gambar2 high quality. Ini bisa konek ke semua jenis henfon ya?

    ReplyDelete
  28. Imut2 ya bentuk usb otg-nya. AKu termasuk yang suka eman2 kalau diminta hapusin foto atau video di hape sampai hape ngeheng wkwkwk. Baeklah ntr kucoba beli usb otg ini supaya bisa back up in data yang ada di hape :D

    ReplyDelete
  29. Memang dilema antara membiarkan hal kenangan atau menangkap hal-hal baru.

    ReplyDelete
  30. Kalo boleh tau, requirement smartphone USB OTG SanDisk ini ada spesifikasi khusus kah? Soalnya saya udah punya, pas dicolok ke Samsung Galaxy A5 kok gak terkoneksi ya??

    ReplyDelete
  31. Klo pake ini harus aktifin fitur otg di hp y mas sadli? Soalny hp sy sejak beli gak pernah bisa make fitur otg nya

    ReplyDelete
  32. Sangat bermanfaat banget ini. Iya, aku biasanya memilih hapus dan memulai lagi. Jadi, kenangannya hilang.

    ReplyDelete
  33. Bener banget, backup data di HP perlu banget biar space HPnya bisa lebih banyak. Kayaknya USB otg ini cocok banget.. nanti aku coba ah..

    ReplyDelete
  34. Ayo foto kenangan jangan dihapus tapi disimpan di flash disk Sandisk ajaa..hihihi..sayang, kalau kangen gimana coba lihatnyaa..#halah

    ReplyDelete
  35. OTG memang sgt berguna di zaman sekarang. Semakin banyak data, semakin banyak dibutuhkan penyimpanan digital. Cocok bgt produk ini utk content creator.

    ReplyDelete
  36. Jadi keinget dulu pas masih pakai hp android lama. Sering penuh memorinya, waktu itu teknologi USB OTG belum marak, jadi harus sering2 pindahin ke laptop pakai kabel data. Cuma pas butuh lagi repot buka-buka laptop dan mindahinnya. Untung sekarang sudah ada flashdisk OTG ya

    ReplyDelete
  37. USB OTG SanDisk memang mantap dengan segala kelebihannya
    udah mah simpel, mudah penggunaan, plug and play pula
    USB OTG SanDisk emang dibutuhin semua kalangan profesi

    ReplyDelete
  38. kalo pake sandisk otg ga bakal dilema lagi ya, ga perlu apus, tapi pindahin aja dulu smua hahha

    ReplyDelete
  39. Kehilangan orang tersayang udah bikin sedih banget. Trus pas lagi kangen-kangennya, eh foto-foto dan video si mantan ini juga ikut hilang. Duh rasanya dunia berhenti berputar. Aku pernah ngalamin hal ini. Mana mantanku yang ganteng udah gak bisa dimintain foto bareng lagi. Syedihlah. Pas curhat ma Pewe, dia malah bersyukur tahu. Nyebelin banget, kan. Jadinya sekarang biar gak ada kehilangan data lagi, rajin backup data pakai USB OTG Sandisk deh pokoknya,

    ReplyDelete
  40. kenangan sama mantan jangan dilupakan. hehehe
    menarik karena ada kata jodohnya.
    cara penyampaiannya membuat aku terus membaca sampai akhir....

    ReplyDelete
  41. Flashdisk yang saya pakai semua pakai Sandisk lho, selain awet, nggak takut rusak, soalnya udah jaminan

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel