Mau Banyak Untung? Terapkan 5 Cara Tingkatkan Penjualan Secara Online

Ilhamsadli.com,- Sebuah dinamika yang terjadi di tahun 2020 ini adalah banyaknya orang yang akhirnya alih profesi menjadi penjual. Ada banyak alasan kenapa akhirnya mereka memilih jalan ini, salah satu diantaranya adalah adanya PHK masal. Salah satu cara untuk survive adalah dengan menjual sesuatu yang bermanfaat, baik itu barang ataupun jasa. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan jika itu menggunakan sistem online.

Tanpa kita sadari memang, saat ini masyarakat kita perlahan sudah beradaptasi dengan yang namanya dunia digital, minimal sudah bisa untuk berbelanja secara online. Belanja online memang sudah sangat familiar dan bisa dikatakan bahwa sudah banyak yang menerapkannya, baik itu sistemnya ongkir maupun yang COD.

cara tingkatkan penjualan

Ketika menggunakan sistem yang online seperti ini, biasanya barang atau jasa yang sudah dibeli dalam kurun waktu 1 x 24 jam akan diproses untuk kemudian dikirim ke alamat pembeli. Tanpa harus pergi keluar rumah, seorang pembeli hanya duduk santai menunggu barangnya datang. Dengan adanya ecommarce akhirnya kebiasaan kita perlahan bergeser ke dunia digital, dan jika dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa menghasilkan misalnya.

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara utuk meningkatkan penjualan secara online.

5 Cara Tingkatkan Penjualan Secara Online


1. Siapkan Target yang Pasti

Setiap hal yang ingin dilakukan pasti harus memiliki target atau minimal tujuan yang pasti. Karena hal pertama sebelum merencanakan sebuah bisnis tentu diperlukan target terlebih dahulu agar apa yang diinginkan bisa lebih terarah.

Apakah tujuan yang ingin kita capai? Apakah untuk sekedar menaikan trafik pengunjung atau konversi penjualan? Jadi haruslah kita tentukan mana yang menjadi tujuan saat ini, karena berbeda tujuan maka berbeda pula strategi yang akan digunakan nanti.

2. Budjget Untuk Marketing agar tepat sasaran

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan secara online adalah dengan menyediakan badget untuk marketing. Marketing ini ada banyak cara, marketing dengan cara langsung atau dengan tidak langsung. Bisa dengan memanfaatkan media sosial yang disebut sebagai media sosial media marketing, hal ini bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Badget marketing ini juga bisa digunakan untuk mebiayai operasional sehingga menjadi sebuah sistem yang terstruktur. Sehingga mungkin suatu saat bisa digunakan untuk membayar influencer untuk mempromosikan produk, barang dan jasa.

3. Variasikan dengan Promo

Salah satu cara untuk memancing penjualan adalah dengan dihadirkan promo hingga diskon. Tidak dipungkiri bahwa diskon dan promo ini biasanya lumayan menjanjikan untuk meningkatkan penjualan. Promo dan dikson ini tinggal divariasikan saja, seperti apa untuk menentukan target penjualan nantinya.

Memavariasikan promo dan diskon ini bisa dengan mengikuti promo hari besar, atau promo tanggal cantik. Kita tidak pernah tahu, usaha mana yang bisa berhasil, intinya adalah usaha saja dulu.

4. Infografis atau Visualisasi yang Menarik

Melakukan bisnis atau penjualan di dunia digital, tentunya tidak akan lepas dari yang namanya audio, visual. Dan visual yang menarik adalah salah satu cara untuk menarik perhatian para calon pengunjung. Karena jujur jika itu dilakukan penjualan di media sosial, maka yang pertama kali dilihat adalah visualisasinya dulu, apakah sudah menarik ataukah biasa saja.

Infografis atau visual ini bisa dibuat atau dikreasikan dengan memanfaatkan platform yang sudah ada dan gartis. Misalnya dengan canva, pixellab atau aplikasi lain. Buat semenarik mungkin agar bisa memancing perhatian para calon pengunjung tadi.

5. Memanfaatkan Blog atau Website

Ngomong-ngomong soal bloga atau website, tentunya ada beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Diantaranya adalah nama domainnya haruslah mudah diingat dan tidak ada unsur angka di dalamnya. Kemudian ide dan konsep hingga kontennya haruslah dipikirkan juga seperti apa yang diinginkan. Nah untuk untuk yang pertama perlu dipelajari adalah bagaimana cara membuat blog.

cara membuat blog

Meskipun di luar sana sudah banyak sekali petunjuk atau tutorial mengenai cara membuat blog, tetapi kadang kita selalu memerlukan tutorial paling sederhana dan mudah dimengerti. Setelah domain tadi ditemukan, kemudian nanti akan beranjak pada jenis konten seperti apa. Sebuah analogi sederhana dari teman-teman blogger adalah mengenai konten adalah raja.

Konten sudah oke, konsep sudah bagus, tapi tampilan blog biasa dan kurang menarik juga bisa mempengaruhi tingkat penjualan, minimal tingkat kepercayaan calon pembeli. Sebut saja tampilan web yang minimalis dan profesional pastinya akan lebih menarik perhatian daripada blog yang biasa saja. Itulah kenapa desain web atau blog menjadi salah satu unsur penting yang bisa mempengaruhi tingkat penjualan sebuah produk atau jasa.

Setelah konsep, konten, hingga tampilan, kemudian yang terakhir baru ke tahap sentuhan akhir yakni SEO. SEO ini penting untuk menunjang kinerja penjualan nantinya, minimal harus mengerti dulu dasar-dasar SEO. Karena dengan adanya SEO dalam sebuah blog atau website akan membuat pembeli kita lebih tertarget atau tidak salah sasaran. Jadi bagaimana? Sudah siap untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa milik kita? Jika sudah maka jangan ditunda lagi, kembangkan dan lakukan dari sekarang.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Mau Banyak Untung? Terapkan 5 Cara Tingkatkan Penjualan Secara Online"

  1. Bener tuh, bisa promosi via blog. Jadi keinget dulu nulis review atap bambu aja ada yang nyariin sampe mau beli. Padahal tukangnya di sini. Jadi ga bisa pesen.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel