Pentingnya Dunia Digital Bagi Seorang Freelance Blogger dan Kehidupan Sehari-hari

Ilhamsadli.com,- Era Digital adalah era dimana semuanya berada dalam satu genggaman tangan. Semuanya menjadi lebih mudah tentunya, dan tidak menutup kemungkinan bisa menemukan peluang yang bagus. Peluang-peluang seperti ini jika dimanfaatkan dengan maksimal, maka bisa saja menghasilkan. Di sini saya akan berbagi pengalaman bagaimana dunia digital akhirnya memberikan banyak manfaat untuk seorang freelance blogger.

Beberapa kali saya diundang sebagai pemateri sebuah webinar atau sekadar menjadi peserta webinar dan itu semuanya tidak lepas dari yang namanya dunia digital ini. Karena memang harus stay di rumah, alhasil semua kegiatan dijadikan digital atau bahasa kerennya itu go digital. Maka bisa saya tarik garis lurus bahwa dunia digital ini menjadi sebuah kebutuhan di zaman sekarang ini.

pentingnya dunia digital



Manfaat Dunia Digital Bagi Kehidupan


Saya pernah menulis tentang bagaimana cara kita memanfaatkan dunia digital ini, karena ketika tidak dimanfaatkan dengan maksimal maka bisa saja kita tertinggal jauh. Sering sekali kita melihat beberapa orang bisa mendapatkan followers ratusan ribu dalam sehari karena viral di dunia media sosial. Hal ini membuktikan bahwa manfaat dunia digital ini banyak sekali bagi kehidupan.

Dimanfaatkan Untuk Personal Branding


Beberapa orang berhasil membuat brandingnya menjadi bagus dengan memanfaatkan dunia digital. Sebut saja suara puan atau teman tidur yang berhasil memanfaatkan platform digital sehingga menjadikan nama-nama ini sebuah nama yang diketahui banyak anak muda. Dunia digital jika dimanfaatkan dengan baik maka bisa banget untuk digunakan sebagai salah satu cara menunjang personal branding.

Kita ingin dikenal sebagai apa? Maka tinggal kita memilih platform mana yang digunakan untuk mengangkat personal branding tadi. Bisa menggunakan platform media sosial atau menggunakan platform lainnya. Contohnya saya ingin dikenal sebagai seorang blogger mellow, maka saya menggunakan media sosial seperti twitter untuk membranding itu, kemudian menjalar ke instagram dan youtube.

Menjaga Komunikasi dan Silaturahmi Dengan Banyak Orang


Ketika pandemi seperti sekarang ini, hampir 90% kegiatan dilakukan secara digital. Misalnya saja, kegiatan belajar mengajar, seminar, hingga sosialisasi apapun dipindahkan ke platform digital. Karena tidak diperkenankan untuk kemana-mana, maka silaturahmi dengan sahabat dan keluarga juga dilakukan secara online. Semuanya pindah ke video call, zoom meeting atau sekadar kegiatan yang membutuhkan kuota internet yang stabil hingga kuota yang lumayan.

Peluang Bisnis Menjadi Luas


Peran dunia digital selanjutnya adalah membuka peluang bisnis untuk calon pelaku UKM, UMKM hingga start Up. Tersedianya platform-platform digital seperti e-commerce menjadi sebuah peluang besar terbukanya lapangan pekerjaan baru, meskipun satu sisi banyak juga karyawan yang di PHK. Peluang bisnis ini ketika dimanfaatkan menjadikan seseorang yang awalnya hanya buang duit bisa menghasilkan duit. Ya, zaman memang sudah semakin berkembang.

Meningkatkan Kemampuan


Siapa yang tidak banyak belajar dari pandemi yang sudah berlangsung lama ini? Ya, saya yakin semua orang pasti belajar banyak hal termasuk bagaimana manajemen waktu dan manajemen keuangan. Kesemuanya dipelajari secara otodidak. Tetapi ada juga yang mengikuti kursus dan meningkatkan skill dengan memanfaatkan kemampuannya dalam banyak hal.

Sebut saja dengan hadirnya pelatihan-pelatihan yang difasilitasi oleh pemerintah dengan menggunakan kartu prakerja. Mereka meningkatkan skill dengan mengikuti kursus dan training secara online. Tujuannya pasti untuk melahirkan para pengusaha-pengusaha baru.

Kendala Saat Aktivitas Digital

Pandemi yang saat ini terjadi di seluruh dunia membuat setiap individu bertransformasi atau mengubah cara mereka untuk berinteraksi. Banyak yang akhirnya memaksimalkan manfaat platform digital untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari, berinteraksi dengan sahabat, bekerja, belajar hingga belanja. Anak muda seperti saya dan memang tidak bisa dipungkiri adalah pengguna media digital paling sering.

Kendala saat aktivitas secara online di platform digital ini bukan lagi menjadi masalah ketika sudah dihadirkan solusi seperti masa aktif yang panjang dan kuota data internet AlwaysOn sehingga bisa aktivitas sepuasnya tanpa batas. Kemudian kuota yang besar pasti juga dibutuhkan oleh para anak muda ini, selain koneksi yang stabil. Kalau dulu hiburannya adalah pergi jalan-jalan, maka sekarang liburannya adalah dengan menonton film, mendengarkan musik atau sekadar bermain game online.

kuota data internet AlwaysOn

Eits, hal-hal di atas sekarang terjawab di Dunia Tri dari 3 Indonesia! Dunia Tri merupakan sebuah ekosistem lengkap yang membawa serangkaian produk terpadu untuk menunjang kebutuhan digital lifestyle bagi generasi muda. Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat, sehingga dapat menjangkau ke seluruh daerah Indonesia.

Layanannya banyak sehingga bisa benar-benar mendukung penuh kegiatan digital di beberapa platform. Beberapa layanan tersebut diantaranya adalah kuota internet unlimited, data yang AlwaysOn dengan masa aktif selamanya, serta turtr mendukung untuk gamers dengan hadirnya ekosistem H3RO.

Jika membutuhkan hiburan seperti musik atau nonton film, maka ada namanya aplikasi Bima+ yang mendukung kegiatan tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa membuka peluang usaha dengan menjadi agent Bima karena menjadi Bima Agent, pengguna bisa melakukan KiKiPu (kirim-kirim pulsa) maupun KiKiDa (kirim-kirim data) dari rumah dengan modal dibawah 100 ribu.

Satu lagi yang paling menarik adalah adanya point ketika melakukan transaksi seperti isi ulang pulsa. Nah, poin ini jika sudah terkumpul bisa ditukar dengan sesuatu yang berguna seperti pulsa atau voucher lainnya. Jadi bagaimana? Sudah siapkan untuk bertransformasi ke dunia digital dengan fasilitas seperti ini?Untuk info selengkapnya terkait Dunia Tri, bisa langsung kunjungi ke sini. Tinggalkan dunia lama, saatnya lebih dengan Dunia Tri!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Dunia Digital Bagi Seorang Freelance Blogger dan Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel