Isi Galon Mudah Dipalsukan, Waspadai 5 Bahaya Mengonsumsi Isi Galon Palsu

Ilhamsadli.com,- Beberapa waktu yang lalu, ketika scroll twitter kemudian menemukan bahasan mengenai galon palsu hingga isi galon palsu ataupun isi galon mudah dipalsukan beredar luas di masyarakat. Memang bisa dibilang isu ini sudah lama, tetapi semakin marak ketika ada oknum yang tertangkap basah oleh petugas, tidak hanya memproduksi tetapi juga mendistribusikannya. Mendengar isu ini naik lagi, entah kenapa sepertinya saya ingat masa kecil.

waspada isi galon mudah dipalsukan
Jangan sampai salah memilih isi galon palsu untuk dikonsumsi. (Foto: Edited by Canva)

Ya, masa kecil saya belum banyak beredar air galon karena masyarakat ketika itu banyak yang masih memanfaatkan air sumur sebagai air minum. Tidak hanya untuk minum, kadang digunakan juga untuk mencuci dan mandi. Semuanya berada di satu sumber air, karena memang sistem sanitasi belum seperti sekarang. Alhamdulillah 10 tahun terakhir di kampung halaman saya sudah mulai banyak yang sadar dengan pentingnya sanitasi ini, jadinya untuk mandi dan mencuci dibedakan dengan air untuk minum.

Tetapi, terlepas dari itu semua, para tetua zaman itu selalu menyarankan agar meminum air yang sudah dimasak. Terutama di keluarga saya, alhamdulillah masih diterapkan sampai sekarang. Meskipun itu adalah air kemasan masih tetap dimasak, apalagi karena ternyata keponakan saya sangat sensitif dengan minuman. Pernah suatu waktu, sedang bermain bersama sepupu kemudian tidak sengaja diberikan minum air mentah maka tidak berselang lama si ponakan ini langsung muntah dan besoknya malah diare. Itulah sebabnya hingga sekarang kebiasaan baik itu masih diterapkan.

Waspada Maraknya Air Galon Palsu

Beberapa waktu lalu, jagat twitter diramaikan oleh berita beredarnya kembali galon palsu di Jawa Barat. Kemudian mulai bermunculan pula di beberapa media mengenai bagaimana cara membedakan isi galon palsu dengan isi galon asli (isinya lho yah bukan tutup galon palsu), entah benar atau tidak tetapi memang perlu diwaspadai. Pastinya mengerikan apabila isi galon mudah dipalsukan kemudian dikonsumsi dan berimbas pada kesehatan masyarakat.

Pengetahuan serta melek informasi penting, seperti video wawancara salah satu media ke masyarakat dan ternyata masih banyak masyarakat tidak tahu hal itu. Miris bukan? Apalagi jika ini sampai terjadi di daerah yang masih sering terdampak kemarau panjang, sungguh betapa banyak masyarakat dirugikan. Sebagai konsumen air mineral, tentunya masyarakat kita punya hak untuk bisa menikmati air higienis dan menyehatkan.

Ternyata Isi galon mudah dipalsukan
Edited by Canva

Beberapa langkah waspada yang bisa dilakukan demi keamanan kita bersama adalah mencari informasi yang valid mengenai bagaimana memilih minum kemasan agar tidak asal pilih. Dulu saya juga sempat punya pengalaman tidak enak mengenai air kemasan palsu ini, karena dulu marak sekali adanya pemalsuan air mineral yang dijual di pesisir pantai atau di kawasan wisata di Lombok (kampung halaman saya). Setelah meminumnya, barulah saya sadar bahwa air yang ada dalam kemasan tersebut adalah air keran biasa, dan akhirnya saya memilih untuk menahan dahaga daripada mengonsumsi air kemasan palsu tadi.

Belajar dari pengalaman inilah kemudian sekarang lebih selektif untuk memilih produsen air mineral, karena potensi isi galon mudah dipalsukan ini memang ada. Tapi alhamdulillah beruntung banget, kebiasaan yang diajarkan oleh orang tua mengenai mengonsumsi air matang bisa menjadi salah satu solusi terhindar dari bahaya mengonsumsi air galon palsu.

Jika pertanyaannya adalah seberapa penting mengetahui bahaya galon palsu, maka jawabanya adalah sangat penting. Terlebih lagi menurut kementerian kesehatan, melalui infografisnya menyampaikan bahwa “pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%.”

bahaya konsumsi isi galon palsu
Edited by Canva

Artinya, apabila masing-masing orang mengonsumsi sekitar 8 gelas air putih atau setara 2 liter maka bisa dipastikan dalam seminggu saja bisa menghabiskan sekitar 56 gelas atau setara dengan 14 liter. Jadi memang kebutuhan air masing-masing orang sangat banyak, lalu bagaimana dengan mereka yang terkena dehidrasi? Tentu akan lebih banyak membutuhkan asupan air minum selama seharinya. Maka penting sekali untuk mengonsumsi air mineral kesegaran alami yang tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga menyehatkan.

Apa Bahayanya Mengonsumsi Isi Galon Palsu ?

Berita yang paling menyedihkan lagi adalah beredarnya mulai dari isi galon mudah dipalsukan hingga kelihaian oknum mebuat isi galon palsu nampak asli. Konsumen perlu lebih berhati-hati lagi untuk memilih air galon karena galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia. Ada juga yang sampai isi galonnya diganti dengan air dengan sumber antah berantah yang sudah tentu tidak baik untuk dikonsumsi. Entah kemana hati nuraninya para oknum ini hingga tega melakukannya, padahal bahaya galon palsu ini lumayan banyak, diantaranya adalah:

Gangguan Kesehatan yang Dirasakan Dalam Jangka Waktu Panjang

Berdasarkan laman klikdokter, disampaikan bahwa mengonsumsi air yang tercemar atau tidak higienis (tidak layak minum) secara terus menerus bisa mengakibatkan gangguan kesehatan akut dan kronis. Gangguan kesehatan ini jika gejala keracunannya terlihat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, seperti diare. Meskipun jarang menyebabkan kerusakan permanen pada organ tubuh, tetapi jika tidak ditangani bisa berakibat fatal hingga kematian.

Mengakibatkan Dehidrasi

Karena air yang dikonsumsi berasal dari galon palsu, maka bisa saja karena kandungan bakterinya atau karena tidak higienis bukan malah menghilangkan dahaga tetapi bisa mengakibatkan dehidrasi. Mungkin dehidrasi bukan gangguan yang berbahaya, tetapi jika dibiarkan dan malah terus mengonsumsi air mineral kemasan palsu bisa saja memberikan efek di kurun waktu yang panjang atau tidak dirasakan secara langsung tetapi berangsung-angsur.

Kemungkinan Tubuh Terkontaminasi Kuman dan Bakteri

Jika fenomena isi galon mudah dipalsukan ini terus berjalan dan tidak ditindak, maka kemungkinan isi masyarakat terkontaminasi kuman dan bakteri melalui air minum sangat besar. Bukan hanya karena tidak diambil dari sumber mata air langsung, melainkan karena ada sebagian oknum yang memanfaatkannya untuk diisi dengan air keran. Apalagi dengan bisa dipastikan tidak dilakukan penyaringan dan desinfeksi, jadi bisa dipastikan banyak kontaminasi kuman dan bakteri di dalam air kemasan tersebut.

Bisa Jadi Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Isi galon mudah dipalsukan menjadikan kemungkinan adanya kandungan bahan kimia berbahaya. Maka dari itu penting sekali untuk tetap berhati-hati, harusnya mendapatkan galon dengan air mineral kesegaran alami dari pegunungan yang sudah lulus uji coba oleh BPOM, malah dapat air dari sumber yang tidak tahu kejelasannya. Karena jika galon yang dijual sudah mendapatkan sertifikat resmi dari BPOM maka bisa dipastikan bahwa isi galon tersebut sudah layak dikonsumsi.

Kalau misalkan menggunakan tutup galon palsu, dikhawatirkan juga nantinya mengandung bahan kimia plastik berbahaya. Kemudian tanpa sengaja tercampur dalam air minum, tentunya akan berbahaya untuk kesehatan serta bisa jadi merusak kesehatan tubuh.

Menimbulkan Banyak Penyakit

Karena menggunakan galon palsu atau kadang bukan galon sekali pakai, kemungkinan bakteri dan kuman hingga bahan plastik berbahaya bisa terkandung dalam isi galon palsu tadi. Karena ketika dikonsumsi dan masuk dalam tubuh, nantinya bisa menimbulkan banyak penyakit. Mulai dari gangguan sistem pencernaan hingga kanker.

Dilihat dari berita yang viral beberapa waktu lalu, oknum pemalsu air mineral kemasan ini ternyata membeli kemasan bekas kemudian digunakan kembali. Hanya demi mendapatkan cuan, rela mengorbankan kesehatan banyak orang.

Bagaimana Cara Mewaspadai Air Galon Palsu ini?

Jika merujuk pada pernyataan pengurus harian YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) meminta agar kita sebagai masyarakat bisa lebih waspada. Secara umum yang bisa dilakukan adalah mengetahui ciri fisik dari air galon kemasan palsu ini.

Secara fisik, mungkin bisa ditemukan bahwa isi galon palsu memiliki warna air yang agak keruh. Jadi sebelum membelinya disarankan untuk mengocoknya terlebih dahulu, karena jika ditemukan warnanya berubah maka sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal kedua yang bisa juga dilakukan adalah mencium aromanya, karena jika itu asli biasanya tidak menimbulkan bau. Ciri lainnya juga biasanya rasanya lebih kesat atau bisa dibilang tidak bisa membuat hilang dahaga melainkan sebaliknya.

Akan tetapi ada beberapa fakta di lapangan yang tutup galonnya asli, galonnya asli tapi isinya ternyata oplosan. Hal ini tetap bisa terjadi, karena para oknum ini memiliki peralatan untuk membuka dan menutup galon tanpa cacat. Hal seperti ini akhirnya menyulitkan konsumen untuk membedakan mana yang asli mana yang palsu secara kasat mata karena "terlihat asli" dan tidak rusak.

Cara Membedakan Galon Palsu Dari Ciri Fisiknya

Untuk bisa membedakan mana galon asli dan galon palsu hingga isi galon palsu dan asli, maka ada beberapa ciri fisik yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui keaslian galon tersebut.

cara bedakan galon palsu dan asli
Infografis cara membedakan galon asli dan galon palsu dari segi fisiknya (edited by canva)

Perhatikan Melalui Bentuk dan Ukuran Galonnya

Hal mendasar yang pastinya bisa membedakan antara galon asli atau palsu adalah melalui bentuk serta ukurannya. Misalkan galon aslinya berukuran 19 liter, maka untuk galon palsu biasanya ukurannya akan berbeda. Bentuknya yang berbeda juga bisa dijadikan pembeda antara galon palsu dan asli.

Tutup Galon

Ciri fisik kedua yang bisa untuk membedakan antara galon palsu atau asli adalah dari tutupnya. Coba perhatikan tutup galonnya terlebih dahulu, apakah kondisinya masih tersegel dengan bagus ataukah mudah terbuka. Karena ini adalah salah satu cara membedakan yang paling mendasar, namun jika ingin lebih teliti lagi bisa dengan mengecek kode produksi yang berada di tutup galon kemudian dicocokan dengan kode produksi di badan galon.

Kondisi Air Bening dan Tidak Keruh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa air yang layak minum harusnya bening atau jernih dan tidak keruh. Dan jangan juga berbusa, karena bisa jadi jika kondisinya demikian akan membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya, terutama jika yang mengonsumsinya sangat rentan.

Kode Produksi dan Tanggal Expired

Ciri fisik terakhir yang bisa membedakan galon palsu dengan asli adalah dengan memperhatikan kode produksi dan tanggal expired. Jika kode produksi antara tutup dan badan galon berbeda, maka bisa dipastikan bahwa ada kejanggalan dari galon tersebut dan terindikasi galon palsu.

Untuk kode produksi ini bisa dicek melalui web resmi si merk galonnya. Namun karena ukurannya yang kecil menjadikan susah untuk menelitinya.Nah, untuk tanggal expired ini sangat rentan karena tidak sedikit yang mengabaikannya, terlebih dengan anggapan bahwa air putih tidak bisa expired.

Selain cara di atas, sebenarnya masih ada celah untuk para oknum. Akan tetapi cara yang bisa dilakukan oleh konsumen dalam mengecek kondisi fisik galonnya adalah cari produk galon dengan tutup dalam kondisi tersegel dengan benar serta cari kemasan yang bisa terlihat isinya secara gamblang supaya benar-benar yakin bahwa galon asli, tutup asli, isi galon juga asli.

Selain memastikan secara fisik dari galon hingga isi galon palsu atau asli, pastikan ketika atau sebelum membeli bahwa orang yang menjual dan distributornya resmi, sehingga kemungkinan untuk mengonsumsi isi galon palsu menjadi kecil. Perhatikan pula tanggal expired dan izin produksinya jika memungkinkan. Dengan demikian, kita sendiri sudah melakukan langkah kecil untuk menjaga diri dan keluarga dari konsumsi isi galon palsu mulai dari mewaspadai isi galon mudah dipalsukan.

Sumber:

http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh

https://www.halodoc.com/artikel/ini-bahayanya-mengonsumsi-air-mentah-sembarangan

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/ciri-ciri-air-minum-yang-tercemar-dan-bahayanya-untuk-tubuh

https://batam.suara.com/read/2021/06/26/163221/berbahaya-untuk-kesehatan-cara-membedakan-air-minum-mineral-palsu

https://enesis.com/id/artikel/bahaya-minum-air-mineral-kemasan-palsu/

https://www.merdeka.com/peristiwa/bahaya-air-mineral-kemasan-botol-banyak-yang-palsu.html

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Isi Galon Mudah Dipalsukan, Waspadai 5 Bahaya Mengonsumsi Isi Galon Palsu"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink