[Sebuah Jurnal] Pulang Kampung Sekaligus Keliling Pulau Lombok

Ilhamsadli.com,- Beberapa bulan yang lalu, teman saya sempat nyeletuk “ham, kamu kapan pulang kampung? Aku ikutan ya, pengen juga bisa keliling pulau lombok”, begitu katanya. Lalu dilanjut dengan obrolan dengan teman satunya lagi yang berujung pada ingin juga ke Lombok. Disitu saya mulai berpikir untuk mengajak teman-teman saya ini berkeliling lombok, sekaligus saya pulang ke kampung halaman. Sudah direncanakan bulannya, hanya masih mencari  tiket apakah menggunakan jalur darat ataukah jalur udara.
[Sebuah Jurnal] Pulang Kampung Sekaligus Keliling Pulau Lombok
Pantai Pink (dokumen pribadi)
Jika menggunakan jalur udara, memang bisa menikmati keindahan alamnya namun harus menghabiskan banyak energi karena perjalanan dari Jawa ke Lombok hampir 24 jam. Disitulah kebiasaan saya untuk berburu tiket pesawat benar-benar dipancing. Saya tidak terlalu sering bepergian menggunakan pesawat terutama untuk pulang kampung, tetapi karena jadwal memang padat dan nampaknya efisiensi waktu sebagai seorang freelance harus benar-benar dipikirkan. 

Menyiapkan Pemberangkatan Keliling Pulau Lombok

Banyak sekali yang mengomentari postingan saya di instagram ataupun facebook, hingga kadang blog juga demikian. Rata-rata mereka berkomentar mengenai “kenapa saya lebih banyak memposting tentang wisata milik kota orang lain? Sedangkan wisata di kampung halaman juga tidak kalah indahnya”. Maka disini saya akan menjawab semua pertanyaan itu. 

Pertama, bukan saya tidak ingin membahas keindahan pulau lombok, tetapi karena saya memang lebih banyak diluar pulau daripada di lombok sendiri. Kedua, saya lebih menikmati kebersamaan dengan keluarga ketika berada di kampung halaman, meskipun kadang juga disempatkan jalan-jalan bersama keluarga. Dan ketiga, ketika liburan bersama keluarga, saya lebih memilih untuk menikmati momen daripada mendokumentasikan lalu kehilangan momen berharga.

Jadi, kepulangan besok ini memang rencana untuk menemani teman-teman saya berkeliling pulau lombok. Jadinya, saya sendiri menyiapkan banyak hal sebelum pemberangkatan untuk keliling pulau lombok ini. Mulai dari mempersiapkan barang apa saja yang nantinya akan dibawa, oleh-oleh untuk keluarga, jadwal kerjaan, hingga cek harga tiket pesawat garuda.

Jadwal pemberangkatan pesawat garuda hingga berburu promo tiketnya memang menjadi hal yang penting. Selain membantu untuk mempersiapkan jadwal pemberangkatan dan menyocokan jadwal dengan teman-teman untuk berangkat bersama, tentunya dengan mendapatkan tiket promo akan lebih nyaman di kantong. Sisa dari promo tadi, bisa digunakan untuk menambah destinasi wisata yang akan dikunjungi di pulau lombok nantinya. 

Merencanakan Pemberangkatan Hingga Tujuan Traveling

Karena jadwal pemberangkatan untuk pulang kampung dan keliling pulau lombok sudah disepakati pertengahan bulan Januari 2020, jadinya saya dan teman-teman menyiapkan pemberangkatan dari sekarang. Mulai dari merencanakan pemberangkatan hingga tujuan traveling ketika sudah tiba di pulau lombok. Saya menyarankan beberapa destinasi yang menurut saya bagus, dan teman-teman memilih destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Selain itu, saya juga mencoba untuk mencari Promo Garuda untuk memudahkan managemen keuangan ketika berangkat nanti, atau bahkan ketika pulang nanti.

Sempat beberapa bulan yang lalu, harga tiket mahal tetapi menjadi murah ketika sudah ada promonya. Dan benar, harga sudah kembali normal untuk tujuan Lombok. Oh ya, saya dan teman-teman akan berangkat dari Surabaya menuju Lombok. Karena sangat efisien untuk persoalan waktu, apalagi dengan lokasi rumah saya yang tidak terlalu jauh dengan bandara. Jadi menggunakan pesawat nampaknya adalah memang pilihan yang tepat, selain teman-teman nanti bisa langsung beristirahat atau melanjutkan pekerjaannya dirumah saya.
[Sebuah Jurnal] Pulang Kampung Sekaligus Keliling Pulau Lombok

Oh ya, untuk mencari tiket pesawat atau sejenisnya saya sering menggunakan Pegipegi btw. Karena memang mudah dalam proses pencariannya, apalagi dengan konsep baru dari aplikasinya yang membuat pengguna lebih mudah dan nyaman. Untuk proses boking juga tida ribet, tinggal melengkapi data penumpang lalu lakukan pembayaran. Jadi saya nyaman menggunakan aplikasi satu ini.

Untuk tujuan traveling, saya sudah menyediakan beberapa list yang akan dikunjungi. Diantaranya adalah pantai Pink, Air Terjun Benang Kelambu, Pantai Kuta Mandalika, Tanjung Aan, Desa Sade, Gili, Pantai Cemara dan beberapa destinasi yang juga dijamin bisa menarik perhatian. Nanti bisa saya ajak juga keluarga untuk ikut bergabung, sekaligus bisa menemani teman-teman menikmati keindahan alam pulau lombok dan menikmati liburan keliling lomboknya.

72 Responses to "[Sebuah Jurnal] Pulang Kampung Sekaligus Keliling Pulau Lombok "

  1. Jadi inget iklannya pegi-pegi yang GIGI. sampe hafal anakku. Wkwkwk... LOmbok mah salah satu destinasi wisata keren yang ada di Indonesia. Asyik tuh bang pulang kampung bisa jalan-jalan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadinya ngeracunin teman-teman buat ikutan liburan kesana

      Delete
  2. ah kampunya Ilham keren banget ya. Banyak pantai - pantai cantik di Lombok yang sayang banget kalo terlewatkan

    ReplyDelete
  3. duuuh lombok. pengen banget. 10 th lalu seorang kawan pernah ngoleh2in gerabah dan kerajinan kayu dari lombok. masih disimpan sampai sekarang, berharap suatu kali bisa ke sana. belum kesampean :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat, harapan itu bisa terwujud

      Delete
  4. Semudah itu, ya, sekarang, kalau beli tiket pesawat.
    Berapa harga tiket termurah, Surabaya - Lombok, Mas? Pengen ke sana lagi, euy. Mengenang masa lalu, tepatnya 20 tahun lalu. Hihihi, saat masih ada Merpati. Pernah juga jalur darat, membawa truk fuso untuk kulakan keramik dan kerajinan ketak di Lombok.
    Wuah... Kangan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang banyak promo tiket kak, 😁

      Delete
    2. Iya, sekarang banyak agen tiket dan hotel yang bakar uang. Pas banget kalau mau jalan-jalan. BIsa cek mana yang sedang murah dan promo.

      Delete
  5. Ternyata mas ilham ini aslinya orang lombok ya? Hehe jujur saya malah baru tahu hehehe...
    Jadi pengenh ikutan deh eksplore lombok tapi saya udah mau lahiran jadi gak bisa kemana-mana deh... semoga next time bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg gak mengira saya orang lombok haha

      Delete
  6. Wah, aku tunggu ya cerita jalan-jalannya di kampung halaman Mas Ilham, masih jadi bucket list nih aku Lombok bareng keluarga. Dulu pas kuliah dan kerja di Bali sih pernah 3 kali tapi kan kegiatan kampus dan urusan pekerjaan jadi belum jalan-jalan.
    Selamat pulkam!!

    ReplyDelete
  7. Masya Allah tempatnya indah banget Kak aku jadi lebih tahu lagi kapan-kapan mau ke sana ah enak banget ya Kak pulang kampung sekalian liburan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngajak teman buat ke Lombok 😁 siapa tau mereka ngajak temannya lagi dan lagi dan lagi kaan

      Delete
  8. Lombok... Kesana 3 Tahum lalu... Rasanya pingin balik lagi... Kangen MA tempat wisata dan kulinernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda pasti belum menyusuri semuanya

      Delete
  9. Mas Ilham ini orang Lombok toh? Oalah...Kalau ke Lombok berkabar mas, siapa tahu bisa kopdaran. Saya yang tinggal di Lombok malah belum terlalu banyak eksplor tempat wisatanya nih

    ReplyDelete
  10. Lah mas ilham orang lombok ta? Waah.. Kapan-kapan bisa ngetrip bareng nih ya bang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. temanmu bakalan diboyong kesana suatu saat :D

      Delete
  11. waaaah seru banget kampungnya di lombook. auto liburan itu sih ya.. hahahaha

    ReplyDelete
  12. Yang saya penasaran dengan Lombok sekarang adalah Mandalika. Seperti apa daerahnya? Kalau ke Pantai Kuta Lomboknya sih udah pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandalika itu ya pantai kuta itu mbak, cuma lebih bagus aja sekarang. Karena sirquit GP dilokasi itu

      Delete
  13. Aku juga mau ke Lombok mas, pengen banget bisa second honeymoon sama suamiku ke sana. Pengen banget Ya Allah *doa yang kenceng*

    Soalnya suasana di sana kan keren dan romantis banget gitu. Uwuwuwu lah untuk kami yang juarang berduaan, hahaha

    ReplyDelete
  14. kalo orang2 tanya kenapa gak bahas lombok. aku punya pertanyaan lain, mana foto lomboknya? kok malah foto admin.

    ReplyDelete
  15. Wah, mau kapan-kapan keliling Lombok dipandu Ilham ^_^

    ReplyDelete
  16. Baca tulisan ini, aku baru tahu loh Mas Ilham dari Lombok. Sayangnya aku belum pernah ke sana. Padahal bagus ya katanya di sana. Kapan-kapan ayo ajak aku keliling Lombok dan seru-seruan bareng di sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang gak percaya aku orang lombok mbak :D
      karena logatnya udah hilang ketika berbica adengan teman-teman yang dari jawa

      Delete
  17. Satu kata buat artikel ini. Saya sangat "Takjub" dengan keindahan pantai dilombok.

    Sangat disayangkan sewaktu ada event di Lombok tidak bisa berpartisipasi. Jadi ga tau keindahan alam disana.

    Semoga bisa kesana bareng istri tercinta.

    ReplyDelete
  18. Pengen banget ke Lombok. Destinasi tujuan saya diantara bucket list sy tahun 2020 kudu ke lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. niatkan aja dulu kak, sambil nabung

      Delete
  19. Senañg sekali kalo membaca kisah perjalanan di Lombok. Dulu sangat ingin bisa berkunjung di kota ini, namun hingga kini belum kesampaian juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ada kesempatan suatu saat kak

      Delete
  20. Thanks udah share ini mas. Btw, air pantai pink mengingatkan aku ke salah satu pantai di Pattaya di koh Larn (meski gk pink d sana).. Beneran Lombok tu indah pantai2nya..

    Semoga ada kesempatan kesana ya Allah. Aamiin.

    ReplyDelete
  21. pantai pink ini selalu bikin kangen kalau ke lombok. wisatawan mancanegara maupun domestik pasti menyempatkan pergi ke pantai pink kalau balik lagi ke lombok.

    Jadi pingin ikutan pegi pegi juga nih ke lombok

    ReplyDelete
  22. Duh enaknya punya kampung di Lombok . . . Dua tahun yg lalu saya sempet ke Lombok juga, tugas dari kantor. Sayang gak bisa explore Lombok, cuma sempet nikmati Nasi Puyung Balap deket bandara.

    ReplyDelete
  23. Lombok salah satu destinasi jalan-jalan yang ingin saya kunjungi. Karena sampai sekarang masih belum bisa ke sana. Itu pantai pinknya cakep banget. Tapi kok tidak berwarna pink ya��

    ReplyDelete
  24. Coba Geh aku diajak hehee. bulan november kemarin aku juga diajak temen mau jemput keluarganya di lombok. sayangya aku ga dapet ijin dari tempat kerja, karena masih mau menghadapi akreditasi. padahal cuma nyiapin angkos pergi pulang aja, semoa akomodasi ditanggung keluarga teman yang dilombok. memang belum rejeki untuk menginjakkan kaki ke lombok.

    ReplyDelete
  25. Harga tiket pake pegipegi itu emang paling murah kah?
    Saya blom pernah nih beli tiket pake pegipegi.

    ReplyDelete
  26. Nah, betul saya sepakat dengan kalimat dimana kalo liburan sama keluarga ya jangan diribetkan sama dokumentasi apalagi ngevlog hihi. Barangkali ada saat-saat berharga yang luput dilihat sama mata secara langsung. Itu rugi banget menurut saya.

    ReplyDelete
  27. Pas baca kata Lombok, jadi keingat wisata halal. Mudah-mudahan ada kesempatan ke Lombok suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  28. ini serius kampung mas ilham di lombok atau deketan dengan pulau lombok?? wah gak nyangka banget bagi saya.. next trip nih saya mau ke sana juga ke lombok hehe

    ReplyDelete
  29. Mas, aku pengen ke Lombok juga nih. Ada teman kuliah dulu tinggl di sana. Tapi sekarang lost kontak. Wkwkkw.. Lombok cakep banget pemandangannya sih

    ReplyDelete
  30. "Ketika liburan bersama keluarga, saya lebih memilih untuk menikmati momen daripada mendokumentasikan lalu kehilangan momen berharga." Suka sama Kata-kata ini. Dan jadi flashback. Bertanya pada diri sendiri "Kapan terakhir berlibur bersama keluarga?" ��

    ReplyDelete
  31. Saya aja belum pernah benar-benar menginjak kampung halaman. Duh emang dasar durhaka nih sama tanah kelahiran huhuhu

    Selamat menikmati liburaaaaaannnnn

    ReplyDelete
  32. wadidiwwww anak lombok kak? wkwkkwkw kok nggak kelihatan :p


    kapan2 klo ku ke lombok lagi boleh dong diajak keliling2 juga,,, (iya kalo pas pulkam juga yaa) :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong :D hayuk kalau mau kesana kabar-kabar aja

      Delete
  33. Lombok, aku baru jelajah Barat, Senggigi, nyebrang ke gili, dan pantai Kuta. Timur belum. Pantai Pinknya keren. Mirip di Flores ya...

    ReplyDelete
  34. Tahun sempat berencana ke lombok tapi belum kesampaian..bentrok dengan acara lain..semoga suatu saat kesampaian ke lombok.. btw pegi2 lagi banyak promo sekarang... kemarin sempat direkomendasikan sama kerabat utk menggunakan aplikasi ini

    ReplyDelete
  35. Pulang kampung sekalian jalan-jalan hal menyenangkan bagi aku mah, silaturahim sambil traveling heheeh

    ReplyDelete
  36. Lombok oh Lombok
    Udah lama sekali sejak terakhir ke sana tahun 2002. Rasanya pengen ke sana lagi. Kota yang cantik dengan alam yang memesona
    Semoga suatu hari aku bisa ke sana lagi, bareng keluarga tercinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. coa hunting tiket di Pegipegi kak, siapa tau nemu promo kek aku

      Delete
  37. Satu penyesalan ku, dulu 3,5 tahun tinggal di Sbawa tapi ga eksplore Lombok. Padahal dekat banget. Meski sdar diri sih... Ga ada duitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, lama juga ya bang tinggal di Sumbawanya

      Delete
  38. aku bulan lalu dari lombok mas, aduh rasanya pengen kesana lagi deh. banyak banget tempat-tempat indah yang belum sempat aku kunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seminggu gak cukup untuk menyisiri setiap sudutnya :D

      Delete
  39. Saya kira mas Ilham orang Jawa timuran wkwkw salah ya saya. Lombok terkenal banget sama kawasan wisata nya ya. Semoga saya bisa sampai sana hihi

    ReplyDelete
  40. Sambil menyelam minum air ya mas, kumpul keluarga sekaligus menjadi guide teman2nya. Siapa tahu bisa punya usaha biro perjalanan, ya kan?

    ReplyDelete
  41. ini impian saya dari dulu pengen jalan jalan ke lombok, tapi belum kesampaian, dari dulu cuma bisa menggambarkan dan menulis tentang keindahan pulau lombok saja

    ReplyDelete
  42. Duh jadi kangen lombok, pernah muter2 liburan tanpa arah disana gara2 suami dinas 3 minggu kwkwkw. Cuma pakai motor sana gaza muter2 lombok sendirian. Suami kerja isteri jalan2 kwkwkw 🤣

    ReplyDelete
  43. Kangen mau ke Lombok lagi pernah kesna tahun 2012 itu staycation di gili trawangan, tapi pas menuju bandara mau pulang mampirampir sebentar ke pantai tanjung Aan,kuta .lombok emang ngangenin masih banyak tempat yang amu di eksplor kalau kesna lagi

    ReplyDelete
  44. Pantainya cakep ya. Aku belum sempat kesini. Jauh dari kota mataram ya? Waktu itu cuma le selong dan senggigi

    ReplyDelete
  45. Oke bulan depan keliling Lombok lagi bawa pasukan.
    Pas banget kan momennya wkwk.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel