√ Jangan Sepelekan, Inilah Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Pola Makan - Ilhamsadli.com

Jangan Sepelekan, Inilah Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Pola Makan

Ilhamsadli.com,- Memiliki tubuh yang sehat serta jiwa yang kuat menjadi impian semua orang. Karena sungguh sebenarnya sakit itu sangat tidak mengenakan, jangankan sakit yang kronis, hanya sariawan atau sakit tenggorokan saja sudah menyakitkan. Pepatah lama pernah mengatakan “dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat” namun kesemuanya itu tentu tidak bisa didapatkan hanya dari berdiam diri saja.

Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Pola Makan


Kenapa Perlu Menerapkan Gaya Hidup Sehat?

Memiliki tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan memerhatikan banyak aspek, termasuk didalamnya adalah pola tidur hingga pola makan. Ketika sudah berhasil menjaga pola makan yang baik serta menerapkan gaya hidup sehat, insyaAllah semua aktivitas akan semakin lancar dan bisa lebih produktif. Kita tahu dan pasti sadar bahwa pola makan serta terpenuhinya asupan gizi dalam tubuh menjadi satu diantara sekian penyebab tubuh menjadi sehat.

Terlebih lagi, sekarang berobat terbilang mahal. Meskipun dibantu oleh adanya BPJS, namun memang ada beberapa yang belum terbantu. Maka penting untuk menjaganya sejak dini, seperti pepatah lama “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Bagaimana Mengatur Pola Makan?

Rata-rata orang di Indonesia makan 3 kali dalam sehari, yakni sarapan (makan pagi), makan siang, dan makan malam. Hanya saja di Indonesia masih belum memerhatikan asupan dalam makanan tersebut, karena banyak faktor selain memang karena terlalu sibuk bekerja atau bahkan karena memang keterbatasan ekonomi. Jika ketika SD kita mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna, namun kini Kementerian Kesehatan sudah merilis namanya Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Dengan menerapkan Pedoman Gizi Seimbang ini sebenarnya sudah membantu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi tetap saja ada kemungkinan terlewatkan pola hidup ini. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mengatur pola makan yang sehat.

Tidak Melewatkan Sarapan

Beberapa sumber mengatakan bahwa sarapan merupakan waktu makan paling penting, karena kunci dari aktivitas keseharian ada di sini. Selain dengan sarapan yang sehat juga membantu melindungi dari risiko berbagai penyakit. Beberapa jenis makanan yang disarankan misalkan dengan karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat, sumber protein tinggi, dan kandungan lemak menyehatkan. Semua asupan ini bisa didapatkan di sereal, oatmeal, nasi merah, sayuran, susu hingga buah.

Mengurangi Konsumsi Kafein

Kebiasaan mengonsumsi kopi memang sering ditemui, bahkan hampir setiap kali bertamu maka bisa dipastikan akan disuguhkan kopi. Karena banyak yang yakin bahwa kopi bisa membuat lebih segar, namun jangan dikonsumsi berlebihan. Alasan kenapa tidak dibolehkan mengonsumsi kopi berlebih adalah bisa mengakibatkan dehidrasi.

Banyak Minum Air Putih

Salah satu pola hidup sehat adalah banyak konsumsi air putih. Kebutuhan air untuk masing-masing orang berbeda tergantung berat badan dan tinggi badan. Tapi rata-rata masing-masing orang mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas dalam sehari. Karena bisa menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayuran adalah sumber protein, vitamin dan beberapa gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka untuk memenuhi asupan tubuh, sudah seharusnya berusaha untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Bisa dikonsumsi ketika makan siang, pagi atau malam, dan bisa juga dijadikan sebagai camilan.

Jangan Makan Berlebihan

Makan secukupnya dan jangan berlebihan menjadi satu rule agar tubuh tetap sehat. Karena makan berlebihan bisa menambah lemak dalam tubuh atau mengundang beberapa penyakit lainnya.

Kurangi Konsumsi MSG

MSG atau sering disebut micin menjadi salah satu dari sekian banyak bumbu dapur sebenarnya, akan tetapi ternyata terlalu banyak mengonsumsi micin ternyata tidak baik untuk tubuh. MSG ini bisa ditemukan di banyak makanan, mulai dari camilan hingga mie instan. Kemudian karena para produsen mie ini aware dengan pentingnya untuk mengurangi konsumsi MSG, maka mulai muncul banyak produsen mie instan dengan label non MSG.

Kenapa Harus Mie Jiwa Pagi dari Kobe?

Salah satu produsen mie instan adalah Kobe yang merilis Jiwa Pagi, salah satu mie instan non MSG. Mie Jiwa Pagi Kobe adalah salah satu produk mie tanpa MSG yang rasanya tetap enak. Apalagi beberapa hari terakhir ini, saya dan istri sedang belajar untuk terus mengurangi konsumsi MSG. Jadi, dengan hadirnya produk mie instan sehat dengan banyak kandungan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Beberapa kali mencoba mengonsumsi mie Jiwa Pagi dari Kobe dengan label non MSG ternyata tidak rugi juga. Dari segi tekstur mienya yang lembut serta rasanya juga bisa dibilang enak, hanya saja akan lebih enak jika ditambahkan sedikit cabe untuk para penikmat pedas. Karena ketika kemarin mencoba mengonsumsi mie instan tanpa MSG dari Kobe ini, saya inisiatif menambahkan potongan cabe hijau sebagai pelengkap dan ternyata rasanya jadi lebih enak.

Mie Jiwa Pagi Kobe terbuat dari sayur dengan kandungan vitamin A, B2, B9, Zat Besi serta zinc. Untuk yang lagi diet juga cocok mengonsumsi mie sehat satu ini, mienya rendah lemak karena tidak melalui proses penggorengan. Ada 3 varian yang dikenalkan yaitu mie kuah rasa ayam bawang, rasa soto dan mie goreng

Jadi mengonsumsi mie sehat juga merupakan satu langkah sehat untuk menjaga pola hidup sehat. Jadi, tunggu apa lagi? Sudah siap untuk menjadi sehat dan bugar bersama Jiwa Pagi?

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sepelekan, Inilah Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Pola Makan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink