√ Wonderful Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember - Ilhamsadli.com

Wonderful Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember

Ilhamsadli.com,- Mendengar nama kota Jember, biasanya yang tergambar pertama adalah Fashion Carnaval. Karena tidak dipungkiri bahwa acara ini yang mengangkat nama Jember di kancah nasional bahkan international. Walaupun di sisi lain, Jember juga dikenal sebagai kota tembakau sehingga iconnya pun adalah daun tembakau atau adanya pusat penelitian kopi dan kakau yang berpusat di kabupaten Jember. 
Wonderful Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember
Mungkin jarang yang mengerti dengan destinasi wisata yang ada di kota Jember, padahal ada banyak destinasi wisata jember yang tidak kalah bagusnya dengan Bali. Destinasi wisata ini juga masih belum terjamah sepenuhnya oleh tangan – tangan nakal manusia, sehingga kelestariannya masih terjaga dengan baik. Destinasi wisata yang akan kita ulas kali ini adalah Panorama mempesona di Puncak Si Hnggil Tanjung Papuma. Bisa dikatakan bahwa Tanjung Papuma ini adalah icon for The Wonderful Indonesia. 

Seputar Pantai Tanjung Papuma Jember

Pantai Tanjung Papuma adalah pantai yang terletak di daerah selatan kabupaten Jember, tepatnya berada di kawasan kecamatan ambulu. Untuk sampai di lokasi, sahabat haru menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 45 menit dari pusat kota. Untuk kendaraan yang digunakan, bisa dengan sepeda motor atau mobil. Pantai papuma ini bisa dikatakan adalah icon dari kota jember dalam hal pariwisata. 
Wonderrfull Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember
Untuk akses jalan ke Destinasi wisata ini masih dalam tahap perbaikan. Untuk bisa ke lokasi, sahabat harus melewati kawasan sawah dan perkebunan jati terlebih dahulu. Dari beberapa tahun sih, bisa dikatakan sudah ada perkembangan dalam hal akses jalan hingga ketersediaan banyak hal seperti warung makan hingga penginapan. Menurut informasi, penginapannya di bandrol antara mulai dari 400.000 per malam. 

Perjalanan Ke Tanjung Papuma Jember

Beberapa bulan yang lalu, saya bersama beberapa blogger berkesempatan untuk explore Jember yang salah satu destinasinya adalah Tanjung Papuma. MasyaAllah, setelah sekian lama tidak explore Jember, akhirnya berkesempatan lagi untuk explore bersama para blogger hebat dan ternama. Sebut saja namanya mawar, hehe… Karena beberapa nama blogger ini akan saya sebutkan dalam artikel lain ya. 
Wonderrfull Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember
Saya dan teman-teman menggunakan Bus Pariwisata waktu itu, jadi tidak bisa mengabadikan setiap tempat di sekitar terutama ketika sudah masuk kawasan pantai Papuma. Bukan karena apa, tetapi karena jalannya yang sedikit menantang, akhirnya tidak memungkinkan untuk kami menghentikan kendaraan lalu foto – foto. Jadi kami hanya mengabadikan keindahan di sekeliling dari dalam bus. 

Beberapa teman mengatakan “bagus ya kang, pantainya” sambil camera tetap on merekam atau sekedar memotret. Kawasan pantai papuma ini masih terbilang lestari, buktinya masih banyak kawanan monyet ekor panjang berkeliaran di jalan-jalan sekitar hutan malikan. Semoga tetap seasri itu, agar ekosistemnya tidak terusik atau bahkan punah. 

Menikmati Pesona Tanjung Papuma Dari Puncak Siti Hinggil

Setibanya di lokasi pantai, sambil santai menikmati indahnya suasana Pantai Papuma dari dekat. Sebenarnya bukan pertama kali berkunjung ke pantai Papuma, bisa dibilang ini adalah kali ke 4 berkunjung ke sana. Dan ada banyak perubahannya, terutama dengan wahana yang dibuat semenarik mungkin serta instagramable. Lokasi yang paling instagramable ini adalah Siti Hinggil, lokasinya bisa sahabat tempuh dengan berkendara menuju jalan keluar. 
Wonderful Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember
Lebih asyik untuk jalan – jalan kesana, karena bisa menikmati pesona keindahan alam Papuma dari atas. Saya pribadi hanya terkesima dengan keindahannya, anginnya yang sejuk serta keindahan alamnya yang menghipnotis akan membuat betah berlama-lama. Apalagi kalau menikmati keindahan Papuma bersama dengan meneguk segarnya es kelapa muda. Jalan menuju puncaknya lumayan terjal, tetapi dijamin tidak akan terasa capeknya karena kiri dan kanan hanya ada birunya cinta, eh birunya laut dengan hamparan bebatuan karang. 

Oh ya, untuk tiket masuk dari pintu masuk kawasan Papuma sekitar 20.000 rupiah untuk weekend. Sedangkan untuk harga makanan dan minuman di kawasan pesisir pantai masih terbilang murah dan pantas kok. Lalu, untuk bisa menikmati indahnya pesona Papuma dari puncak Siti Hinggil sahabat cukup membayar 10.000 saja. Dijamin tidak akan rugi menikmati indahnya Papuma dari atas bukit yang instagramable. 
Bisa dikatakan kawasan Tanjung Papuma ini sebagai kawasan wisata halal juga kok, dan satu hal penting untuk para wisatawan adalah “Wonderfull Indonesia” sedang marak-maraknya menggemakan pariwisata Indonesia. Karena kembali lagi bahwa indonesia kaya dengan keindahan alamnya yang mempesona. Ikutan yuk, lomba blog Wonderful Indonesia yang diadakan oleh kementerian pariwisata dengan tema “Wonderful Indonesia”. info lengkapnya disini
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

20 Komentar untuk "Wonderful Indonesia : Panorama Mempesona Di Puncak Siti Hinggil Tanjung Papuma Jember"

  1. Wah, tujuan wisata di Jember ternyata keren-keren, ya. Usai melihat Jember Fashion Carnaval, bisa lanjut jalan-jalan ke berbagai tujuan wisata Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini hanya satu diantara sekian hehehe

      Hapus
  2. Pantainya di Jember nggak kalah menarik sama tetangga tetangganya ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, kalau masalah pantai mah Jember gak kalah asyik kak

      Hapus
  3. mantep ya, ternyata wisata di jember eksotis bangeet.. mau loh kesana

    BalasHapus
  4. Anonim15.05

    Jember emang kaya akann tempat wisatanyaa, banyak banget diulas dari blogger lainnya juga, wajib lah kalo udah kesana buat jalan wuehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sedang digodok pariwisatanya sama pemuda sini

      Hapus
    2. Anonim08.46

      Wahhhh jadi pengen kesana nih wuehehe ;D... ajak trip keliling mas ;v

      Hapus
  5. Waduuuu, ternyata Jember juga banyak tempat wisata yang eksotis ya? Saya penasaran hehehe :D mampir ah, pankapan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar-kabar kalau mampir kak, siapa tahu bisa aku temeni

      Hapus
  6. MasyaAllah indahnya, ku langsung terhipnotis kalo lihat warna lautnya beginian. Adem banget

    BalasHapus
  7. Pantainya bening. Cerah... kereen.

    BalasHapus
  8. Jember ternyata pantainya apik yaa, pasirnya putih..mupeng deh..

    BalasHapus
  9. Terakhir ke pantai tahun lalu. Mudah2an, nanti bisa menikmati embusan angin pantai Jember, mas. Hehehe

    BalasHapus
  10. Kapan aku diajak ke sini? Kangen.sudah bertahun-tahun tak menyambangi

    BalasHapus
  11. semogaaaa bisa ke sini.. aamiin

    BalasHapus
  12. Mas ilham, aku kok tergelitik dengan namanya ya, Siti Hinggil. Itu asal usul namanya apa ya?
    Klo soal cantiknya aku cap jempol deh. I donesia gitu lho..tak ada yg membantah klo alam indonesia itu teramat indah.

    BalasHapus
  13. Sering lihat foto-foto Tanjung Papuma ini di Instagram. Emang kece tempatnya.

    BalasHapus
  14. Pantai favorit dari kecil sampai sekarang. Suka banget sama suasananya. Pasirnya yg putih bikin putih makin indah dipandang. Ditambah masih banyak ikan2 kecil dan kerang di dekat pesisir. Kalau mau lihat sunset oke banget kalau dari bukit.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink