√ Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta - Ilhamsadli.com

Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta

Ilhamsadli.com,- Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan alam dan suasana yang memesona dari kota Yogyakarta. Bahkan Yogya jika dikategorikan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi dengan banyak alasan, seakan kota ini punya daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan sedari kecil, sahabat pasti sudah dikenalkan dengan kota Yogyakarta melalui beberapa kisah legenda maupun cerita rakyat yang diabadikan dalam sebuah tulisan. 
Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta
Ada banyak sekali keindahan alam yang ditawarkan oleh Yogya, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga peninggalan sejarah yang masih terawat dengan rapi hingga sekarang. Itulah kenapa Yogya menjadi kota yang dianggap sebagai kota paling berkesan hingga diberi julukan kota kenangan. Saya pribadi sudah tiga kali ke Yogya, tetapi rasanya seperti masih ada ruang kosong dalam jiwa. Seperti belum lengkap rasanya, mungkin karena belum berkunjung ke Candi Prambanan.

Seputar Candi Prambanan

Candi Prambanan jika ditelusuri merupakan salah satu warisan dunia yang terdaftar dalam UNESCO. Candi Prambanan adalah merupakan peninggalan pada abad ke-10 yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta yakni sekitar 16 Km. Mungkin untuk cerita atau legendanya, sahabat sekalian sudah tidak asing lagi dengan nama Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Coba buka buku sejarah lagi ya, hehehe… 
Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta
Source: Traveloka.com
Dalam Candi Prambanan, ada sekitar 200 lebih candi di dalamnya yang berukuran kecil dengan total ribuan. Dinding candinya terukir relief yang menggambarkan bagaimana kisah terdahulu. Oleh karenanya, Candi Prambanan menjadi situs yang bersejarah tentang kebudayaan zaman dahulu. Dan menurut kisahnya, Candi Prambanan yang terdiri dari ribuan candi ini merupakan pembuktian cinta dari seorang Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang. Untuk kisahnya sendiri tidak akan saya ulas disini, karena akan lebih bagus apabila sahabat membaca langsung dari sumbernya atau berkunjung langsung ke Museum Candi Prambanan. 

Ke Yogya? Wajib Ke Candi Prambanan

Belum lengkap rasanya kalau ke Yogyakarta tetapi belum berkunjung ke Candi Prambanan. Ibarat kata nih, ke Yogya tanpa ke Candi Prambanan seperti sayuran tanpa garam. Karena Candi Prambanan menawarkan banyak hal untuk sahabat nikmati, baik solo travelling maupun family trip. Saya pribadi yang sudah terlalu sering solo travelling lebih nyaman jika melakukan couple travelling. 

Sementara solo travelling dahulu sebelum akhirnya nanti couple travelling. Rencana saya pribadi, akhir tahun ini mau travelling dahulu ke Yogya. Tepatnya mengisi ruang yang kosong dalam jiwa akibat belum berkesempatan menikmati indahnya pesona Candi Prambanan Yogyakarta. Setelah terlalu lama duduk dan berhadapan dengan dunia pekerjaan, sudah saatnya di akhir tahun untuk travelling sembari mencari inspirasi baru.

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Liburan Ke Prambanan

Karena belum pernah kesana, sempat membaca beberapa artikel seputar Candi Prambanan beserta kira-kira kesana bisa ditempuh dengan kendaraan apa. Karena lokasinya ang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka kendaraan umum atau kendaraan online bisa dimanfaatkan untuk menuju ke lokasi. Jika sahabat berasal dari luar kota, maka bisa ditempuh dengan Pesawat terbang atau Kereta Api atau juga Bus antar kota. Kalau ingin lebih mudah, tinggal menggunakan Aplikasi online yang sudah disediakan.
Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta
Source: Traveloka.com

Kalau saya pribadi lebih suka menggunakan traveloka. Karena menggunakan Traveloka semuanya menjadi mudah, sekali klik semuanya selesai. Jadi sebelum merencakan liburan, saya biasanya hunting terlebih dahulu tiket untuk kesana sambil mempersiapkan budget alias uang saku. Karena masih dalam satu pulau, saya lebih memilih menggunakan Kereta Api dengan melakukan booking serta pemesanan secara online, mudah dan pastinya terpercaya. Tidak hanya tiket perjalanan, bahkan penginapan juga sering saya booking secara online. Untuk tiket ke Prambanan juga saya dapatkan di Aplikasi satu ini. 

Jadi sebelum melakukan travelling, entah itu solo travelling seperti saya atau couple travelling atau mungkin family travelling, sahabat bisa memanfaatkan aplikasi Traveloka. Selain harganya lebih murah, trasaksi juga mudah, serta prosesnya cepat tentunya akan membuat waktu sahabat lebih efisien. Jadi? Sudah siap liburan akhir tahun? #AyoJalanJalan 
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

20 Komentar untuk "Belum Lengkap Rasanya Jika Belum Ke Candi Prambanan Yogyakarta"

  1. Wuihhh cakep bet gambarnya Bang, study tour jaman sekolah belum lengkap kalau belum ke Yogya hehe. Dan candi boroburur beserta prambanan selalu masuk destinasi study tour itu. Kemudian pelajar antimainstream ini selalu punya cara untuk melipir dari rombongan ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mah hanya dilakukan oleh Professional 😀

      Hapus
  2. Candi prambanan mengukir banyak sejarah mas, seneng aku kl ada artikel sejarah hehe,, lanjutkan next artikel mas

    BalasHapus
  3. thanks infonya kak seputar candi yang terkenal ini.

    BalasHapus
  4. Emang ya Jogja tuh selalu ngangenin tp aku sendiri kalo ditanya apa yang bikin kangen jawabanya karena kulinernya murah2 wkwk. Edisi merindukan angkringan~

    BalasHapus
  5. So beautiful banget. Cocok buat spot pacaran bareng ibuknya anak-anak

    BalasHapus
  6. Mampir juga ke Candi Boko

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah aku udah pernah ke sini. Tempatnya emang keren, apalagi datangnya pas malam. Tambah romantis deh

    BalasHapus
  8. Prambanan cantik banget, ngga bosan ke sana

    BalasHapus
  9. Penasaran dengan sendratari Ramayana tapi belum kesampaian nonton di Prambanan huhu

    BalasHapus
  10. Baru sekali uy ke Candi Prambanan. . dan waktu itu pas gak ada sendratari ramayananya

    BalasHapus
  11. Mau kemana aja termasuk ke Prambanan ini aplikasi Traveloka wajib dipake ya.

    BalasHapus
  12. Beberapa kali ke Yogya, nggak sempat mampir ke Prambanan. Mudah-mudahan ke depannya bisa mampir

    BalasHapus
  13. Kalau ke Prambanan jangan sendirian bro

    BalasHapus
  14. Setuju, kalau ke Jogja wajib banget ke Prambanan. Mengenal sejarah dan budaya nenek moyang kita.

    BalasHapus
  15. yeeaaa.. makaish bulan ini insha Allah ke sini

    BalasHapus
  16. Sebenarnya dekat solo dan sering sekali saya lewati... Tapi tetap gak bosan

    BalasHapus
  17. Berapa kali ke Jogja tempat ini selalu terlewat, semoga nanti bisa ke sini

    BalasHapus
  18. Prambanan emang kece yak, selain indah ada kisah yang buat aku penasaran tentang seribu candi waka

    BalasHapus
  19. Wah sama dong akhir tahun mo ke Jogja. Udah ngubek traveloka juga nih, nyari yg muat buat keluarga besar, hehehe

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink