6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Jogja

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan Ke Jogja
Ilhamsadli.com,- Kali ini akan membahas tentang liburan ke Jogja, lagi. Hehehe. Jadi begini ceritanya, sekitar beberapa pekan yang lalu ada yang berkomentar agar jangan membahas Jogja lagi karena khawatir baper. Maka kali ini biarkan aku minta maaf, karena membahas Jogja lagi dan lagi. Aku kembali membahas kota ini karena banyak faktor sebenarnya, salah satunya adalah aku gagal move on gara-gara banyak list tempat wisata yang tercancel kemarin. 

Maklum, karena persiapan memang yang kurang maksimal sehingga banyak list ter-cancel. Bukan cuma persiapan saja yang kurang tetapi juga masalah teknis seperti hujan. Tetapi tidak bisa menyalahkan hujan. Ada banyak sekali list tempat yang akhirnya ter-cancel. Inilah salah satu alasan kenapa menjadi gagal move on dari kota Jogja.

Kenapa Harus Jogja?

Mungkin banyak diantara sahabat yang bertanya kenapa sih harus Jogja? Apa Istimewanya sih? Nah ini sedikit ulasan yang semoga bisa menjawab pertanyaan sahabat tadi mengenai kenapa harus Jogja.
Jogja atau lebih banyak dikenal dengan nama Jogjakarta atau Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang populer di kalangan para traveller dan para penikmat wisata kuliner. Pasalnya, jogja memiliki banyak sekali kuliner yang memang menggugah selera serta beberapa tempat wisata yang instagramable.

Jogja juga selalu diidentikkan dengan kota yang romantis. Jika Eropa memiliki tempat romantis seperti Kota Paris, maka Indonesia juga punya tempat romantis yakni Jogja. Saking romantisnya, banyak para penyair dan penulis hebat melahirkan karya dengan menggunakan latar Kota Jogja. Karena banyak sekali tempat-tempat wisata yang bagus dan tidak kalah dengan luar negeri, walaupun aku pribadi memang belum ke luar negeri, paling jauh ke luar nagrek.


Dilansir dari wikipedia, dinyatakan bahwa pariwisata merupakan sektor utama bagi Kota Jogja. Banyak objek wisata yang telah berhasil menarik perhatian para wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara. Wisatanya berupa wisata budaya, wisata alam, wisata minat dan khusus, serta beberapa wisata lainnya yang hits. Bahkan salah satu tempat wisata di Jogja merupakan bagian dari bukti keajaiban dunia (Candi Borobudur). Jika orang mancanegara mau dan suka berkunjung ke Jogja, tentu sahabat akan rugi dan kalah kece jika tidak berkunjung ke Jogja juga.

Bagaimana? Yakin gak mau ke Jogja?

Hal Yang Harus Dipersiapkan Ketika Akan Liburan ke Jogja

Nah, agar sahabat tidak merasakan yang namanya gagal move on dengan kota Jogja karena banyak yang terbengkalai mengenai persiapanya, maka beberapa hal penting yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut. Kalau niruin kata Dilan nih, kurang lebih akan seperti ini. Kamu gak usah gagal move on, beraat. Biar aku saja, kamu gak akan kuat. Hehehe… Okelah, tidak usah berlama-lama, langsung simak saja ulasannya berikut ini.

1. Pastikan Jadwal Liburan Ke Jogja

Bukan cuma hubungan yang butuh kepastian lho ya, jadwal liburan juga perlu untuk dipastikan. Jika tidak demikian, maka ditakutkan kalau ternyata rencana liburan akan menjadi sekedar wacana. Dan sahabat atau gebetan pasti akan merasa kecewa hingga akhirnya gagal move on. Maka pastikan jadwal liburan sahabat bersama orang tersayang tidak bentrok dengan jadwal lain, apalagi kalau dadakan. Penting sekali untuk menentukan serta memastikan jadwal liburan, untuk mengantisipasi jadwal bentrok dengan kegiatan lain.

2. Tentukan Tempat Wisata yang Akan Dikunjungi di Jogja

Hal kedua yang tidak kalah pentingnya juga adalah menentukan kemana tujuan wisata. Bisa memilih banyak sekali tempat wisata. Sebagai referensi, sahabat bisa membaca ulasan (review) para traveller mengenai Jogja atau bertanya pada teman yang pernah berkunjung ke sana. Karena jika tidak melakukan ini, pasti sahabat akan kebingungan untuk memilih wisata mana yang akan dikunjungi. 


Ditambah lagi, banyak sekali tempat wisata yang bagus dan rekomended untuk di kunjungi di Jogja. Misalkan, pantai Bantul, Gunung Kidul, Goa Pindul, Candi Prambanan, Goa Jomblang, Malioboro, Borobudur, Prambanan, Keraton dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

3. Persiapkan Penginapan

Selama di Jogja, tentu sahabat akan membutuhkan tempat beristirahat ataupun hanya sekedar berteduh jika hujan. Maka carilah penginapan yang nyaman dan aman dan pastikan sesuai dengan isi dompet, karena liburan bukan tentang pindah tidur tetapi lebih ke menikmati keindahan alamnya. Oleh karena itu, tidak terlalu penting soal penginapan yang mewah, penting aman dan nyaman serta sesuai dengan isi dompet sahabat. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi yang bisa memudahkan untuk mencari  dan memilih penginapan yang sesuai kriteria.

4. Transportasi

Transportasi juga perlu untuk dipertimbangkan, jika untuk berangkat dari kota sahabat maka bisa menggunakan Bus, Kereta Api atau Pesawat. Tapi, kalau sudah tiba di Jogja, sahabat tidak perlu pusing untuk menggunakan transportasi menuju ke lokasi penginapan. 

Jika sahabat ingin lebih santai maka tinggal menghubungi rental Mobil Jogja. Jika bersama pasangan maka aku sarankan untuk menyewa mobil tanpa sopir, agar membuat sahabat lebih nyaman. Untuk yang tidak bisa mengendarai mobil juga bisa menyewa mobil dengan sopir. Mengenai harganya, mulai dari 250 Ribuan kok, jadi sangat cocok dengan kantong.

5. Persiapkan Segala yang diperlukan

Barang-barang dan segala pernak perniknya harus dipersiapkan sebelumnya. Jangan sampai nantinya ada yang terlupakan, mungkin sederhana seperti carger HP tetapi dalam banyak hal akan menjadi sangat penting. Pakaian ganti juga perlu untuk dipersiapkan, apalagi jika akan mengunjungi tempat wisata yang berhubungan dengan air. Tour guide juga tidak kalah pentingnya, kalau bingung mencari tour guide, maka cobalah untuk menggunakan jasa sewa Mobil Jogja, bisa juga menjadi guide-mu agar mengerti seluk beluk dan surga tersembunyi di kota Jogja.

6. Siapkan Uang Saku

Paling tidak uang saku ini nanti untuk mengantisipasi kebutuhan yang istilahnya mendesak. Bisa saja uang ditangan sudah tersisa sedikit, maka cadangan uang ini bisa sahabat mafaatkan. Dan untuk bisa menghemat uang saku liburan ini, sahabat bisa memilih beberapa tempat wisata yang sekiranya tidak menghabiskan banyak pengeluaran. 

Sekian ulasan singkatnya, Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Wahhhh emang jogja bikin kangen mas

    ReplyDelete
  2. uang saku, nah itu penting hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku tiap ke Jogja nggak pernah bikin plan mau kemana,, apalagi kalo sendirian,, ntar tahu-tahu nyasar dimana. Heheheh

    ReplyDelete
  4. Jogja, selalu ngangenin ekwkwk

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung