√ Full Kerja Dari Rumah Jadi Nyaman Jika Didukung Internet yang cepat dan stabil - Ilhamsadli.com

Full Kerja Dari Rumah Jadi Nyaman Jika Didukung Internet yang cepat dan stabil

Ilhamsadli.com,- Tahun 2022 lalu adalah tahun yang cukup bersejarah karena di tahun lalu bisa merasakan sebagai orang kantoran. Iya, seperti yang ada dalam bayanganmu “berangkat jam 7 pagi dan pulang jam 5 sore”. Bukan karena jam kerjanya, tetapi karena memang jarak dari rumah ke kantor adalah sekitar 45 menit jika ditempuh dengan kecepatan motor 60 km/jam. Seperti rumus fisika saja ya pakai perbandingan jika dan maka.

Kerja Dari Rumah

Sebenarnya bukan masalah berangkatnya yang jadi masalah tetapi persiapannya. Jadi, aku dan istri masih tinggal bersama mertua dan lokasi ada di Kabupaten Malang yang lokasinya tidak jauh dari Wisata Gunung Bromo. MasyaAllah-nya adalah pemandangan yang selalu disaksikan ketika berangkat dan pulang kerja adalah pemandangan gunung Semeru dan Argopuro. Seperti kehidupan yang diimpikan oleh para pekerja di kota-kota besar. Tapi satu tantangannya adalah berhadapan dengan dinginnya pagi atau bahkan angin malam ketika terpaksa harus lembur.

Akhirnya Resign dan Full Bekerja dari Rumah

Oh ya, aku ketika itu bekerja sebagai social media specialist sekaligus konten kreator di salah satu Lembaga Zakat Nasional di Malang. Banyak hal yang akhirnya aku pelajari dari pekerjaan itu, hingga mulai merasa nyaman dengan lingkungan kerja. Tapi alhamdulillah ternyata di tahun 2022 pertengahan, kontrak kerja tidak diperpanjang oleh pihak Yayasan. Lain kali aku coba bahasa tentang pekerjaanku itu ya, hehehe karena ceritanya lumayan panjang dan menarik.

Akhirnya di tahun 2022 itu harus kembali ke aktivitas sebelumnya yaitu menjadi seorang blogger dan konten kreator. Meskipun ketika bekerja kantoran, aku masih menyempatkan untuk memproduksi konten sendiri dengan memanfaatkan waktu luang, waktu istirahat kantor hingga weekend. Padat memang, tetapi alhamdulillah ketika itu sudah mulai terbiasa meskipun kadang istri protes karena waktu suaminya habis digunakan untuk bekerja. Ya, gimana ya untuk bilangnya karena memang kali ini aku tidak hidup sendiri dan harus menafkahi istri juga sekaligus menabung.

Keputusan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja ini ternyata baru aku ketahui alasan pastinya sekitar 3 bulan belakangan. Akhirnya aku masuk dalam salah satu diantara sekian banyak orang yang bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah sekarang ini memang sudah tidak asing lagi, karena sejak pandemi covid-19 mewabah dan sistem kerja mulai merata di seluruh dunia yaitu bekerja dari rumah. Ada yang dirumahkan alias di PHK, ada juga yang bekerja hibrida (kadang WFH dan kadang WFO), serta ada yang benar-benar WFH (work from home) karena memang tidak memiliki kantor resmi.

Apa Enaknya Bekerja dari Rumah?

Kenapa enak bekerja dari rumah, hingga Survei dari Databoks menunjukkan bahwa sekitar 68 persen pekerja di Indonesia berharap perusahaan tetap menerapkan sistem kerja hibrida pasca pandemi. Sementara 23 persen menginginkan sistem kerja penuh dari rumah (WFH). Memang jika ditelusuri lebih dalam lagi, ada beberapa landasan kenapa tidak sedikit yang menginginkan kerja dari rumah.

Enaknya Kerja dari Rumah

Lebih Fleksibel Soal Waktu

Untuk seseorang yang kerja dari rumah pasti lebih merasakan waktunya jadi lebih fleksibel, karena bisa menentukan sendiri jadwal kerja dan pastinya disesuaikan dengan waktu paling efektif. Karena alasan inilah kemudian pekerjaan dan kegiatan di luar itu bisa berjalan beriringan tanpa ada gangguan.

Lebih Bisa Produktif

Berapa banyak pekerja yang ternyata lebih produktif ketika kerja dari rumah daripada di kantor. Hal ini karena kerja di kantor biasanya ada teman satu divisi atau divisi lain mengajak untuk ngobrol sehingga pekerjaan yang seharusnya bisa selesai lebih cepat malah akhirnya terlambat.

Efisiensi Biaya

Hal ini termasuk alasan yang paling banyak digunakan, karena setidaknya uang untuk bensin dan makan bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Meskipun sebenarnya ke kantor juga bisa membawa bekal seperti yang aku lakukan dulu.

Menurunkan Stress

Salah satu alasan banyak yang menginginkan kerja di rumah adalah menurunkan stress. Karena ketika dirumah akan selalu ada yang memberikan ketenangan, misalkan keberadaan anak dan istri atau sekadar bertandang ke pekarangan rumah untuk siram tanaman.

Kebutuhan Ketika Kerja dari Rumah

Beberapa teman yang masih bekerja dari kantor kadang suka mengeluhkan begini “enak ya mas Ilham bisa bekerja dari rumah tanpa harus tertekan oleh atasan ataupun target”. Menanggapi hal ini, aku pribadi hanya tersenyum dan bilang “sawan sinawang saja” artinya kami yang freelance ingin bekerja kantoran dan berpenghasilan tetap sedangkan yang kerja kantoran ingin bebas.

kebutuhan jika kerja dari rumah

Oke, balik lagi ke kerja di rumah. Kalau menurut pengalamanku pribadi, ada beberapa kebutuhan untuk menunjang kinerja kerja dari rumah. Dua hal yang paling terlihat adalah membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil serta penyimpanan data.

Kedua hal ini terlepas dari tantangan ketika kerja dari rumah seperti harus memperbanyak interaksi sosial (kadang dianggap ngepet karena gak keliatan kerja), serta kadang ada gangguan dari lingkungan sekitar. Salah satu gangguan yang sering aku pribadi alami adalah adanya tetangga yang gak tau diri, membunyikan sound jedag-jedug keras dan lama padahal yang bersangkutan meninggalkan rumahnya.

Kebutuhan Koneksi Internet

Makanya kalau aku pribadi kadang punya waktu tertentu untuk bekerja serta pindah-pindah. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet yang cepat dan stabil alhamdulillah sudah dipenuhi oleh IndiHome dari Telkom Indonesia. Sangat terbantu oleh ketersediaan internet cepat dan stabil ini, terlebih untuk proses seperti pencarian ide, perencanaan, produksi konten hingga publisihing. Semoga dengan dukungan dari IndiHome sebagai internet rumahan ini bisa membantu mewujudkan resolusi karier sebagai full time konten kreator di tahun 2023 ini.

Dalam hal mencari ide konten, karena beberapa konten di Tiktok dan blog membahas tentang teknologi jadinya harus berusaha keras mencari sumber idenya. Alhamdulillah menemukan pricebook sebagai salah satu situs teknologi. Dan yang lebih asyiknya lagi, kalau ada yang tanya rekomendasi perlengkapan sebagai konten kreator di Sosmed, maka aku sarankan Pricebook untuk melihat perbandingan harga serta review gadgetnya seperti apa.

Kebutuhan Media Penyimpanan

Untuk media penyimpanan, rata-rata sekarang para pakar menyarankan untuk menggunakan Cloud. Beruntung sekali karena ketika memasang IndiHome di rumah sekarang ini sudah dibekali dengan Cloud Storage for IndiHome. Layanan ini Ini merupakan layanan penyimpanan data, bisa berupa: foto, video, musik, dokumen, maupun kontak yang dapat diakses kapan aja dan di mana aja melalui jaringan internet dari provider internet IndiHome. Dan yang lebih ku sukai sebanrnya adalah terkait keamanannya.

Harganya yang hanya 100.000 saja perbulan terhitung murah, karena sangat membantu megamankan dengan kapasitas hingga 300 GB. Sudah seperti HDD laptop generasi sebelumnya kan? Tentunya layanan ini hanya diperuntukan pada para pelanggan provider IndiHome dari Telkom Indonesia.

Dengan layanan demikian, IndiHome dan kita semua pasti memiliki harapan baik untuk peningkatan kualitas kerja hingga produktifitas. Karena tidak menutup kemungkinan Telkom Indonesia melalui layanan IndiHome ini memberikan kontribusi besar untuk perekonomian Indonesia dan kita semua.

Kebutuhan Suasana yang Nyaman

Seperti yang tadi aku bilang, bahwa salah satu kebutuhan ketika kerja dari rumah adalah suasana yang nyaman. Hal ini bisa didapatkan dengan menciptakan suasana nyaman sesuai selera. Bisa dengan mendekorasi ulang ruang kerja, komunikasi yang baik dengan anggota keluarga, dan kalau bisa punya space khusus untuk bekerja.

Itulah beberapa kebutuhan dalam melakukan kegiatan kerja dari rumah, namun yang paling penting untuk diperhatikan sebenarnya adalah kesempatan upgrade diri. Karena bekerja di rumah lebih fleksibel, jadinya kemungkinan untuk upgarde diri atau skill masih sangat memungkinkan. Terlebih dengan hadirnya banyak platform hingga pelatihan gratis yang disediakan oleh pemerintah dan ada juga yang difasilitasi oleh kantor. Jika kamu punya kesempatan itu, saranku jangan sampai kelewatan.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

11 Komentar untuk "Full Kerja Dari Rumah Jadi Nyaman Jika Didukung Internet yang cepat dan stabil"

  1. Saya sih setuju dengan para pekerja yang bekerja di rumah. Faktor kebersamaan dengan keluarga selalu itu yang mahal lho. Betapa banyak saya menyaksikan para pekerja berangkat sebelum anaknya bangun dan pulang ketika anaknya sudah tidur lagi. Lha terus ketemunya kapan dong?

    Biaya transportasi juga bisa terkurangi. Apalagi macet di jalan, ya ampun, bikin stres dan BT. Panas, kehujanan, banjir, dan lain sebagainya. Pokoknya, jika memungkinkan, kerja dari rumah itu lebih baik. Meskipun, ini sih kembali kepada masing-masing orang, lah yaow!

    BalasHapus
  2. WFH itu emang enak sih, apalagi kalo terkait fleksibilitas waktu, kita bisa atur sendiri jam kerja dan sebagainya. cuman kendalanya memang satu, apalagi kalo freelancer. upah tidak menentu dan kebutuhan penggunaan internet yang cukup tinggi. kedua permasalahan itu bisa diatasi dong dengan tetap berupaya cari peluang dan koneksi internet? ya ada indiHome dong ya

    BalasHapus
  3. Justru kadang nih ya, rorang stress dan suntuk jika jadi pekerja from home, karena kadang juga orang bekerja butuh kolaborasi. Namun, itu tergantung individu. Btw, di zaman yang serba digital saat ini semua pekerjaan hampir bersentuhan langsung dengan internet, kecepatan internet seperti dari indiHome ini selalu jadi pilihan keluarga Indonesia.

    BalasHapus
  4. Sekarang udah lumrah bekerja dari rumah berkat adanya internet. Dulu kan dikira nganggur kalau engga pergi ngantor ke luar rumah...

    BalasHapus
  5. Selamat datang di dunia penuh ketidakpastian ya Bang :-)

    BalasHapus
  6. Bekerja di rumah itu sebergantung itu dengan internet. Dua tahun menjalani kerja dari rumah, akhirnya saya rindu kerja di kantor hahaha

    BalasHapus
  7. Bekerja di rumah itu memang penting banget untuk memperhatikan koneksi internet, karena ya ini hidup dan mati di kerjaan. Kalau gak ada internet kayaknya kita AFK gitu di dunia kerjaan, wkwkwk

    BalasHapus
  8. Wah, kebetulan saya juga pakai Indihome. Tapi belum tahu tentang cloud storage for Indihome. Jadi penasaran. Harganya juga cukup terjangkau ya.

    BalasHapus
  9. Bekerja dari rumah pun tak kalah menghasilkannya juga ya mas. Asal kita rajin mencari peluang. Doakan agar saya bisa bekerja dari rumah, kadang jenuh nih kerja kantoran terus hehehe. Untungnya ada internet cepat dari IndiHome yang bikin kerja dari rumah terasa asyik ya mas

    BalasHapus
  10. Bener sih. sebaagai ibu yang kerjanya jugaa mengandalkan internett ini hal yang penting dan krusial udah kayak beras hahaha

    BalasHapus
  11. Enaknya hidup zaman sekarang ya, cari uang gak mesti keluar rumah, hanya di rumah pun bisa yang penting ada gawai yang mendukung dan koneksi internet yang stabil dan cepat

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink