Ilhamsadli.com,- Sebagai kota terbesar ke-4 di Indonesia, Bandung seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pendatang dari luar kota untuk menetap dan mengadu nasib di Kota Kembang tersebut. Secara geografis Bandung juga terkenal sangat cantik. Landscape yang berbukit, hawa yang sejuk, serta memiliki potensi alam yang berlimpah, membuat Bandung sangat nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Belum lagi orang-orang yang berpindah ke Bandung karena alasan pendidikan. Iya, banyaknya kampus-kampus ternama di kota tersebut membuat banyak orang memilih Bandung sebagai tujuan studinya. 
5 Rekomendasi Rumah Kontrakan di Bandung
(source: wikipedia)
Dilansir melalui situs Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, jumlah mahasiswa baru yang masuk ke area Jawa Barat pada tahun 2017 mencapai 183.723 orang. Semua pendatang ini tentu memerlukan tempat tinggal selama ia berada di Bandung, mayoritas di antaranya kemudian memilih rumah kontrakan di Bandung untuk dijadikan hunian sementara. Nah, mengingat banyaknya orang yang mencari rumah kontrakan di Bandung, hari ini saya akan memberi beberapa referensi rumah kontrakan di Bandung yang dapat sobat jadikan sebagai hunian sementara. 

Buat sobat yang sedang cari rumah kontrakan di Bandung, simak beberapa rekomendasi di bawah ini ya.

1. Rumah kontrakan di Bandung daerah Cikutra

Rekomendasi rumah kontrakan di Bandung pertama merupakan sebuah rumah yang sangat cocok untuk sobat yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Widyatama atau ITENAS Bandung. Pasalnya, rumah ini berlokasi di Jalan Bojong Koneng Atas, yang dekat dengan kedua kampus tersebut. Penjual rumah sendiri mengklaim, bahwa rumah kontrakan di Bandung yang satu ini memiliki jarak kurang lebih 20 menuju Universitas Widyatama dan ITENAS. Aksesnya juga dekat menuju Jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan arteri yang ada di kota Bandung. Jadi tidak hanya dekat dengan fasilitas pendidikan, rumah ini juga dekat dengan fasilitas umum lainnya.
Rumah kontrakan di Bandung daerah Cikutra
(source: 99.co Indonesia)
Untuk spesifikasi bangunan, rumah ini dibangun diatas lahan seluas 80 meter persegi dengan luas bangunan 40 meter persegi. Memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, rumah ini tidak hanya cocok dihuni oleh mahasiswa saja, namun juga pasangan suami-istri baru atau keluarga dengan satu orang anak. Jangan takut, meski memiliki lokasi yang cukup strategis, harga rumah kontrakan di Bandung ini cukup murah kok, yaitu sebesar Rp2,75 juta per bulannya.

Baca Juga: Dari Bandung Untuk Dunia

2. Rumah kontrakan di Bandung daerah Parompong

Apabila sobat mencari rumah minimalis yang asri dan siap huni, maka rumah kontrakan di Bandung yang satu ini bisa dijadikan sebagai referensi rumah kontrakan pilihanmu. Memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, serta taman kecil di depan dan belakang rumah, kontrakan ini dibangun di atas lahan seluas 96 meter persegi dan luas bangunan 50 meter persegi. Lokasinya juga terbilang cukup menjanjikan. Terletak di Jalan Ciwaruga yang merupakan terusan kawasan Gegerkalong Hilir, rumah ini sangat cocok untuk sobat yang berkuliah di kampus Politeknik Bandung, UPI Bandung, Universitas Marantha, dan berbagai universitas lain. 
Rumah kontrakan di Bandung daerah Parompong
(source: 99.co Indonesia)
Untuk harga, rumah ini cukup kompetitif, yaitu sebesar Rp3,5 juta per bulannya. Namun jangan khawatir, harga rumah kontrakan di Bandung tersebut sudah berikut perabotan lengkap di dalamnya, lho. Selain itu, sobat juga bisa melakukan sharing (atau kost kolektif) dengan teman untuk menyewa rumah tersebut, sehingga biaya sewanya bisa dibagi berdua dan menjadi lebih murah.

3. Rumah kontrakan di Bandung daerah Cileunyi

Rekomendasi rumah kontrakan di Bandung berikutnya merupakan sebuah rumah di daerah Cileunyi, Bandung. Iya, kawasan paling pojok di Bandung Timur ini terkenal dengan pintu tol dan kawasan industrinya. Sehingga cocok dijadikan sebagai hunian para pekerja di kawasan tersebut. Memiliki luas tanah 60 meter persegi dengan luas bangunan 70 meter persegi, rumah kontrakan di Bandung yang satu ini dilengkapi 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan carport yang luas.
Rumah kontrakan di Bandung daerah Cileunyi
(source: 99.co Indonesia)
Selain cocok untuk sobat yang bekerja di kawasan Cileunyi dan sekitarnya, rumah kontrakan di Bandung yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai tempat tinggal mahasiswa UIN Bandung dan STIKES, yang juga berada dekat dengan kawasan Cileunyi. Dengan spesifikasi yang dimiliki, sobat bisa secara kolektif menyewa rumah tersebut dengan tiga orang lainnya. Sehingga, meski memiliki biaya sewa Rp10 juta per bulan, apabila sobat bagi dengan empat orang, maka biaya kontrakan yang dikeluarkan tiap bulan menjadi Rp2,5 juta. Cukup hemat jika dibandingkan dengan sobat menyewa rumah tersebut sendirian.

Baca Juga: Rasa Yang Tertinggal di Bandung

4. Rumah kontrakan di Bandung daerah Ciumbuleuit

Apakah sobat mendambakan tinggal di sebuah rumah mewah di salah satu kawasan elit kota Bandung? Jika iya, maka rumah kontrakan di Bandung yang satu ini sangat cocok untuk sobat! Terletak di kawasan Hegarmanah, Ciumbuleuit, yang terkenal sebagai kawasan elit nan asri di kota Bandung, rumah ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp35 juta per bulan.
Rumah kontrakan di Bandung daerah Ciumbuleuit
(source: 99.co Indonesia)
Terlihat dari gambarnya saja, kita dapat mengetahui bahwa rumah ini sangat mewah dan megah. Didominasi dengan unsur kayu, rumah ini tidak hanya terlihat sangat cantik namun juga elegan. Luas tanah yang dimiliki rumah ini juga tidak tanggung luasnya, yaitu 449 meter persegi, serta luas bangunannya mencapai 475 meter persegi. Tidak hanya itu, rumah dengan 3,5 lantai ini juga disewakan berikut dengan furniture mewah yang terdapat di dalamnya. Bahkan, terdapat kolam renang pribadi lho di dalam rumah tersebut! Pemilik iklan sendiri sebenarnya menyasar para pekerja asing sebagai penyewa rumah ini. Tidak heran memang, mengingat daerah Ciumbuleuit merupakan salah satu kawasan favorit ekspatriat di Bandung.

5. Rumah kontrakan di Bandung daerah Dago

Rekomendasi terakhir dalam daftar rumah kontrakan di Bandung yang akan saya berikan adalah sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Cisitu, Dago. Jika sebelumnya saya katakan bahwa Ciumbuleuit merupakan salah satu kawasan favorit para ekspatriat, maka Dago adalah salah dua kawasan favorit bule-bule yang bermukim di kota Bandung.
Rumah kontrakan di Bandung daerah Dago
(source: 99.co Indonesia)
Terkenal memiliki properti dengan harga yang cukup mahal, harga sewa rumah kontrakan di Bandung yang satu ini juga bisa dibilang akan mengorek kocek sobat cukup dalam. Pasalnya, rumah mewah dengan gaya modern minimalis ini dibanderol dengan biaya sewa US$2.750 ribu atau mencapai Rp38 juta-an per bulannya. Tidak main-main, rumah ini dibangun di atas lahan seluas 453 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 520 meter persegi. Dengan spesifikasi seluas itu, rumah ini turut dilengkapi dengan 6 kamar tidur (3 kamar utama, 1 kamar basement, 2 kamar pembantu), 6 kamar mandi (3 pada tiap kamar utama, 1 di basement, 1 di kamar pembantu, 1 kamar mandi tamu).

Enggak kalah dengan rumah sebelumnya, rumah ini juga dilengkapi dengan kolam renang pribadi serta segala furniture mewah yang akan didapatkan bila sobat menyewa rumah ini. Pantas saja jika harga rumah kontrakan di Bandung berikut ini dipantok cukup mahal, mengingat segala fasilitas mewah yang terdapat di dalamnya.

Itu tadi 5 rekomendasi rumah kontrakan di Bandung yang dapat sobat jadikan sebagai referensi hunian sementara jika sobat ingin menetap di kota ini. Setelah membaca penjabaran di atas, rumah mana nih yang tertarik untuk sobat tinggali? Jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi lokasi, spesifikasi bangunan, atau contact person dari rumah-rumah tersebut, segera kunjungi situs properti www.99.co/id

Caranya gampang, cukup masukkan kata kunci “rumah kontrakan di Bandung” pada kolom pencariannya, maka semua listing rumah kontrakan di Bandung akan muncul. Selain itu, sobat juga menggunakan filter harga, lokasi, jenis properti, dan sebagainya, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan properti yang sobat cari.

Jadi, langsung saja yuk, kunjungi situs properti terbesar dan terpercaya 99.co Indonesia untuk segala kebutuhan properti sobat!