Tantangan yang Sering Dihadapi Seorang Blogger

Tantangan yang Sering Dihadapi Seorang Blogger
Blogsadli,- Kali ini ada sedikit bahasan mengenai duniaya para blogger. Jangan beranggapan bahwa menjadi seorang blogger itu enak dan mudah. Kenapa demikian? Karena menjadi seorang yang berkecimpung dalam dunia Blogger itu gampang-gampang susah. Jika kita tetap ingin mencoba terjun dalam dunia blogging, maka bersiap-siap nanti akan menghadapi tantangan-tantangan ketika sudah berada dalam lingkaran itu. Sadar atau tidak, hal ini akan dihadapi seorang blogger pemula kecuali dia-dia yang selalu punya ide-ide kreatif. 

Tantangan Seorang Blogger

apa saja tantangan yang dihadapi seorang blogger? berikut ini adalah beberapa tantangan yang seringkali dijumpai seorang blogger pemula.

1. Bingung Tema Bahasan

Tantangan pertamanya adalah bingung akan membahas apa ketika berencana terjun ke dunia blogging. Tema bahasan bisa kita dapatkan darimana saja, tergangtung dari kita mau atau tidak. Karena utamanya adalah tekad untuk memulai kemudian mencoba mencari sesuatu yang menarik menurut pandangan kita. Jika masih bingung, maka fikirkan apa yang kita sukai lalu uraikan dalam bentuk tulisan segala macam yang berkaitan dengan kesukaan kita. Namun akan lebih baik jika berfokus pada satu bahasan saja untuk mempersempit ruang lingkup pembaca.

2. Takut Memulai

Ketakutan untuk memulai sesuatu adalah hal yang wajar-wajar saja. cobalah mengambil langkah pertama untuk memulai kemudian lanjutkan dengan langkah berikutnya. Sekarang ini sudah tidak lagi susah untuk memulai membangun blog, karena ketika keyword mengenai blog pemula sangat banyak di google. Dan perlu diketahui bahwa mereka-mereka juga pernah merasakan tantangan ini ketika masih pemula, yang membuat mereka bertahan dalam posisi teratas adalah usaha dan tekad yang kuat.

3. Belum Mengerti SEO

Persoalan yang satu ini sebenarnya bukan persoalan utama, karena masalah SEO adalah masalah yang bisa dipelajari sambil jalan. Kalau hanya berkutat dengan dunia SEO saja, bisa-bisa blog kita begitu-begitu saja. Karena yang utama adalah memperkenalkan blog kita kepada publik, atau paling tidak memperkenalkan blog kepada teman terdekat. Untuk bisa mendapatkan pengetahuan mengenai SEO adalah dengan banyak belajar dari pengalaman menulis artikel blog, lambat laun kita akan mengerti bagaimana bisa artikel kita berada pada halaman pertama pencarian google.

4. Tidak Semangat Menulis

Semangat menulis memang timbul tenggelam dan terkesan kurang stabil. Tetapi memang begitulah tantangan seorang penulis, tantangan seorang blogger. Bagaimana kita mengatasi masalah demikian sehingga bukan kita yang dipengaruhi semangat tetapi kita mempengaruhi semangat. Sehingga kedepannya tidak akan ada istilah gak mood ngeblog. Kita harus menemukan motivasi kita menulis di blog. Percaya atau tidak, menulis itu menenangkan fikiran dan mengisi kekosongan jiwa.Ketika tidak semangat menulis maka bersiap saja blog kita dan tulisan kita akan jalan ditempat tanpa sedikitpun perkembangan.

5. Susah Mencari Sumber Bacaan

Permasalahan selanjutnya adalah susahnya untuk menentukan sumber bacaan yang relevan dengan blog yang akan kita bangun. Blog seperti apa sih yang mau kita bangun? masalah otomtif, hoby, gaya hidup, agama, pendidikan atau apa? semuanya hampir 90% ada di internet. Jika tidak ingin mencari di internet maka kita tinggal menggunakan fasilitas umum seperti perpustakaan umum sebagai salah satu cara mencari sumber informasi sebagai bahan tulisan. 

6. Sering Salah Ketik

Sering salah ketik atau biasa kita sebut typo sebenarnya bukan sebuah masalah yang terlalu besar. Karena hal ini bisa dengan mudah kita selesaikan secara cepat. Misalkan saja denga membaca kembali apa yang telah kita tulis, lalu memeriksa kosa katanya apakah sudah benar atau keliru. 

Sebenarnya masih banyak tantangan seorang blogger pemula, tetapi hanya beberapa yang kita bahas. Karena intinya adalah kuatkan tekad dan semangat kita untuk terus berkembang. Tidak apa kita kalah start dengan mereka-mereka tetapi jangan mau kalah mencapai finish. Sekian dulu sedikit bahasan mengenai tantangan seorang blogger. Semoga bermanfaat

Terima Kasih 
Salam Literasi...

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung