Sunah Rosul di Malam Jumat? Andaikan Semua Malam itu Malam Jumat

Ilhamsadli.com,- Salam semua sahabat ilhamsadli.com, kali ini aku ingin sedikit sharing tentang pengalaman saya disetiap malam jumat sehingga judul celotehan ini adalah”andaikan semua malamku itu malam jumat”. Sebenarnya sangat sederhana, sesederhana seorang pemimpi dengan beberapa harapannya setelah punya gambaran mengenai impiannya. Nah mungkin sahabat penasaran kenapa judulnya aku buat menjadi anadikan semua malamku itu malam jumat.

Sebenarnya bagiku pribadi, malam jumat itu malam yang selalu membuatku merasa special. Kenapa? Bukan karena nyunnah malam jumat, karena aku saat ini masih single alias jomlo. Pada daftar gih biar aku gak jomlo, pendafatar masih dibuka. Hahaha, abaikan ya bahasan gak penting ini karena bukan ini intinya. Karena ada beberapa alasan kenapa aku beraharap semua malam adalah malam jumat dalam setiap kehidupanku.
"sesunggunya diantara hari-hari kalian yang paling mulia adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari itu karena shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku" (HR. Abu Dawud)

Sunah Malam Jumat

Kebiasaanku tidur hampir setiap malam adalah sekitar jam 11 malam keatas, sehingga bangunnya pasti sekitar jam 4. Atau kadang jam 4.30, sekitaran jam segitu. Padahal sebelum tidur selalu berniat agar bisa dibangunkan di jam 3 alias sebelum adzan subuh. Karena pernah mendengar teori dari beberapa literatur bahwa jam segitu, yakni jam – jam sebelum subuh adalah ketika suasana menjadi Alfa sehingga apa yang dimakan oleh otak akan mudah dicerna. Mungkin karena memang suasananya yang damai dan sunyi shingga membuat otak dalam keadaan alfa.
Sunah Rosul di Malam Jumat? Andaikan Semua Malam itu Malam Jumat
Terlepas dari itu semua, dalam agama Islam juga mengajarkan bahwa jam-jam ketika orang pulas tertidur dan seorang hamba terbangun dalam keadaan menangisi apa yang diinginkan maka doa tersebut atau harapan tersebut akan sampai langsung ke langit. Karena alasan inilah aku pribadi selalu menyalakan alarm jam 3 pagi waktu indonesia barat ya, karena ada banyak sekali harapan-harapan serta impian yang ingin segera dicapai. Setelah aku berusaha di dunia nyata, maka pasrahkan dan bantu dorong usaha tersebut dengan doa. Itulah keyakinanku. Namun nyataya tidak demikian, karena hanya bisa bangun jam 3 bahkan sebelum alarm berdering sudah bangun ketika di malam jumat.

Tidur di malam jumat itu seperti sebuah suplemen, karena walaupun tidurnya hanya sebentar bisa tetap membuat badan segar tanpa ada rasa letih. Itulah alasan kenapa aku bilang kalau istirahat di malam jumat sependek apapun tidurnya tetap merasa cukup dengan tidur yang singkat tersebut.

Setiap malam jumat, tidur jam berapapun tetap saja akan terbangun jam 3 pagi. Dan lebih asyiknya lagi bisa melakukan shalat malam tanpa merasa ngantuk atau bosan. Seakan nikmat sekali beribadah di malam jumat dan aku rasakan sendiri. Suasana damai, tenang dan sunyi membuat kadang air mata mengalir ketika berdoa. Dan alhamdulillah, setiap malam jumat bisa demikian termasuk hari jumat paginya tidak pernah bolong untuk berjamaah di Masjid. 

Ketika yang sudah mempunyai pasangan bilang “nyunnah di malam jumat”, maka yang single seperti akupun akan mengatakan demikian. Namun sunnahnya adalah menggemparkan bumi dan mengguncang langit di malam jumat dengan baris doa terbaik. Berharap ampunan dan kelancaran dalam melakukan segala hal, termasuk mengucapkan segala mimpi di malam jumat tidak terkecuali masalah hati. Karena itulah kemudian aku berharap semua malamku seperti malam jumat sehingga lebih nikmat untuk beribadah serta berdoa. 

Sudah ya, itu hanya seputar celotehku saja kok. Gak lebih, kalau sahabat sekalian punya kisah unik seperti ini, silakan share di kolom komentar ya.

1 Response to "Sunah Rosul di Malam Jumat? Andaikan Semua Malam itu Malam Jumat"

  1. Senang ya rasanya kalau bisa merasakan nikmatnya ibadah.. Smga ibdah nya selalu dijaga ya kak.. D beri kemudahan dam keistiqamahan. Aamiin..

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel