7 Kebiasaan Baik Yang Dilakukan Seorang Blogger Sukses

Kebiasaan baik blogger sukses
Ilhamsadli.com,- Kualitas seorang blogger bisa dilihat dari banyak hal, terutama kebiasaan-kebiasaannya. Tentunya semua blogger ingin menjadi sukses dengan apa yang didalaminya, tidak terkecuali seorang blogger. Apakah sahabat adalah salah satunya? Apakah ide muncul dengan sendirinya atau harus dipancing dahulu? Apakah sahabat sudah punya strategi untuk meningkatkan kualitas blog? 

Coba kita perhatikan para blogger-blogger profesional dan full time blogger, kebiasaan mereka semua sebenarnya sudah bisa dijadikan syarat menjadi seorang blogger sukses. Sebagai seorang blogger pemula seperti ilhamsadli ini, tentu semuanya butuh tahap yang panjang untuk bisa mencapai itu. Tetapi satu hal yang masih menjadi pedoman dalam melakukan sesuatu.

Man Jadda Wajada, Man shabara Zhafira, Wa Man Sara Ala Darbi Washala
Makna kalimat ini adalah siapa yang bersungguh – sungguh pasti berhasil, siapa yang sabar akan beruntung, dan siapa yang menapaki jalan-Nya akan sampai ke tujuan.

Tetapi yang selalu menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara menulis lebih baik, lebih cepat dan lebih banyak? Semua jawabannya sebenarnya adalah bagaimana kita peka dan mampu membaca serta mempelajari apa yang telah dilakukan oleh para blogger sukses hingga mereka berada di posisi puncak seperti sekarang ini. Karena kita jangan hanya melihat hasilnya, tetapi cobalah perhatikan bagaimana prosesnya.

Berikut in adalah 7 Kebiasaan baik sebagai syarat menjadi blogger sukses.

1. Produktif Menulis

Kata kunci pertama sebagai syarat menjadi blogger sukses adalah produktif dalam menulis. Karena semakin banyak dan sering sahabat menulis, tentunya kualitas tulisan akan meningkat. Bisa karena biasa. Terkadang saya sering merasa tersindir ketika para pasukan blogger perempuan atau pasukan blogger emak-emak yang dengan kesibukannya mampu produktif menulis hampir setiap harinya. Contohnya Mbak Mildaini, mbak Naqiyyah Syam dan beberapa emak-emak hebat lainnya. 


Mereka yang begitu sibuk masih bisa menulis setiap hari, lalu kenapa saya dan sahabat yang masih punya banyak luang malah malas untuk menulis. Padahal jika dijabarkan, semkin banyak konten di blog maka tentunya pengunjung akan menjadi banyak juga. Kalau misalkan setiap artikel dikunjungi 10 orang perhari, maka kalikan 200 artikel maka akan didapatkan pengunjung sekitar 2000 per harinya. Tetapi kembali lagi, semuanya adalah bukan sekedar konten tetapi benar-benar konten yang diperlukan pembaca. 

Saya menarik kesimpulan bahwa seorang blogger yang sukses lebih banyak meluangka waktu untuk riset, menulis, editing hingga merencanakan strategi postingan blog. Bukan seperti kita yang lebih banyak sibuk dengan membalas chat atau sekedar memberikan love pada postingan orang di instagram.

2. Kreatif

Kebiasaan baik blogger sukses lainnya adalah selalu berpikir kreatif. Seseorang yang kreatif adalah orang yang siap mengambil resiko, karena dengan cara ini pemikiran lebih dituntut untuk menemukan banyak ide dan gagasan. Cara menjadi kreati adalah dengan mulai untuk tidak meremehkan kemampuan diri. Mereka yang kreatif akan selalu punya tempat khusus di para pembacanya, karena pemikirannya yang kreatif dan mudah untuk diterima.

3. Mampu Memanage Mood

Para blogger sukses ini merupakan orang – orang yang bisa memenagement mood mereka. Karena mereka yang tetap bisa eksis walaupun dalam keadaan yang tidak tentu. Akan menjadi sebuah gate besar ketika dibandingkan dengan saya atau sahabat yang masih hanya menulis ketika mood baik dan stabil, lalu kemudian tidak menulis bahkan tidak membaca ketika mood menjadi sedikit rusuh. Maka kebiasaan yang harus diikuti dari seorang blogger sukses adalah mencoba untuk memanage mood, sehingga bukan sahabat yang dikuasai mood tetapi sahabat yang menguasai mood.

4. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Seorang pemain basket hebat seperti Michael Jordan tidak bisa menjadi seterkanal dan melegenda hingga sekarang jika dahulunya dia berhenti belajar. Bahkan ketika belajar dari ribuan tembakan hanya beberapa yang masuk. Tetapi karena tekad yang kuat dan tidak pernah berhenti untuk belajar, maka dia menjadi salah satu pemain basket terkenal dan terhebat di zamannya. Itulah analogi seorang blogger yang sukses, mereka punya kebiasaan baik untuk tetap belajat dan memilih untuk tidak menyerah. Kalau menjumpai masalah, bukan mengeluh atau putus asa melainkan mempelajari masalah tersebut kemudian menemukan solusi masalah tersebut.

5. Fokus dan Istiqamah

Seorang blogger sukses selalu berusaha fokus dengan konten yang akan disajikan. Karena mereka akan selalu menganggap bahwa seorang pembaca adalah raja. Mereka akan selalu memunculkan karakter dan ciri khas tulisannya serta sudut pandang yang unik. Dalam setiap tulisannya, mereka menunjukan kepedulian kepada pembacanya. Istiqamah dalam konten yang disampaikan dan istiqamah dalam menulis. Itulah syarat seorang blogger sukses.

6. Membuat Blognya Terlihat Menarik dan Tidak Membosankan

Untuk para pembaca artikel, tentu akan terganggu dengan yang namanya pop ads atau sejenisnya. Karena percaya atau tidak, pembaca lebih rileks apabila mereka diberikan keluasan untuk menikmati konten yang disajikan. Maka dalam hal ini, para blogger sukses biasanya memandang mengenai desain tamplate yang digunakan. Apakah akan membuat pembaca nyaman atau malah menjadi terganggu.

7. Tidak Pernah Menyerah

Para blogger sukses pernah juga mengalami kegagalan, tetapi yang membuat tingkatannya menjadi tinggi sekarang adalah karena tidak pernah menyerah. Ketika jatuh maka ia langsung bangun. Mari ita belajar dari pohon kurma. Kurma yang tingginya menjulang, buahnya menggoda dan rasanya manis menggugah selera tidak bisa didapatkan secara instan. Karena proses penanamannya adalah dengan memberikan beban diatas tanah yang ditanami bibit kurma, sehingga akarnya bisa menjadi lebih kuat. Cobalag untuk menjadi seorang blogger seperti ini.

Sukses itu butuh proses. Jadi berjuanglah selalu.

15 comments:

  1. sebenarnya saya ingin lebih produktif dari sekarang, biasanya nulis cuma artikel 2 buah per bulan, ingin rasanya lebih banyak dari itu, kemudian di publish di tempat lain-lain, tapi kadang saya lebih banyak malasnya ketimbang semangatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku pribadi caranya mencoba menulis sehari 300 kata bang.. :D jadi lama-lama biasa

      Delete
  2. Setuju kak.
    Blog cerita santri kalong kak.. Kunjungi follow,koment kalau bisa gantian ya kak....
    https://pondokpesantrenwalisongosragenjateng.blogspot.co.id/?m=1

    ReplyDelete
  3. bersyukur sekarang berkat postingan motivasi menulis seperti ini dr teman-teman blogger saya berhasil konsisten menulis minimal 1 minggu sekali dan mereview tampilan dan sharing dengan teman sesama blogger sebulan sekali.. Alhasil PA/DA saya bisa naik dr 1/1 menjadi 17/13 dalam 3 bulan terakhir

    ReplyDelete
  4. Wah semoga suatu hari nanti saya bisa juga jadi blogger sukses ya dan semua yang dituli di atas bener bangettt

    ReplyDelete
  5. iya sih yang kuliat kek mba Gesi aja ia rajin banget nulis bahkan pernah ada satu tulisan kasih ide buat yang lainnya nulis keren bingits bloher keren dan ga pelit ide 😂

    ReplyDelete
  6. wahh aku belum ada satupun. wkwkwk

    ReplyDelete
  7. sha nih moody banget kalo nulis dan update blog, berarti belom sukses? :P

    ReplyDelete
  8. Fokus dan Konsisten itu emang sulit. Apalagi kalo pas banyak kegiatan di luar rumah. Pas balik ke laptop jadi kaku jari2nya buat ngetik

    ReplyDelete
  9. Eh, ada nama aku. Coba kasih backlink dong kak. Biar mantap , hahaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kan emang udah ada tuh.. coba aja di klik :D dua-duanya ada backlinknya :D

      Delete
  10. Saya udah nyaman banget ini ngeblog by henpon. Senang sekali bisa tetap menulis.

    ReplyDelete
  11. aku kayaknya masih harus memanajemen mood dengan baik. soalnya nulisnya masih tergantung mood

    ReplyDelete
  12. nah ini dia kendala saya, susah untuk istiqomah. Masih perjuangan banget

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung