6 Cara Mencari Inspirasi Untuk Konten Blog

6 Cara Mencari Inspirasi Untuk Konten Blog
Blogsadli,- Sebagai seorang blogger, tentunya sebuah konten dalam blog menjadi sebuah langkah jitu meningkatkan ranking dan kualitas blog. Tapi menjadi sebuah masalah ketika blogger mengalami yang namanya kekurangan inspirasi sebagai bahasan blog, terutama untuk seorang blogger pemula. Karena konten adalah raja, maka mencari konten yang berkualitas akan memakan waktu yang sangat lama jika blogger mangalami kekurangan inspirasi. Menetukan kontent blog memang tidak sulit tapi mengembangkannya menjadi kontent berkualitas itu tidak mudah dan butuh inspirasi.

Mencari Inspirai Konten Blog

Maka kali ini, Blogsadli akan membahas mengenai 6 cara mencari inspirasi untuk kontent blog sehingga mampu membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita.

1. Mulailah Dari Topik Sederhana Seperti Hobi

Kesulitan dalam menemukan topik konten selalu akan dihadapi seseorang tidak terkecuali blogger pemula. Untuk lebih sederhananya, maka konten pertama kita usahan membahas mengenai hobi atau apa-apa saja yang kita sukai. Tidak usah terlalu memikirkan mengenai teknik penulisan yang benar dahulu, cukup biarkan kata-kata itu mengalir membentuk kalimat sehingga akan sangat mudah dipahami oleh pembaca. Jika menyukai otomtotif maka ide-ide tentang otomotif, maka bisa kita tuangkan semuanya dalam tulisan dan tentunya membahas seputar otomotif mulai dari A-Z.

2.  Menulis Pengalaman Menarik

Pengalaman menarik bisa juga dijadikan sebagai inspirasi konten blog, entah itu pengalaman yang lucu, menegangkan ataupun mengasyikan. Tulis saja pengalaman tersebut secara sederhana dan gamblang sehingga mudah dipahami. Jika masih sulit maka tulis seadanya seperti kita menulis Dairy, atau menulis status di facebook. Dan usahakan jangan ada singkatan dalam blog ataupun penulisan yang tidak perlu (misalnya menggunakan kombinasi huruf dan angka), Hindari itu, karena pembaca akan menganggap itu sebagai bahan bacaan yang tidak layak.

3.  Menulis Seperti Apa yang Ingin Kita Baca

Dengan menulis sesuai apa yang kita ingin baca, tentunya akan sangat memudahan kita dalam menuangkan ide-ide tersebut dalam sebuah tulisan.  Tetapi dalam konteks ini, jangan sampai kita menulis asal-asalan tanpa ada sumber atau wawasan kita mengenai tulisan tersebut. Karena kita tidak tahu siapa pembaca kita nantinya, dan tidak menutup kemungkinan pembaca kita adalah dia yang lebih mengerti bahkan jauh lebih paham tentang bahasan itu. 

4.  Perbanyak Teman atau Sahabat

Sahabat dan teman bisa menjadi jalan untuk kita mencari inspirasi, karena bisa jadi ketika kita berbincang santai ada hal-hal menarik dalam bahasan tersebut. Hal menarik inilah yang kemudian kita olah menjadi konten yang menarik dengan menambahkan ide-ide kita dalam pembahasan tersebut. Tidak hanya itu, terkadang ketika sahabat kita meminta pendapat atau pandangan kita akan sebuah masalah, hal tersebut bisa mendatangkan inspirasi. Maka tinggal bagaimana kita mengolah permasalahan tersebut dan memberikan solusi yang bagus menurut pandangan kita.

5.  Manfaatkan Media Sosial

Salah satu cara mencari inspirasi lainnya adalah dengan memnafaatkan media sosial yang kita miliki. Tentunya banyak sekali terkadang yang bisa menarik perhatian kita dari bahasan-bahasan di media sosial. Oleh karenanya, media sosial merupakan satu wadah untuk kita mencari inspirasi untuk bahan konten blog. Tentunya dengan memilih dan memilah bahasan mana yang kira-kira mampu menarik perhatian pemirsa di media sosial. 

6.  Gunakan Fasilitas Google

Ada banyak sekali fasilitas google yang bisa kita manfaatkan. Misalakan saja dengan mencari trending topik atau pembahasan yang lagi panas-panasnya di dunia. Pembahasan tersebut bisa kita angkat menjadi sebuah bahan konten blog sehingga besar kemungkinan untuk blog kita muncul pada search engine. 

Nah, demikian sedikit bahasan sederhana mengenai bagaimana cara mencari inspirasi untuk konten blog. Sebenarnya masih banyak cara atau langkah-langkah untuk menemukan sebuah konten blog yang menarik. tergatung bagaimaa kita, apakah mau peka dengan sekitar ataukah kita hanya ikut arah angin saja. 

Terimakasih sudah bersedia membaca
Salam Literasi

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung