Istikharah dan Musyawarahkan Sebelum Memilih

Istikharah dan Musyawarah Sebelum memilih
"Tidak akan kecewa, tidak akan menyesal orang yang istikharah dan tidak akan kecewa orang yang bermusyawarah"

Sudah seharusnya kita melibatkan Allah dan orang-orang shalih ketika akan menentukan sebuah pilihan, apalagi jika pilihan itu akan menentukan bagaimana kita kedepannya. Segala sesuatu perlu ikhtiar dan tawakkal agar pilihan kita nantinya baik bagi kita, orang sekitar kita dan baik bagi agama tentunya. 

Memilih yang akan kita bahas disini mengenai memilih pasangan tentunya. Kenapa demikian? Jika diibaratkan pernikahan adalah ladang, maka bibitnya adalah mencari wanita atau lelaki terbaik untuk melahirkan anak-anak yang shalih dan shalihah. Dan islam mengajarkan pada kita bagaiman etika dalam memilih pasangan hidup, bukan hanya sekedar memilih juga mempertimbangkan segala kemungkinan-kemungkinan kedepannya. Islam memberikan solusi terbaik ketika kita hendak menentukan sebuah pilihan besar, yakni dengan jalan istikharah dan musyawarah. 

Dalam istikharah terdapat sebuah do'a seperti ini kurang lebih isinya
"Ya Allah, Sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta (lebih baik pula) akibatnya (di dunia dan akhirat), maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.
Dan sekiranya Engkau tahu sekiranya urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta lebih buruk pula akibatnya di dunia dan akhirat, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku dimana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya."

Dalam menentukan pasangan hidup tentu kita harus melibatkan Allah dan orang-orang shalih, agar senantiasa kita mendapatkan yang terbaik. Dan hanya Allah yang tahu mana yang terbaik untuk kita.
Baik menurut pandangan kita, tidak baik menurut Allah. dan yang kita inginkan belum tentu apa yang kita butuhkan, ketahuilah bahwa Allah selalu memberikan yag terbaik, memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Kita menginginkan kekuatan maka Allah kirimkan ujian dan cobaan untuk membuat kita kuat, karena ada sisi lain dari diri kita yang belum kita pahami. Maka lakukanlah istikharah dan musyawah sebelum menentukan pilihan.

Sekian sedikit pembahasan, semoga bisa bermanfaat
Terima Kasih

dan

Salam Literasi....

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @ilhamsadly, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung