√ Tips Aman Transaksi Dengan QRIS Bagi Konsumen Maupun Merchant - Ilhamsadli.com

Tips Aman Transaksi Dengan QRIS Bagi Konsumen Maupun Merchant

Ilhamsadli.com,- Transaksi keuangan dengan menggunakan QRIS nampaknya bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan, apalagi sekarang ini rata-rata merchant juga sudah menawarkan fasilitas untuk pembayaran menggunakan QRIS, sehingga konsumen bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Transaksi Dengan QRIS Bagi Konsumen Maupun Merchant

QRIS sendiri merupakan sebuah metode pembayaran yang sudah diatur oleh Bank Indonesia, dimana layanannya adalah dengan pemindaian sebuah kode yang sudah langsung terhubung dengan perbankan atau bank yang dimaksudkan tersebut.

Banyak manfaat yang juga akan dirasakan oleh masyarakat dengan adanya transaksi lewat layanan ini, baik itu bagi konsumen maupun merchant itu sendiri. Karena berbasis pemindaian sehingga transaksi menjadi lebih mudah, ditambah lagi dengan kemudahan yang ditawarkan, apalagi bagi para pelaku usaha.

Karena ketika transaksi dilakukan lewat QRIS maka nantinya uang akan langsung masuk ke rekening owner atau yang telah didaftarkan, bahkan ada catatan transaksinya juga, sehingga bisa dengan mudah dicek.

Sayangnya masih banyak yang meragukan mengenai keamanan transaksi dengan memakai QRIS, apalagi beberapa tahun belakangan ada banyak tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Seperti diantaranya adalah memalsukan kode dan sejenisnya yang tentu akan merugikan banyak pihak.

Waspadai hal tersebut, berikut diantaranya ada beberapa tips aman bertransaksi menggunakan QRIS, yaitu:

1. Pastikan bahwa lokasi pemasangan QRIS ini wajar, hal ini dapat meminimalisir resiko tindak kecurangan, lihat apakah memang terpasang di merchant bisnis tersebut, seperti diantaranya adalah dekat dengan kasir atau dekat dengan lokasi pemesanan atau pembelian barang. Hindari jika seandainya kode ini dipasang di tempat yang kurang wajar atau mencurigakan, bisa jadi ini adalah modus penipuan.

2. Pastikan bahwa nama tujuannya memang sudah sesuai, ketika Anda scan kemudian melakukan pembayaran, maka patut untuk dicek kembali, apakah nama tujuan yang dimaksudkan tersebut memang sudah sesuai ataukah belum. Karena rata-rata modus penipuan atau kecurangan dilakukan dengan mengganti kode QR dengan milik orang lain, hal ini pastinya sangat meresahkan bukan.

3. Cek kembali kesesuaian nominal transaksi yang dilakukan lewat QRIS, selain dengan melihat kesesuaian nama tujuan, maka yang tidak kalah penting adalah dengan mengecek nominal yang akan Anda bayarkan kepada merchant tersebut. Nilainya harus sesuai dengan jumlah total uang yang dibayarkan, jangan sampai kurang atau bahkan lebih. Inilah untungnya bertransaksi dengan QRIS, apalagi untuk Anda yang sedang ingin berhemat dan tidak mau menyumbangkan uang kembalian, karena jumlah dapat diatur benar-benar sama persis.

4. Jangan pernah memberikan informasi pribadi, untuk para pelaku usaha jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda kepada orang yang tidak dikenal, baik itu dalam bentuk KTP maupun yang lainnya, karena rentan disalahgunakan, termasuk untuk mengambil rekening QRIS juga bisa. Apalagi sekarang sudah banyak hacker yang canggih, hanya berbekal kode semacam ini dan data pribadi maka uang dapat digasak.

5. Penting bagi owner usaha untuk rutin melakukan inspeksi, yaitu dengan mengecek lagi kode yang ada di tempat usaha apakah memang sudah sesuai atau belum, begitu juga dengan pengecekan mutasi atau catatan pembayaran yang masuk ke rekening tujuan Anda. Karena bisa saja tindak kecurangan terjadi ketika Anda sebagai owner lengah. Untuk itu harus dilakukan inspeksi dadakan, apalagi jika sudah ada tanda-tanda kecurigaan.

6. Jangan sembarangan mengakses kode link, apalagi jika dikirim dari nomor yang tidak dikenal, karena sekarang modusnya sendiri juga banyak, mulai dari kirim paket, undangan pernikahan dan masih banyak lagi. Dimana link ini dibekali dengan virus didalamnya, sehingga bisa membobol data-data pribadi yang ada di dalam ponsel, termasuk diantaranya adalah yang berhubungan dengan data perbankan. Bisa saja nantinya seluruh uang Anda akan dibobol oleh oknum tersebut.

Mengajukan permintaan QRIS untuk usaha bisa dilakukan oleh para merchant BCA, pengajuannya mudah cukup dilakukan secara online melalui aplikasi Merchant BCA yang sudah ada. Dapatkan berbagai kemudahan transaksi dengan memakai QRIS ini.

Anda download aplikasi Merchant BCA melalui Playstore bagi pengguna Android, sedangkan pengguna iOS bisa mendapatkannya lewat Appstore

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Aman Transaksi Dengan QRIS Bagi Konsumen Maupun Merchant"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink