Ingin Gunakan Open Source ERP? Ketahui Dahulu Plus Minusnya

Ilhamsadli.com,- Open Source Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis terintegrasi, yang diprogram untuk membantu pengelolaan bisnis penggunanya. Perlu diketahui, bahwa ERP jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentu perlu diperhatikan sesuai dengan jenis bisnis Anda.

open source erp

Sebagai informasi, selain Open Source terdapat juga ERP jenis Close Source. ERP open source memiliki kode program yang pada dasarnya memang disediakan untuk umum. Sehingga pengguna dapat memelajari cara kerja software jenis ini. Sehingga, para pengguna dapat mengubah atau bahkan mengembangkan program dari software ini dan dapat dibagikan lagi secara luas.

Dalam penggunaannya, Anda pun harus memiliki staf Teknologi Informasi (TI) yang ahli dalam menjalankan segala program yang ada. Ini bertujuan agar sistem dapat berjalan dengan lancar. Berbeda, ERP close source hanya terdiri dari file binary saja. ERP close source juga dipublikasi, namun tanpa adanya akses untuk menggunakan sumber software jenis ini.

Selain itu, ERP Close Source memiliki lisensi atau hak cipta. Sehingga eksistensinya dapat terlindungi dari pembajakan atau upaya merugikan lainnya. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan ERP open source? Berikut penjelasan singkatnya.

Kelebihan Open Source Enterprise Resource Planning (ERP)

Adapun kelebihan Open Source Enterprise Resource Planning (ERP), di antaranya:

  • Hemat Biaya
  • Kesalahan Bugs atau Error Lebih Mudah Ditemukan serta Diperbaiki
  • Kualitas Produk Lebih Terjamin
  • Tersedia Masa Uji Coba Bagi Pengguna Umum

Kekurangan Open Source Enterprise Resource Planning (ERP)

Sedangkan kekurangan dari Close Source Enterprise Resource Planning (ERP), antara lain:

  • Pengoperasian Terbilang Cukup Sulit
  • Tingkat Keamanan Terbilang Rendah
  • Dukungan dari Pengembang Minim
  • Interface Software Kurang User Friendly

Software RedERP Indonesia Solusi Open Source ERP yang Aman dan Praktis

Setelah memahami pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun Open Source Enterprise Resource Planning (ERP) memberikan sejumlah keuntungan bagi penggunanya, seperti hemat biaya hingga kebebasan bagi para penggunanya untuk melakukan pengembangan.

Namun, ERP jenis ini juga memiliki beberapa kekurangan yang memang cukup vital bagi para penggunanya, seperti tingkat keamanan rendah, pengoperasian yang cukup sulit, hingga tampilan software kurang user friendly.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena, sekarang sudah tersedia layanan jasa ERP Open Source dengan keterjaminan keamanan dengan tingkat kesulitan pengoperasian yang sangat rendah.

Software ERP Indonesia adalah jawabannya. RedERP sendiri merupakan ERP Solution yang dihadirkan oleh PT Lawencon Internasional. Kehadiran software RedERP merupakan upaya membantu perusahaan untuk dapat mengintegrasikan, serta mengotomatisasikan setiap kegiatan operasional bisnis mereka menjadi satu sistem terpadu. Sehingga, efektivitas dan produktivitas perusahaan dapat meningkat.

Keamanan dari software RedERP juga sudah terjamin, sehingga para penggunanya tidak perlu khawatir. Tampilan hingga pengelolaan software RedERP juga sudah dimodifikasi semudah mungkin. Sehingga, pelanggan dapat dengan mudah mengoperasikan segala sistem yang tersedia, karena tampilan software RedERP sudah user friendly.

Software RedERP juga memiliki banyak sekali modul yang dapat menunjang kegiatan bisnis Anda dari berbagai sektor, mulai dari manufaktur, retail, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), e-commerce, perbankan, dan masih banyak lagi. Adapun modul-modul yang dapat Anda manfaatkan, antara lain Keuangan & Akuntansi, Persediaan dan Distribusi, Manajemen Pengadaan, Manufaktur & Produksi, Manajemen Aset, Manajemen Proyek, POS & Integrasi, serta Manajemen Penjualan & Pelanggan.

Setiap modul yang tersedia juga memiliki beragam fitur suportif dan multifungsi. Manfaat yang dapat diperoleh bisnis Anda melalui penggunaan modul-modul di atas, di antaranya pengoptimalan hasil produksi, manajemen inventaris yang mudah, perhitungan anggaran dengan tingkat akurasi tinggi, hingga meningkatnya rasio retensi pelanggan.

Demikian pembahasan tentang aplikasi ERP open source. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang aplikasi ini, Anda bisa cek di sini.

Referensi:

https://www.erpfocus.com/five-steps-to-selecting-the-perfect-open-source-erp.html https://www.betterbuys.com/erp/open-source-erp/
https://www.marello.com/2017/10/19/benefits-open-source-erp/
https://www.google.com/amp/s/blog.nbs-us.com/open-source-erp-systems-for-small-business-pros-and-cons%3fhs_amp=true
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Gunakan Open Source ERP? Ketahui Dahulu Plus Minusnya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink