Bayi Nyaman Tanpa Ruam Popok, Liburan Keluarga Jadi Aman

Ilhamsadli.com,- Liburan keluarga adalah impian semua bunda karena menjadi momen yang jarang, liburan menjadi momen untuk sedikit rehat dari pekerjaan rumah. Ekspektasinya begitu, namun pada akhirnya sama saja ketika sudah punya anak, apalagi jika anaknya lebih dekat dengan bundanya. Pasti sering melihat video tentang bagaimana cowok dan cewek ketika bepergian, terutama ketika sudah memiliki anak bayi.

cara mencegah ruam popok pada bayi

Kalau udah ada bayi, tas bawaan pasti makin banyak. Sebelum ada bayi, biasanya hanya satu ransel untuk berdua cukup, setelah ada bayi maka bisa 2 tas lebih. Bahkan perlengkapan bayi saja bisa satu tas penuh, mulai dari baju, mainan hingga popoknya. Dan yang paling ditakutkan seorang bunda ketika melakukan perjalanan bersama bayinya adalah bayinya rewel. Salah satu sebab bayi rewel menurut pengalaman banyak bunda dan mendengar dari obrolan emak-emak adalah ruam popok.

Cara Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Karena aku dan istri masih ke tahap mempersiapkan untuk memiliki momongan, jadinya sebagai bakal calon bapak aku harus belajar banyak. Kalau sebelum menikah, melihat bayi yang rewel selalu beranggapan bahwa bunda atau ayahnya tidak hebat dalam menenangkan anaknya. Kemudian setelah menikah pola pikir menjadi berubah, melihat bayi menangis maka yang ada dalam otak adalah bagaimana cara menenangkannya, apa penyebabnya, dan seterusnya.

Akhirnya mencoba browsing apa penyebab bayi rewel hingga tips mencegah bayi rewel ketika dibawa perjalanan. Sampai di satu titik yang namanya tahu tentang ruam popok.

Dikutip dari Halodoc, ruam popok adalah peradangan pada kulit bayi yang disebabkan oleh kondisi lembap popok yang menutupi kulit. Kabarnya disebabkan akibat kurangnya sirkulasi udara ketika kondisi lembap kulit karena terkenda paparan pipis atau pupnya bayi. Sebenarnya ada beberapa cara mencegah ruam popok bayi, diantaranya adalah memastikan tangan bersih ketika menyentuh kulit bayi.

Kedua adalah rutin mengecek popok si kecil dan segera menggantinya jika sudah penuh. Ketiga adalah pastikan ukuran popok agar tidak terlalu ketat saat digunakan bayi dan terakhir menghindari penggunaan benda dengan kandungan alkohol serta pewangi pada kulit sensitif anak. Tapi dari semua cara mencegah ruam popok tersebut, satu catatan pentingnya adalah dengan selektif memilih popok.

dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan bahwa, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Kalau diperhatikan dengan seksama, bisa dipastikan bahwa penting sekali untuk selektif memilih popok, apalagi jika sering melakukan perjalanan bersama keluarga. Keliru memilih popok untuk bayi, bisa berakibat tidak aman untuk perjalanan keluarga. Untuk persoalan popok (diapers), kayaknya MAKUKU Diapers adalah pilihan terbaik untuk bayi kesayangan.

Alasan Kenapa MAKUKU Adalah Pilihan Terbaik untuk Anak

Ketika bayi mengalami ruam popok, jangan asal melakukan tindakan karena ditakutkan terjadi iritasi atau salah mengambil tindakan. Sebelum melakukan tindakan, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Apalagi untuk para bunda baru, biasanya belum tahu bagaimana cara untuk melakukan tindakan, kebanyakan mungkin akan belajar dari artikel-artikel. Namun alangkah baiknya jika melakukan konsultasi terlebih dahulu.

MAKUKU SAP Diapers Slim

Sebelum membahas mengenai kelebihan MAKUKU SAP Diapers Slim, ada info penting dari tim MAKUKU Official. Ini adalah kabar penting sekaligus kabar baik untuk para bunda-bunda, karena MAKUKU memfasilitasi para bunda untuk untuk bisa konsultasi dokter gratis. Latar belakang hadirnya ide ini karena kemudahan mengakses informasi tentang kesehatan ibu dan anak namun belum diketahui kebenarannya. Sehingga MAKUKU bersama 10 rumah sakit menghadirkan konsultasi ibu dan anak bayi di 10 kota besar Indonesia.

Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini dilaksanakan demi mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan memberikan konsultasi gratis. Dengan adanya kolaborasi ini, para bunda bisa tanya dokter gratis ke para dokter spesialis anak serta spesialis kulit. Menjadi penting, karena tidak hanya mendapatkan konsultasi gratis saja, melainkan dibagikan popok gratis kepada para bunda yang datang untuk konsultasi.

10 rumah sakit yang berkolaborasi dengan MAKUKU untuk memberikan layanan tanya dokter gratis dan tersebar di 10 kota besar di Indonesia adalah RS St. Carolus di Jakarta, RSIA Bina Medika di Tangerang, RS Lira Medika di Karawang, RS Hermina Pasteur di Bandung, RS Hermina Pandanaran di Semarang, RSIA Putri di Surabaya, RS Mitra Medika Premiere di Medan, RSIA Azzahra di Palembang, RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung, dan RSIA Ananda di Makassar.

Beberapa alasan MAKUKU SAP Diapers Slim hingga kelebihannya sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk anak kesayangan.

Anti Gumpal

Produk MAKUKU menggunakan Inti Struktur SAP. Setelah uji simulasi getaran, dapat mempertahankan struktur aslinya. Untuk SAP sendiri adalah polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan lebih maksimal. Karena MAKUKU SAP Diapers Slim tidak menggumpal, bisa membuat bayi lebih nyaman. Penyerapannya merata sehingga mampu mengurangi kebocoran, dan penyebaran yang cepat serta mempunyai penyerapan tinggi.

Kekurangan dari popok yang menggumpal adalah penyerapannya hanya di satu titik saja sehingga permukaan menjadi lembap dan basah. Sehingga permukaan popok yang lembab membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam berkembang biak, dan para pakar menyarankan menggunakan popok dengan daya serap dan anti gumpal seperti MAKUKU SAP Diapers Slim.

Mengunci Cairan dengan Baik

Banyak sekali bunda yang mengeluhkan kebocoran popol karena keliru memilih popok bayi. Kemarin sempat aku pribadi menguji kecepatan daya serapnya dengan menggunakan air, dan ternyata cukup cepat keringnya. Hanya hitungan beberapa detik saja sudah bisa kering di permukaan popok serta ketika ditempelkan tisu ternyata sudah tidak berbekas. Struktur SAP dalam MAKUKU popok ini membantu mengunci cairan yang masuk sehingga permukaan popok tidak basah atau bocor.

Tipis dan Ringan hanya 1.6mm

Pasti sering lihat bayi atau balita yang celananya ngembang karena popoknya tebal. Selain tebal juga lumayan berat sehingga banyak anak kecil / bayi pada masa itu tidak suka menggunakan popok. Sebuah fakta mengatakan bahwa popok yang tebal bisa menjadi kemungkinan terhambatnya perkembangan bayi, karena pantan bayi terganjal serta berat pada popok yang digunakan. Dengan MAKUKU diapers ini maka anak bayi bisa lebih nyaman beraktivitas.

Struktunya 3D sehingga mengurangi kontak langsung dengan kulit

Karena salah satu penyebab ruam popok terjadi pada bayi adalah kontak langsung popok yang lembab dengan kulit, maka dengan struktur 3D dari MAKUKU SAP Diapers Slim bisa membantu mengurangi kontak serta gesekan langsung. Hal ini tentunya berguna untuk memberikan adanya sirkulasi udara sehingga mengurangi juga resiko lembab popok.

Memiliki Permukaan Rongga udara sehingga ada sirkulasi 2 arah

Karena popok digunakan untuk bagian dalam tubuh bayi, maka bisa dipastikan membutuhkan sirkulasi agar bagian dalam popok tidak lembab. Jika diperhatikan atau dizoom, maka ada permukaan rongga udara di popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini. Dengan adanya rongga inilah yang membantu mengurangi panas dan lembab sehingga ruam popok pada kulit bayi bisa dicegah.

Ada Indikator Urin

Ketika memperhatikan desain dari MAKUKU SAP Diapers Slim ini, sempat bertanya-tanya apa maksud adanya garis kuning di bagian luar. Setelah membaca detail tentang produknya di kemasan, akhirnya tahu bahwa garis itu merupakan indikator urin. Memudahkan para bunda atau para ayah untuk cek apakah popok sudah penuh atau bagaimana, karena indikator kuning berubah menjadi biru apabila kondisi popok sudah penuh.

Anti Bocor Samping

Bisa dipastikan bahwa kemungkinan terjadinya bocor samping pada MAKUKU ini minim. Kenapa demikian? Desain dari MAKUKU Diapers pada bagian inti yang digunakan untuk menyerap tidak hanya berada di tengah melainkan juga ada di samping. Sehingga pastinya ini membantu membuat popok lebih cepat kering serta kemungkinan bocor sampingnya kecil.

Sekilas Tentang MAKUKU

MAKUKU berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia.

MAKUKU Diapers

MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

Banyak popok bayi di luar sana yang masih menggunakan struktur Pulp. Berbeda dengan SAP yang merupakan polymer hidropohilik dengan kemampuan menyerap lebih cepat, Pulp sendiri biasanya akan membuat bagian popok menjadi menggumpal karena berbahan dasar serat kayu untuk membuat kertas. Produk MAKUKU ini memiliki dua tipe yaitu tipe perekat dan tipe celana. Secara umum kemasan dan bentuknya memang berbeda, tapi fungsi dan kekuatan penyerapannya sama.

Bayi Nyaman Tanpa Ruam Popok, Liburan Keluarga Jadi Aman

Secara umum, MAKUKU SAP Diapers terdiri dari 3 lapisan:

Lapisan pertama: lapisan permukaan non woven, menggunakan permukaan 3D. Keunikan: desain benjolan, mempunyai sirkulasi popok yang baik, mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi, secara efektif melindungi kulit bayi;

Lapisan kedua: lapisan inti struktur SAP. Keunikan: 5 lapisan inti struktur, meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan.Menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan

Lapisan ketiga: lapisan bawah anti bocor + kain non-woven. Keunikan : Sirkulasi udara yang baik serta lembut

MAKUKU sendiri sebagai pelopor popok dengan inti struktur SAP menghadirkan beberapa tipe diantaranya SAP Diapers Pro Care, SAP Diapers Slim, SAP Diapers Comfort dan SAP Diapers Balance Care. Tersedia ukuran NB (newborn), S, dan M untuk tipe perekat dan ukuran M, L, XL, dan XXL untuk tipe celana. Untuk harganya sendiri berkisar mulai dari 36.000 rupiah hingga 237.000 rupiah. Untuk pembeliannya sudah tersedia di swalayan dan e-commerce kesayangan.

MAKUKU SAP Diapers slim

Cara Memakai dan Melepas MAKUKU SAP Diapers Slim

Cara memakai dan melepas MAKUKU SAP Diapers Slim ini memang penting untuk diketahui, khususnya untuk para calon ayah biar gak kena omel para bunda ketika dimintai tolong.

Cara memakaikan popok pada bayi adalah pastikan dengan tanda “front” berada di depan, kemudian tarik ke atas hingga ke perut bayi, dan terakhir adalah rapikan bagian samping popok agar tidak ada kebocoran samping. Untuk cara melepasnya sendiri, cukup dengan sobek bagian samping popok kemudian buang kotoran bayi ke dalam toilet, gulung popok dengan bagian kotor di dalam, gunakan tape pembuang untuk menggulung dan buang dalam tempat sampah.

Bagaimana para ayah? Mudah bukan untuk dilakukan? Sudah siap buat membantu para bunda melakukannya? Aku sih Yes.

Apa Kata Mereka Tentang MAKUKU SAP Diapers Slim?

Dua orang momfluencer memberikan bagaimana pendapat mereka tentang produk dari MAKUKU ini, diantaranya ada bunda Talita Craustita dan Bunda Sri Margaretha C Sagala.

Momfluencer, Talita Crustita mengatakan, "Saya sudah cukup lama menggunakan popok MAKUKU. Apalagi saat ini setelah kapasitas popok dan kualitasnya ditingkatkan, saya merasa semakin cocok menggunakan popok MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort.”

Momfluencer, Sri Margaretha C Sagala mengatakan, "Sebagai pengguna baru, saya merasa popok MAKUKU SAP Diapers Slim dan MAKUKU SAP Diapers Comfort berbeda dengan popok lainnya. MAKUKU memiliki daya serap yang tinggi dan tidak menyebabkan gumpalan pada popok.”

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Bayi Nyaman Tanpa Ruam Popok, Liburan Keluarga Jadi Aman"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink