√ Kumpulan Resep Masakan Sederhana dan Lezat Tanpa MSG - Ilhamsadli.com

Kumpulan Resep Masakan Sederhana dan Lezat Tanpa MSG

Ilhamsadli.com,- Beberapa bulan terakhir sering sekali mencoba beberapa resep masakan sederhana tanpa MSG (monosodium glutamate), sampai akhirnya semua explore instagram dan Tiktok berisi resep semua. Jadinya ingin mencoba sendiri resep yang terkumpul dari beberapa resep dari media sosial tersebut. Kenapa memilih tanpa MSG? Jawabannya hanyalah ingin mengurangi konsumsi MSG saja, dan buktinya makanan tanpa MSG juga bisa terasa lezat. 

Kumpulan Resep Makanan Enak Tanpa MSG

Untuk yang belum tahu MSG atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan istilah micin, padahal micin pada dasarnya adalah merk. Tapi okelah, kita tidak akan bahas itu, karena MSG itu sebenarnya merupakan bumbu penyedap masakan yang berasal dari asam glutamat sehingga memberikan rasa gurih dan lebih enak pada masakan.

Akan tetapi, penggunaan MSG secara berlebihan ternyata berdampak kurang baik untuk kesehatan terutama bagi anak-anak. Maka butuh sebuah trik atau minimal kumpulan resep masakan sederhana dan lezat tanpa MSG agar tetap bisa mengonsumsi makanan enak dan lezat tanpa penambahan MSG.Berikut ini adalah kumpulan resep masakan sederhana tanpa MSG versi ilhamsadli.com.

Resep Ayam Crispy Sambal Matah Tanpa MSG

Pernah gak sih, pesan makanan online yang keterangannya adalah ayam geprek sambal matah tapi tidak digeprek? Ya, kalau saya pribadi sering menemukannya, maka nampaknya sebenarnya dari nama makanan itu adalah Ayam Crispy Sambal Matah. Kombinasi antara ayam crispy dan sambal matah cukup oke karena rasanya menjadi semakin enak ketika dimakan dengan nasi hangat.

Oh ya, setelah mencari beberapa resepnya, akhirnya menemukan satu resep yang menurut saya unik.

Bahan - Bahan Yang Diperlukan

  • 1 buah dada ayam fillet (tanpa kulit), cuci bersih dan marinasi dengan air jeruk nipis
  • 2 bungkus Kobe Tepung Bumbu Serbaguna Premium tanpa MSG
  • 120 ml air
  • minyak goreng secukupnya saja
  • cabe rawit sesuai selera (jika suka pedas bisa di atas 20 buah)
  • 10 siung bawang merah
  • 1 buah tomat (bersihkan isinya)
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Langkah - langkah membuat Ayam Crispy Sambal Matah

  • campurkan 1 bungkus kobe tepung serbaguna premium non msg dengan air kemudian aduk hingga merata
  • rendam ayam fillet tadi ke dalam adonan basah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian sisihkan jika sudah
  • gulirkan ayam yang sudah direndam ke dalam sisa tepung kobe yang tidak diberi air tujuannya agar membentuk crispy
  • siapkan minyak panas dan goreng ayam yang sudah dibaluri tepung ke dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan, jika sudah maka angkat
  • untuk sambal matahnya, potong cabe rawit, bawang merah dan tomat (bisa juga diulek kasar)
  • tambahkan perasan air jeruk nipis, gula dan garam, kemudian aduk hingga merata
  • tuangkan di atas ayam crispy tadi dan makanan siap dihidangkan.

Resep Ayam Geprek Sambal Korek

Untuk membuat ayam geprek sambal korek, tentunya dengan masih mengedepankan resep masakan lezat tanpa MSG bisa mencoba untuk membuat ayam geprek sambal korek yang spesial. Simak resep berikut ini sampai akhir untuk bisa menikmati hidangan enak dan lezat tanpa MSG.

Bahan Bahan yang Diperlukan

Bahan untuk Ayam Geprek

Untuk membuat ayam gepreknya ini sebenarnya tidak jauh beda dengan resep sebelumnya, hanya saja mungkin ini akan sedikit menarik karena menggunakan 200 gram fillet ayam yang diiris tipis dan melebar. Kemudian siapkan juga 1 bungkus tepung kobe serbaguna (bisa yang 210 gr); sekitar 12 sendok air sebagai campuran adonan dan 1 sendok untuk tepung tumisan serta pastinya minyak goreng.

Bahan Untuk Sambal Korek

Untuk membuat sambal korek, cukup dengan menyiapkan 15 buah cabe rawit atau bisa dilebihkan jika suka pedas atau dikurangi jika tidak suka pedas, kemudian 3 siung bawah merah dan 2 siung bawang putih, 1 sendok makan saus tiram dan gula serta garam secukupnya.

Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Korek

Ayam yang sudah dicuci bersih tadi marinasi dengan air perasan jeruk nipis, kemudian campurkan 3 sendok makan tepung kobe serbaguna premium non msg dengan 12 sendik air atau secukupnya saja. Setelah siap kemudian masukan ayam tersebut dalam adonan basah kemudian lanjutkan dengan melumuri di tepung yang tidak tercampur air. Jika sudah maka goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan kemudian angkat.

Untuk sambalnya sendiri, bisa mengiris cabe rawit yang sudah disiapkan. campurkan dengan bawang merah dan bawang putih yang juga sudah diiris tipis lalu tumis hingga harum. Tambahkan saus tiram dan masak sebentar hingga dirasa matang. Jika sudah maka tuang sambal ke dalam cobek lalu ulek bersama ayam dan ayam geprek sambal korek siap dinikmati.

Resep Ayam Crispy Enak Dengan Adonan Kering

Ayam crispy buat yang belum tahu biasanya dibuat dengan dua jenis adonan yaitu adonan basah dan adonan kering. Nah, tapi di artikel kali ini akan mencoba resep dengan adonan kering saja.. Oh ya, sebelumnya siapkan dahulu tepung kobe serbaguna premium 200 gram dan 1.5 kg ayam, minyak goreng secukupnya.

Karena adonannya menggunakan adonan kering, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasaknya. Untuk membuat ayam goreng enak cukup siapkan saja dahulu ayamnya dan sudah dipotong potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Jika sudah maka siapkan tepungnya di dalam wadah untuk melumuri ayamnya nanti.

Jika sudah siap maka lumuri ayam dengan tepung kobe serbaguna sambil mencubit ringan si daging ayam, tujuannya adalah agar tepungnya bisa meresap dengan sempurna sehingga rasa ayamnya akan jadi lebih gurih. Langkah selanjutnya adalah siapkan saja minyak goreng panas sampai ayam berwarna kuning keemasan. Jika sudah maka angkat kemudian sajikan sesuai selera.

Kenapa Harus Menggunakan Tepung Kobe Serbaguna?

Jika diperhatikan, dalam kumpulan 3 resep memasak ayam non MSG barusan semua tepung yang digunakan adalah tepung kobe serbaguna premium non MSG. Alasan kenapa memilih tepung ini tentunya beragam, namun beberapa catatan penting yang menjadi perhatian adalah sebagai berikut

Tepung Yang Disediakan adalah Non MSG

Karena resep kali ini tanpa menggunakan MSG maka cocok sekali menggunakan tepung kobe premium ini karena tidak mengandung MSG. Selain itu terdapat juga berbagai vitamin sehingga pemenuhan nutrisi seperti vitamin B2, B9, zat besi, Zinc dan Kalsium terpadu menjadi satu kemasan.

Terbuat dari Rempah Asli Pilihan

Kobe Tepung Serbaguna Premium terbuat dari rempah asli pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih yang diproses secara modern. Cita rasa gorengan menjadi lezat berbumbu dengan tekstur yang renyah dan aroma yang harum menggoda. Praktis digunakan untuk membuat hidangan sehari-hari khas Nusantara serta cocok untuk membuat aneka kreasi gorengan dari ayam, hidangan laut, tahu, tempe dan lain sebagainya.

Mudah Ditemukan

Untuk Tepung kobe serbaguna premium ini bisa dibeli di warung atau minimarket terdekat. Namun jika kamu adalah tipe orang yang suka belanja dari rumah, kini semakin mudah karena bisa membelinya di official store Kobe di Shopee ataupun Tokopedia.

Nah, itulah tadi kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG. bagaimana? Sudah siap berkreasi masakan sederhana dan lezat tanpa MSG? Jika iya, coba tulis di kolom komentar kreasi apa yang akan dibuat jika membeli produk Tepung Kobe Serbaguna Premium Tanpa MSG ini?

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Resep Masakan Sederhana dan Lezat Tanpa MSG"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink