Rekomendasi Kuliner Khas Malaysia Wajib Kamu Coba

Ilhamsadli.com,- Malaysia adalah salah satu negara tetangga yang memiliki beragam destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika kamu ingin liburan ke luar negeri. Berbicara soal liburan, selain berburu tempat-tempat wisata terpopuler tentunya kamu juga wajib berburu kuliner khas disana. Sangat menyenangkan untuk mencicipi kuliner khas tiap daerah ketika liburan karena setiap daerah selalu memiliki citarasa yang khas.

Rasanya takkan lengkap jika pergi liburan tanpa mencoba kuliner khas daerah tersebut. Jika kamu liburan ke Malaysia, kamu wajib untuk mendatangi berbagai destinasi kuliner yang menjajakan kuliner khas Malaysia, seperti Petaling Street Night Market dan Jalan Alor. Di sana terdapat berbagai kuliner khas Malaysia yang wajib kamu coba ketika berada di Malaysia.

Kuliner Khas Malaysia

Penasaran dengan kuliner-kuliner khas Negeri Jiran tersebut? Segera rencanakan liburanmu ke Malaysia dan booking tiket Garuda Indonesia melalui aplikasi Traveloka. Selain tiket pesawat, kamu bisa memesan tiket untuk kereta bandara, dan akomodasi liburan lainnya di Traveloka.

Berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Malaysia yang wajib kamu cicipi dan tak boleh terlewatkan ketika sedang liburan di Malaysia. Simak ulasan selengkapnya!

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak merupakan kuliner khas Malaysia yang paling tidak boleh terlewatkan ketika sedang berkunjung ke Malaysia. Bahkan, nasi lemak sudah dianggap sebagai hidangan nasional Malaysia.

Nasi lemak ini adalah makanan khas suku Melayu, menyajikan nasi yang dimasak dengan santan kelapa dengan bumbu pedas. Nasi lemak biasanya disajikan bersama lauk pauk yang super lengkap, seperti telur, teri goreng, ikan bilis, kacang goreng, sate, sambal, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Soal rasa, kamu tak perlu meragukannya lagi. Nasi lemak ini memiliki citarasa yang sangat khas dan lezat tentunya.

2. Char Koay Teow

Kuliner yang satu ini hampir mirip dengan kwetiau goreng. Hanya saja, Char Koay Teow lebih banyak membutuhkan bahan-bahan tambahan lainnya. Char Koay Teow merupakan salah satu kuliner yang populer di daerah Penang.

Kuliner ini menyajikan olahan mie atau kwetiau yang dimasak dengan campuran saus kedelai, yang dicampur dengan berbagai lauk seperti udang, kerang, ayam atau bebek, sosis, telur, tauge, dan sedikit cabai. Jika kamu mengunjungi Kuala Lumpur dan Penang, kamu akan mudah menemukan kuliner yang satu ini karena Char Koay Teow banyak dijual di daerah tersebut.

3. Ayam Percik

Salah satu masakan khas Melayu yang banyak digemari oleh pendatang adalah ayam percik. Ayam percik merupakan masakan yang mengolah ayam dengan cara direndam di dalam bumbu dan rempah khas masakan tersebut.

Setelah direndam dalam bumbu, tahap selanjutnya ada dua cara, yaitu ayam bisa dipanggang ataupun digoreng. Hal yang menjadikan ayam percik ini sangat terlihat unik adalah ayam yang sedang dipanggang akan diberi bumbu dengan cara dipercik. Itulah mengapa nama dari kuliner khas Melayu yang satu ini adalah ayam percik, karena diambil dari cara memasaknya itu sendiri.

4. Nasi Kerabu

Nasi Kerabu merupakan salah satu kuliner khas Negeri Jiran yang populer dan banyak diburu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kerabu bisa diartikan sebagai campuran dedaunan mentah. Daya tarik kuliner yang satu ini adalah keunikannya karena nasinya tidak terlihat seperti biasanya yang berwarna putih, nasi kerabu memiliki warna kebiruan.

Biru ini didapatkan oleh proses masak yang menggunakan kelopak bunga telang kering, jadi kamu tidak perlu khawatir rasanya tidak akan aneh dan biru tersebut bukan berarti nasinya tidak layak dimakan. Bahkan nasi kerabu ini memiliki aroma yang harum akan rempah-rempah.

Nasi kerabu biasanya disajikan dengan berbagai lauk pendamping seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan kering, telur asin, kerupuk, dan sayur-sayuran. Jika kamu berkunjung ke Malaysia, pastikan kamu untuk mencoba kuliner khas yang satu ini.

5. Ayam Pongteh

Satu lagi kuliner khas Malaysia yaitu ayam pongteh, masakan yang mencampurkan potongan daging ayam, kentang dan jamur shiitake yang dicampur ke dalam kuah tauco. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, begitu lezat dan gurih.

Terutama di kuahnya yang mencampurkan tauco ketika dimasak. Sekilas kamu akan melihat hidangan ini mirip dengan semur ayam, bedanya adalah ayam pongteh menggunakan kuah dengan penggunaan tauco ketika dimasak.

Cita rasanya yang khas terutama pada komponen yang terdapat di masakan ini, dicampur dengan kuah tauconya. Penasaran dengan rasanya? Kamu wajib untuk mencobanya ketika berada di Malaysia.

6. Kek Lapis Sarawak

Di Indonesia, kamu pasti pernah mencoba kue lapis yang mudah ditemukan di toko-toko kue ataupun di jajanan pasar tradisional. Namun, kamu wajib mengenali kuliner khas Malaysia yang satu ini.

Tampilannya seperti kue lapis pada umumnya, namun yang satu ini lebih unik karena memiliki motif yang beragam. Sangat unik dan menarik, motifnya terlihat lebih rumit dibandingkan kue lapis yang biasa ditemukan dengan motif yang sederhana saja.

Motif yang rumit dan unik ini membuat tampilan semakin menarik dan semua orang pasti penasaran dengan rasanya. Sesuai dengan namanya, Kek lapis Sarawak ini berasal dari daerah Sarawak. Biasanya akan disajikan pada perayaan besar seperti idul fitri, natal dan deepavali.

Itu dia 6 rekomendasi kuliner khas Malaysia yang wajib kamu coba. Penasaran dengan citarasa kuliner khas Negeri Jiran ini? Segera persiapkan dan rencanakan liburanmu dengan cara yang praktis dan mudah melalui Traveloka!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Kuliner Khas Malaysia Wajib Kamu Coba"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink