√ Kenali 3 Dampak yang Bisa Terjadi Jika Salah Memilih Cloud Service - Ilhamsadli.com

Kenali 3 Dampak yang Bisa Terjadi Jika Salah Memilih Cloud Service

Ilhamsadli.com,- Tak dapat dimungkiri bahwa kehadiran teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengelolaan data perusahaan. Salah satu teknologi tersebut adalah cloud service yang membuat banyak pekerjaan menjadi lebih ringkas dengan biaya penggunaan yang relatif terjangkau. Di era digital seperti sekarang ini, cloud termasuk kebutuhan penting yang sebaiknya Anda manfaatkan dalam bisnis.

Memilih Cloud Service

Dengan adanya tren Work From Home atau Hybrid yang mulai banyak diterapkan oleh perusahaan, sistem cloud pun menjadi semakin banyak dilirik. Melihat situasi terkini, tak heran jika akses data yang cepat dan mudah menjadi kebutuhan yang harus dipahami dan dipenuhi oleh perusahaan.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan cloud, penting bagi Anda untuk memilih jasa penyedia layanan yang tepat. Kenapa hal ini sangat penting? Karena jika salah memilih penyedia cloud service, akan ada banyak kerugian yang bisa terjadi pada perusahaan. Berikut adalah beberapa dampak yang terjadi jika Anda salah memilih penyedia layanan cloud. Simak selengkapnya di bawah ini.

Rahasia perusahaan

Ketika menggunakan layanan cloud, data dan informasi perusahaan akan tersimpan dalam satu tempat yang disediakan oleh penyedia. Pada tahap ini, sebagai pengguna, Anda harus memahami apakah data dan informasi yang disimpan benar-benar aman atau tidak.

Jangan sampai Anda salah dalam memilih penyedia layanan cloud agar data dan informasi sensitif perusahaan tidak bocor atau disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika hal tersebut terjadi, tentu perusahaan akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lebih baik Anda melakukan riset mendalam untuk memahami penyedia layanan cloud yang akan dipilih.

Keamanan data

Jika sudah menemukan penyedia yang terpercaya, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan dan memahami sistem keamanan data yang diberikan. Sebagai konsumen, Anda pun harus mengetahui lokasi data dan teknologi yang digunakan oleh pihak penyedia.

Apalagi di tengah tren digitalisasi yang serba terbuka seperti saat ini. Ada banyak pihak yang ingin mendapatkan data secara cuma-cuma dan memanfaatkannya untuk tujuan yang tidak baik. Jika beberapa sistem diserang dan disusupi, sistem keamanan dari penyedia cloud harus bisa mempertahankan data dan informasi penting agar terhindar dari permasalahan yang tidak diinginkan.

Aspek kontrol dan visibilitas

Pada dasarnya, perusahaan memanfaatkan layanan cloud agar data bisa diakses dan digunakan oleh karyawan dengan mudah dan praktis. Biasanya, ketika mengakses data di cloud, tidak akan ada yang tahu. Itulah mengapa, perlu kontrol yang dilakukan oleh perusahaan agar data dan informasi tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh karyawan.

Perlu ada batasan yang harus ditetapkan. Jangan sampai perusahaan mengalami kerugian akibat perbuatan yang dilakukan pihak internal. Pastikan Anda mencari penyedia layanan cloud yang mampu membatasi penggunaan, namun tetap mempertahankan akses yang mudah dan praktis.

Jika Anda sedang mencari perusahaan cloud, info layanan cloud neuCentrIX bisa menjadi pilihan terbaik. Penyedia layanan cloud yang satu ini telah teruji dan memiliki beberapa klien besar. Tak hanya itu, neuCentrIX memiliki keamanan data yang terpercaya untuk berbagai keperluan bisnis yang Anda inginkan.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Kenali 3 Dampak yang Bisa Terjadi Jika Salah Memilih Cloud Service"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink