Tips Mengoptimalkan Manajemen Aset Agar Efisiensi Bisnis Meningkat

Ilhamsadli.com,- Apapun aset yang perusahaan Anda miliki, mengelolanya jadi tugas yang cukup sulit terlebih jika jumlahnya banyak. Karena aset merupakan sesuatu yang berharga bagi perusahaan dalam menunjang proses aktivitas bisnis.

Untuk itu aset harus dikelola dengan baik sehingga hasilnya akan memberikan manfaat yang maksimal. Aset sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni aset fisik, keuangan, sumber daya manusia, informasi, dan aset tidak berwujud.

Tips Mengoptimalkan Manajemen Aset

Dalam mengelola aset perusahaan, sangat mungkin untuk dilakukan lebih mudah dan sederhana dengan software manajemen aset.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tips mengoptimalkan manajemen aset untuk dapat meningkatkan efisiensi bisnis di perusahaan Anda.

Ketahui Apa Saja Aset Perusahaan

Tidak sedikit perusahaan yang menganggap bahwa manajemen aset itu penting dilakukan dan terkesan berjalan asal-asalan. Sehingga aset yang ada dalam perusahaan tidak terdata dengan baik. Padahal, mengelola aset sangat penting untuk mengetahui berapa banyak aset yang dimiliki guna memaksimalkan aktivitas bisnis perusahaan.

Memahami Siklus Hidup Aset

Jika Anda dapat memahami siklus hidup aset di perusahaan, itu akan memudahkan Anda untuk menentukan kapan waktunya melakukan perawatan atau penggantian. Anda sudah pasti bisa mengetahuinya dengan jelas kapan aset tersebut dibeli dan sudah tidak berfungsi lagi. Sehingga Anda bisa memperkirakan berapa lama jangka waktu dari pemakaian masing-masing aset tersebut.

Cek Rutin Aset Secara Berkala

Setiap perusahaan pasti memiliki aset, tetapi apabila tidak dilakukan pengecekan secara berkala perusahaan akan rugi secara finansial. Sebab, Anda akan dibebani dengan pembayaran pajak, asuransi, pembelian, dan pemeliharaan aset yang sebetulnya tidak perlu. Bahkan Anda harus membayar pajak untuk aset yang ternyata sudah terdepresiasi atau tidak ada lagi wujudnya. Anda pun jadi kerepotan untuk memenuhi permintaan pelanggan atau klien Anda dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui berapa jumlah aset yang dimiliki dan tertera di pembukuan perusahaan.

Kurang Mengetahui Depresiasi Aset dengan Baik

Mengetahui dan memahami penyusutan atau depresiasi aset perusahaan sangat penting. Alasannya Anda dapat mengetahui secara pasti alat-alat yang sudah mulai usang dan tidak boleh digunakan lagi sehingga Anda bisa memprediksi kapan waktu terbaik untuk membeli peralatan atau barang-barang yang baru. Dengan begitu produktivitas perusahaan dapat terjaga.

Kurang Baiknya Manajemen Risiko

Walaupun manajemen aset berjalan dengan baik, tetapi perusahaan tidak memiliki manajemen risiko maka sangat sulit menangani permasalahan yang mendesak. Manajemen risiko terhadap aset bisa dilakukan dengan pemeriksaan, identifikasi, dan mengeksekusi manajemen serta mengontrol aset.

Manajemen Aset Otomatis Untuk Solusi

Mengelola aset bukan perkara mudah, butuh waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Jika perusahaan Anda masih melakukannya dengan cara manual, maka rasanya besarnya biaya dan tenaga yang dikeluarkan hasilnya kurang sepadan. Untuk lebih mengoptimalkan manajemen aset dan membuatnya jadi efisien, sebaiknya Anda menggunakan software asset management dari RedERP. Fitur-fitur yang dimiliki perangkat lunak ini membantu mendigitalisasi proses manajemen aset perusahaan Anda. Mulai dari pengawasan aset, pengecekan penyusutan aset, melakukan jadwal pemeliharaan, menganalisis biaya, hingga pembuatan laporan aset lengkap dalam satu sistem yang terintegrasi dan akurat.

Apabila seluruh proses tersebut dapat diotomatiskan tugas-tugasnya tentu akan sangat membantu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas perusahaan.

Dengan manajemen aset yang baik secara tidak langsung membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik. Apalagi jika ada rencana proyek-proyek besar yang ingin dijalankan perusahaan, maka seluruh aset yang dimiliki perusahaan selalu siap untuk digunakan.

Jika pengelolaan aset Anda berjalan dengan baik dan lancar, maka Anda bisa fokus untuk merencanakan project scope management. Anda dan tim siap untuk menjalankan sebuah proyek besar sehingga selesai tepat waktu.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengoptimalkan Manajemen Aset Agar Efisiensi Bisnis Meningkat"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink