Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak? Gimana Sih Caranya?

Ilhamsadli.com,- Pernah menonton film tentang bapak Habibie atau buku tentang beliau? Jika pernah, maka mungkina anda akan menemukan seseorang yang lahir di tanah air ini bisa menjadi cerdas dalam IQ dan EQ. IQ adalah kecerdasan otak manusia sedangkan EQ adalah kecerdasan emosional.

Dan perlu juga diketahui bahwa kecerdasan eomosional ini merupakan satu diantara faktor yang dapat menunjang kesuksesan anak, baik di sekolah maupun di dunia kerja nantinya. Bisa dipastikan bahwa peran orang tua tidak bisa diabaikan karena nantinya akan memengaruhi perkembangan kecerdasan emosional.

Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Karena kecerdasan emosional ini nantinya akan banyak membantu anak, baik dalam bersosialisasi hingga tumbuh menjadi pribadi yang baik. Tingkat prestasi anak juga sebenarnya bisa dipengaruhi oleh emosional dari anak.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak?

Karena memang anak-anak lebih cepat menyerap apa yang diajarkan, bahkan banyak yang mengatakan bahwa anak adalah peniru yang ulung. Maka ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Memberikan Contoh Melalui Prilaku

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membiasakan anak untuk berperilaku baik terhadap orang lain merupakan salah satu hal penting dalam melatih kecerdasan emosionalnya. Kemudian untuk melatih dan membiasakan anak berperilaku baik, memberikan contoh adalah sebuah tindakan yang tepat.

Hal sederhananya adalah membiasakan anak untuk mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan sesuatu atau meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Contoh lain juga adalah dengan membiasakan kata “tolong” ketika akan meminta sesuatu.

Membantu dan Mendampingi Anak Mengenali Emosi

Tentunya, emosi anak tidak bisa tumbuh begitu saja. Artinya semuanya bisa dilakukan secara perlahan, dan solusinya adalah dengan membantu sekaligus mendampingi anak untuk mengenai emosi yang ia rasakan. Komunikasi yang baik tentunya akan membuat anak mengenai emosi serta mengatasi emosi yang negatif. Dan ini bisa dilakukan dengan membiasakan si anak.

Membangun Empati Pada Anak

Emosional tentunya berkaitan dengan rasa empati, dan penting untuk membangun rasa tersebut pada anak. Banyak hal yang bisa dipelajari dari prilaku anak, kemudian mengajarkan bagaimana ia harus membangun empatinya. Sederhananya adalah ketika ada temannya yang mau meminjam mainan, kemudian meminjamkannya.

Mengambangkan Keterampilan

Untuk cara yang ini tidaklah sulit, karena memang sekarang keterampilan anak bisa dilatih dengan mengajaknya bermain. Tidak hanya itu, ternyata sekarang ada banyak jenis mainan yang juga berfungsi membantu untuk mengembangkan keterampilan anak. Salah satu contoh mainan ini adalah lego.

Mengajarkan dan Mengarahkan Anak Bagaimana Memecahkan Masalah

Bagian lain dalam keterampilan emosional adalah mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri. Saat anak sedang bertengkar dengan saudara atau temannya, Anda dapat memanfaatkan situasi ini untuk mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

Misalnya, ketika anak mulai kesal karena selalu diganggu saudaranya saat bermain, Anda dapat membimbingnya untuk mencari solusi dengan cara memberikannya beberapa pilihan tindakan yang bisa dilakukannya. Dengan demikian, anak dapat belajar cara memutuskan dan menyelesaikan masalah secara tepat.

Mendaftrakan Anak Untuk Ikut Bimbingan Belajar

Langkah lain yang juga bisa dicoba adalah dengan mendaftarkan anak untuk ikut dengan bimbingan belajar. Bimbingan belajar ini pastinya akan memudahkan anak untuk belajar meningkatkan kecerdasan emosional. Ketika bimbel, biasanya ada banyak pelatihan-pelatihan yang mampu meningkatkan emosional. Seperti halnya dengan cara-cara lain, biasanya dalam bimbingan belajar terkadang merangkum semua hal itu.

Bimbingan belajar yang kini sedang naik daun karena memang kualitasnya terjamin adalah RuangGuru. Download aplikasinya sekarang dan nikmati banyak fiturnya, termasuk bagaimana bisa seorang anak dilatih untuk meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Dengan demikian, sebagai orang tua bisa melakukan teknis pendampingan sehingga bisa lebih mudah mengetahui bagaimana perkembangan emosional dari anak.

Nah, itu dia cara meningkatkan kecerdasan emosional yang saya rangkum dari beberapa artikel. Semoga bermanfaat…

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak? Gimana Sih Caranya?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink