5 Gudeg Terenak di Yogyakarta, Sudah Pernah Coba?

Ilhamsadli.com,- Dijuluki sebagai Kota Gudeg, maka tak lengkap rasanya jika ke Jogja tak mencicipi langsung makanan khas Yogyakarta tersebut. Rasanya yang manis, gurih, dan pedas tentunya bikin kangen siapapun yang berkunjung ke Jogja. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama gori atau nangka muda yang diolah sedemikian rupa hingga berwarna kecoklatan dan empuk. 

Untuk menu pendamping atau pelengkapnya, biasanya gudeg disajikan dengan ayam suwir, telur, sambal krecek, tahu, dan tempe. Wah, tentu ini bisa jadi kuliner yang sangat menggugah selera, ya?Apakah Anda berasal dari Bandung dan ingin liburan ke Jogja? 

5 Gudeg Terenak di Yogyakarta

Jangan ragu untuk memesan tiket kereta Bandung Jogja melalui aplikasi Traveloka. Selain mudah, praktis, dan aman, beli tiket kereta Bandung Jogja juga akan jauh lebih murah karena banyak promo-promo menarik yang bisa Anda pilih. Nah, berikut ini daftar gudeg terkenal di Jogja yang jangan sampai terlewatkan saat berwisata ke Jogjakarta.

1. Gudeg Yu Djum Wijilan

Rekomendasi gudeg terbaik di Jogja yang pertama ialah Gudeg Yu Djum Wijilan. Nama Gudeg Yu Djum Wijilan pastinya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Sebab, Gudeg Yu Djum Wijilan dikenal sebagai salah satu gudeg yang masih mempertahankan resep turun temurun dari para generasi pendahulunya. 

Anda bisa memilih kemasan besek atau kendil saat membeli Gudeg Yu Djum Wijilan. Selain itu, kelebihan Gudeg Yu Djum Wijilan dibandingkan gudeg lainnya ialah lebih tahan lama bahkan tidak akan basi meski berhari-hari. Anda juga bisa memilih bagian ayam mana saja yang Anda sukai, mulai dari ayam, telur, ati ampela, tahu, dan tempe. Gudeg Yu Djum Wijilan berlokasi di Jalan Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

2. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti juga merupakan salah satu gudeg legendaris di Jogja. Gudeg Permata Bu Narti memiliki cita rasa yang lebih gurih dibandingkan gudeg lainnya di Jogja yang lebih manis. Dinamai Gudeg Permata Bu Narti karena lokasinya saat itu berada di sebelah barat bioskop permata yang merupakan salah satu tempat nonton paling populer pada masanya. 

Di Gudeg Permata Bu Narti ini Anda bisa memilih untuk membeli beberapa bagian ayam seperti kepala, suwir, krecek, telur atau tahu dan tempe. Gudeg Permata Bu Narti berlokasi di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Berbeda dengan gudeg-gudeg lainnya yang memiliki cita rasa gurih dan manis, maka Gudeg Mercon Bu Tinah cenderung pedas sehingga cocok untuk Anda para penikmat dan pecinta makanan pedas untuk mencicipi Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg yang satu ini buka di malam hari yakni mulai pukul 21.00 WIB.

Selain itu, Anda juga bisa memilih bagian-bagian gudeg seperti ayam, telur, jeroan, hingga berbagai macam pilihan sate yang lezat. Gudeg Mercon Bu Tinah berlokasi di Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233.

4. Rumah Makan Gudeg Pawon

Salah satu kuliner rekomendasi gudeg terenak di Jogja berikutnya ialah Rumah Makan Gudeg Pawon. Cara masak gudeg di Rumah Makan Gudeg Pawon masih sangat tradisional yakni menggunakan tungku kayu bakar sehingga aroma dan rasanya pun akan berbeda. Kini, Rumah Makan Gudeg Pawon dikelola oleh Sumarwanto, anak dari Prapto Widarso pemilik Rumah Makan Gudeg Pawon.

Keunikan lainnya saat menyantap gudeg di Rumah Makan Gudeg Pawon ialah konsep rumah makannya yang masih sederhana dengan tema layaknya di dapur (pawon) sendiri. Rumah Makan Gudeg Pawon berlokasi di Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164.

5. Gudeg Sagan

Jika biasanya gudeg Jogja identik kering, maka berbeda dengan penyajian Gudeg Sagan yang berkuah santan kental, basah, dan lebih gurih. Biasanya, saat menyantap Gudeg Sagan maka kombinasinya bukanlah nasi melainkan bubur. Untuk konsep restorannya ala rumahan sehingga terasa seperti di rumah sendiri saat menikmati Gudeg Sagan.

Selain itu, ada area outdoor dan indoor yang bisa Anda pilih lengkap dengan penampilan live musiknya. Gudeg Sagan berada di JL Prof. Dr Jl. Prof. Herman Yohanes No.53, Samirono, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55223.

Nah, itulah lima gudeg favorit dan terenak di Jogja, ada yang sudah pernah Anda coba?

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "5 Gudeg Terenak di Yogyakarta, Sudah Pernah Coba?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink