Punya Mimpi Jadi Sekretaris Umum yang Handal? Nampaknya Kamu Perlu Mencoba Melakukan Ini!

Ilhamsadli.com,- Apakah anda adalah orang yang ingin kedepannya menjadi seorang sekretaris? Ataukah kini sedang jadi sekretaris umum dalam sebuah organisasi? Kalau iya, maka mungkin kita sama, karena saya juga kini dalam sebuah organisasi menjadi seorang sekretaris. Belajar dari pengalaman dan cerita teman-teman yang pernah menjadi sekretaris, rata-rata memang mereka yang terpilih sebagai sekretaris cukup lihai dalam mengoperasikan Microsoft Office dan korespondensi.

Karena memang percaya atau tidak, kebanyakan sekretaris bertugas dan berkutat dengan urusan pengolahan data, penomoran surat dan seterusnya. Bagian yang lumayan susah untuk dikerjakan oleh seseorang yang belum belajar sama sekali mengenai Microsoft Office kayak saya, ya tahunya hanya ngetik biasa saja. Cara membuat daftar isi secara otomasti, menempelkan tanda tangan dan seterusnya saja masih belum saya tahu.

Menjadi Seorang Sekretaris Umum

Pentingnya Posisi Seorang Sekretaris Umum

Karena pentingnya posisi sebagai Sekretaris inilah, maka dibutuhkan keahlian serta kriteria khusus untuk bisa menjadi seorang sekretaris. Terlebih lagi untuk urusan mengoperasikan Microsoft Office dan korespondensi yang tentunya perlu diperhatikan akan hasilnya bisa maksimal. Untuk yang tidak memiliki latar belakang pendidikan kesekretariatan seperti saya tentunya akan merasa sedikit kewalahan, maka nampaknya akan lebih oke jika mencoba untuk ikut kelas Microsoft Office dan Korespondensi.

Dalam sebuah organisasi, kerapian berkas hingga pendataan semuanya bergantung pada kinerja seorang sekretaris. Maka bisa dipastikan posisi sekretaris termasuk penting dalam sebuah lingkaran kerja. Bahkan tidak tanggung-tanggung, semua pekerjaan tidak akan bisa lepas dari bagaimana kinerja seorang sekretrais. Hal sederhananya adalah sekretaris juga terkadang bertindak sebagai notula sebuah meeting. Artinya memang butuh kecepatan dan ketepatan dalam semua itu, jadi menjadi seorang sekretaris itu tidaklah semudah berucap.

Bagaimana Bisa Seorang Sekretaris Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi?

Untuk bisa mengusai pengoperasian Microsoft Office dan korespondensi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut bisa dengan belajar sendiri secara otodidak, namun kurangnya adalah proses ini tidak bisa langsung selesai dengan cepat karena butuh namanya trial and error terlebih dahulu, terutama untuk memahami fitur yang bisa digunakan.

Cara lain yang juga bisa digunakan adalah dengan belajar menggunakan video tutorial sebagai pengarahnya, namun tentunya ini masih seperti belajar sendiri karena bahan dan seterusnya yang sekiranya tidak dimengerti haruslah dicari sendiri.

Kesemua cara yang tadi saya sampaikan bisa dipangkas dan ditikung ketika mengikut kelas belajar Microsoft Office. Kelas yang bisa diikuti dengan detail penjelasan serta materi yang terstruktur adalah di Kelas Siap Kerja dari SkillAcademy.

Apa Itu Kelas Siap Kerja?

Ngomong-ngomong soal Kelas Siap Kerja, perlu diektahui bahwa Kelas Siap Kerja ini adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan SDM dan mencetak SDM yang siap bekerja. Kelas Siap Kerja ini bekerjasama dengan Skill Academy untuk diselaraskan dengan kebutuhan di lingkungan kerja. Bukti bahwa seseorang telah mengikuti serta mendapatkan tanda bahwa sudah tuntas menyelesaikan kelas adalah dengan verifikasi oleh pihak Prakerja.

Program Kelas Siap Kerja ini pada akhirnya mewadahi bagi yang ingin belajar mengenai bagaimana caranya mngoperasikan Microsoft Office dan Korespondensi. Dalam hal ini, nama kelasnya adalah Kelas Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum dengan kategori masuk dalam professioanl and personal development.

Bagaimana Mekanisme Kelas Siap Kerja ?

Untuk mekanismenya sendiri sebenarnya cukup detail dan panjang, terlebih dengan didampingi oleh mentor-mentor yang memang ahli di bidangnya. Kalau beruntung malah bisa mendapatkan bonus seperti saldo e-wallet ketika melakukan pendafataran sesegera mungkin. Untuk kelasnya sendiri sebenarnya dilatar belakangi oleh seorang Sekretaris Umum yang dituntut mampu membuat dokumen bisnis yang baik serta mengoperasikan aplikasi pengolah data, kata, dan elemen visual.

Oleh karena itu, kelas ini nantinya akan mengajak user untuk mempelajari 3 aplikasi yang paling umum digunakan dalam dunai sekretaris yaitu Microsoft Office, yakni Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint. Selain itu, user juga dapat mempelajari cara menulis korespondensi dasar atau dokumen bisnis yang baik dan benar, sehingga kedua materi itu bisa benar-benar mendapatkan hasil maksimal.

Namanya juga sebuah kelas, tentunya memiliki tujuan umum dan tujuan khusus dalam proses pembelajarannya. Misalkan saja tujuan umumnya adalah peserta yang telah mengikuti kelas setelah menyelesaikan video, pdf dan tes nantinya bisa lebih paham dengan bidang yang digekuti. Sedengkan untuk tujuan umumnya adalah pastinya diharapkan nantinya peserta bisa menguasai sepenuhnya fitur yang ada dan penting seperti Word, Exel dan Power Point. 

Karena ketiga aplikasi ini susah untuk dipisahkan. Pada kelas ini nantinya memiliki batasan untuk kuota peserta yang mengikuti kelas. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena nantinya para peserta ini akan bersaing dalam dunia kerja untuk bisa memberikan kualitas terbaik bagi tempat kerjanya. Jadi kalau sedang beruntung, bisa saja langsung mendapatkan kelasnya dengan cepat. Tapai kalau kurang beruntung berarti harus mencoba kesempatan lain.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Punya Mimpi Jadi Sekretaris Umum yang Handal? Nampaknya Kamu Perlu Mencoba Melakukan Ini!"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink