√ Kelebihan Verbatim USB Port Dari GaN Technology untuk Fast Charger ke Perangkat Kesayangan Anda - Ilhamsadli.com

Kelebihan Verbatim USB Port Dari GaN Technology untuk Fast Charger ke Perangkat Kesayangan Anda

Ilhamsadli.com,- Hayo siapa yang suka kesal karena pengisian daya di perangkatnya lamban? Apalagi ketika sedang butuh cepat tapi ternyata bermasalah di charger alias lamban pengisian data. Makanya beberapa kali saya pribadi mencari charger yang fast charging dan baru kesampaian sekarang alhamdulillah sembari mencoba perangkat baru Galaxy A32. Beberapa kali melihat spesifikasinya di marketplace, ternyata charger ini tidak hanya bisa digunakan untuk perangkat handphone tetapi bisa juga untuk perangkat laptop dengan model tertentu.

Verbatim USB Port

Mencoba USB Port dari Verbatim

Awalnya sempat ingin mencari di Jember atau ke Surabaya saja, namun karena kemungkinan barangnya ada sangat kecil, terlebih karena belum sempat juga untuk keliling. Apalagi memang saya yang sedikit parno untuk ke luar rumah, maka membelinya secara online di marketplace adalah solusinya. Selain aman, belanja USB Port dari Verbatim ini di markerplace juga berpotensi mendapatkan cashback. Hehe jadinya kan double bonus. Karena cekout ketika itu pas weekend, akhirnya harus menunggu senin dahulu baru diproses. Setelah jeda 4 hari kemudian paketan datang dengan selamat.

Oh ya, for your information nih kalau USB port ini adalah perangkat yang difungsikan untuk menyambungkan komputer dengan perangkat lain, tetapi pada pengembangannya juga banyak digunakan sebagai salah satu perangkat penting dari charger. Selain memang ada juga yang bisa difungsikan sebagai media pengiriman data dari perangkat A ke perangkat B.

usb charging verbatim

Kemudian kini sudah berkembang teknologi terbaru kembali yang biasa kita sebut sebagai fast charging dimana bisa membantu mempercepat proses pengisian daya pada perangkat. Pada pengembangannya, teknologi bernama fast charging ini juga digolongkan sebagai salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan pengguna digital device, karena dengan mengandalkan USB port khusus yang memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pengisian daya pada sebuah perangkat. 

Seperti yang saya katakan di awal, bahwa kini teknologi ini tidak hanya digunakan untuk handphone melainkan juga bisa digunakan untuk mengisi laptop, TV, CCTV dan perangkat lainnya yang menggunakan port usb. Tentunya tidak semua jenis laptop.

Verbatim 4 Port 100 W PD & QC 3.0 USB Charging

Tipe yang saya pilih dan diambil kebetulan adalah Verbatim 4 Port 100 W PD & QC 3.0 USB Charger dengan kisaran harga bisa teman-teman cek langsung di marketplace. PD & QC itu sebenarnya adalah singkatan dari Power Delivery dan Quick Charger. Karena memang tergabung dalam satu perangkat yang sama, tentunya masing-masing bagian ini memiliki fungsi yang berbeda.

Charging Port

Power Delivery misalnya adalah teknologi pengisian daya yang mendukung untuk perangkat dengan USB type C seperti kebanyakan Android. Sistem dari Power Delivery ini adalah mengisi daya perangkat dengan tegangan yang lebih tinggi dibandingkan tegangan perangkat, biasanya mendukung metode pengisian dua arah juga, bisa transfer data (banyak digunakan seperti ini).

Untuk QC atau Quick Charge sendiri sebenarnya sistemnya hampir sama yaitu pengisian daya cepat yang dikembangkan oleh Qualcomm dengan perangkat yang support chipset snapdragon. Untuk tipe ini memang fokus untuk perangkat smartphone karena memang masih dalam proses pengembangan. Jika dibandingkan dengan PD yang mencapai 100W, QC sendiri hanya 60W. Kelebihannya adalah kemampuan dalam pengisian daya yang bisa dikatakan kebih cepat 70% jika dibandingkan dengan usb charger biasa.

Spesifikasi Verbatim 4 Port 100 W PD & QC 3.0 USB Charging

Mungkin beberapa orang yang baru tahu perangkat ini akan susah membedakannya dengan HDD pada umumnya, karena memang dari segi fisiknya bisa dibilang tidak jauh berbeda. Bedanya adalah dari segi fungsi serta jumlah port yang disiapkan. Jika diperhatikan, ada 4 usb port yang disediakan.

Setiap usb port atau charging port ini memiliki kegunaan yang berbeda, karena memang difungsikan untuk perangkat yang berbeda. Dua port pertama merupakan single USB Port type C PD 3.0 yang mendukung pengisian daya hingga 100W, dua port berikutnya adalah solusi untuk para pengguna Quick Charge yang menggunakan teknologi QC 3.0.

USB Charger

Pertanyaan yang selalu muncul adalah aman atau tidaknya penggunaan perangkat ini untuk smartphone atau laptop. Nah, perlu teman-teman ketahui bahwa sebenarnya masing-masing charging port yang disediakan ini sudah dilengkapi dengan sistem proteksi. Bahkan tidak tanggung-tanggung, karena sudah terstandar dengan multi-national safety certificate RoHS dan Safety Mark 200065-11. Untuk yang belum tahu, teknologi ini memiliki kemampuan untuk menjaga perangkat tidak mengalami short circuit atau konslet, arus berlebih hingga tegangan yang berlebih karena kondisi ini bisa merusak perangkat.

Sudah dilengkapi juga dengan Smart Charging yang juga menjadi proteksi tambahan sehingga perangkat yang akan dilakukan pengisian daya masih terjamin keamanannya. Selain itu memang ada fitur bernama PPS yang secara fungsinya adalah mengatur besaran arus dan tegangan yang masuk ke perangkat sehingga meminimalisir arus terlalu kecil atau terlalu besar. 

Fast Charger

Atau dalam bahasa ilmiahnya adalah berfungsi sebagai stabilisator yang berfungsi untuk port usb type C. Sementara itu, untuk dua port USB A Quick Charge 3.0 mampu mensupplai daya hingga 18W untuk setiap port. Jadi bisa menyesuaikan berdasarkan kebutuhan serta tersediaanya USB anda sehingga mampu memberikan kenyamanan pada pengguna.

Sekilas Tentang Verbatim

Verbatim® yang sudah berdiri sejak 1969 kini telah menjadi yang terdepan dalam perkembangan teknologi penyimpanan data dari Floppy Disk dan penyimpanan Magneto-Optical hingga format CD dan DVD terbaru, Drive USB, dan Kartu Memori. Selama lebih dari 48 tahun, Verbatim tetap menjadi salah satu brand yang paling dikenal di industri penyimpanan data.

Sebagai menjadi pelopor dalam bidang industri teknologi, Verbatim juga sudah diakui atas perannya dalam pengembangan produk awal dan pengenalan produk komersial dari teknologi baru. Verbatim adalah perusahaan media pertama yang menerima sertifikasi ISO, standar de facto untuk sistem manajemen mutu di seluruh dunia. Komitmen terhadap kualitas ini diterjemahkan ke dalam kinerja dan keandalan produk yang konsisten dalam memberikan produk dan layanan terbaik.

Verbatim menyediakan dukungan teknis, diagnostik, resolusi kesalahan, dan layanan pelanggan di tempat untuk memastikan pengalaman dan keterlibatan pengguna yang mulus. Bahkan Verbatim kini sudah tersebar di banyak negara di dunia misalkan wilayah Asia/Pasifik (APAC), Eropa, Timur Tengah & Afrika (EMEA) dan Amerika. Di dalam EMEA adalah Inggris Raya (UK). Di dalam Amerika adalah Amerika Latin (LatAM) dan Amerika Utara (NA). Dengan Prestasi inilah kini Verbatim dianugerahi banyak penghargaan.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

21 Komentar untuk "Kelebihan Verbatim USB Port Dari GaN Technology untuk Fast Charger ke Perangkat Kesayangan Anda"

  1. USB idaman ya kak. Fungsinya lengkap banget. Ini sih bikin dakuw pingin, kualitasnya juga jaminan mutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli kak, gak rugi beli ini...

      Hapus
  2. Verbatim tuh aku keingetnya floppy disc...haha...dah jadul beud. Rupanya sekarang mengembangkan USB Port ya. Bisa dibawa traveling ga ya? Mayan tuh kalo pergi-pergi biar bisa cepet ngecharge...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kak, kalau ada 2 perangkat cukup bawa satu carger ini. Bisa multi juga dan arusnya tetap stabil

      Hapus
  3. Wah mantap nih, bisa buat nge-charge laptop. Kalau ketinggalan kabel santai Semoga ke depannya bisa dipakai buat semua laptop. Kan simpel cukup bawa satu aja bisa untuk macam2 gadget

    BalasHapus
  4. Kalau udah urusan fast charging, ini sih jadi idola.
    Soalnya udah portnya memadai, cepat pula apalagi travel friendly, komplit manfaatnya

    BalasHapus
  5. buat aku yang banyak jenis gagdet yang dimiliki, ini pastinya memudahkan banget, jadi ingin punya deh

    BalasHapus
  6. Aku juga kalau sudah sering pakai kabel USB atau charger yang punya kecepatan diatas rata-rata, terus tiba2 pakai yang lambat agak gimana gitu. Soalnya kan kadang sudah yakin bakalan cepat eh tau2nya lambat.

    Verbatim ini sebenarnya brand sudah lama ya, memang terkenal bagus2 sih dari dulu.

    BalasHapus
  7. Tertarik buat memiliki, tapi lirik lirik harga dulu.. Meringankan kantong atau memberatkan nih?.?

    BalasHapus
  8. Bisa ngisi 70 persen lbh cepat dr charger biasa? Wah perangkat ini yang aku butuhkan saat ini. Soalnya aku sering banget kluar rumah. Powerbank udh ga cocok ama habitku yg sering ngecharge. Dayanya sering ga stabil sih kalo pake PB. Teknologi smart chargingnya keren banget tuh. Ga bikin perangkat jd soak krn udh dibikin arusnya stabil. Keren banget nih Verbatim. Aku pesen juga ahhh..

    BalasHapus
  9. Paas banget mana kepala charger di rumah lagi busuk, jadi penasaran sih sama produknya Verbatim ini apalagi bisa buat ngisi banyak daya perangkat lain yang support ya? Wajib beli nih

    BalasHapus
  10. aduh fast charging dan bisa untuk laptop juga, auto tergoda haha pas banget charger hp bermasalah nih, bisikin harganya donk

    BalasHapus
  11. Di rumah kami, yang pakai Samsung cuma suami, dan agak rewel kalau nge-charge. Hihii...lamban maksudnya kalau gak sama charger aslinya.
    Kudu banget beli Verbatim USB Port yang daya charge nya cepat begini. Jadi gak pake antri lama kalau mau ngecharge.

    BalasHapus
  12. Ehh aku kmrn juga lhoo beli kabel type c pakai verbatim dan itu jatuhnya bukan fast charging lg tapi turbo charging

    BalasHapus
  13. Wah ada fitur PPS juga, ini fungsinya mengatur besaran arus dan tegangan yang masuk ke perangkat gitu ya. Jadi bisa meminimalisir arus terlalu kecil atau terlalu besar.

    BalasHapus
  14. Dari baca ulasannya udah langsung paham kalo produk Verbatim ini bagus kak, trus sekarang aq jadi kepo sama harganya, kira2 berapa ya?

    BalasHapus
  15. Baca ulasan mengenai Verbatim langsung pengen punya nih haha, apalagi canggih dan mendukung fast charging

    BalasHapus
  16. Iya nih mirip sama HDD. Tapi ternyata beda ya.
    Btw OK juga nih kalau teknologi ini memiliki kemampuan untuk menjaga perangkatnya.

    BalasHapus
  17. Aku sering gregetan kalo nge-charge gadget butuh waktu yang lama, secara emak-emak-emak kadang mesti ke sana ke mari, banyak urusan.Nah, kalo ketemu Verbatim USB port ini, kayaknya bakal kebantu banget, ya. Jualan online lancar, nulis pun lancar, dan keluarga tidak terlantar, hehe..

    BalasHapus
  18. Banyak banget kelebihan dari usb port buatan Verbatim. Kayaknya sejak dulu memang jadi standar untuk perlengkapan gawai yang baik

    BalasHapus
  19. banyak review positif sama produk verbatim, nih. bisa jadi rekomendasi kalau nanti butuh usb baru.

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink