IP Camera CCTV, Kamera Pengawas yang Lebih Efisien

Ilhamsadli.com,- IP camera CCTV adalah salah satu jenis kamera pengawas yang juga banyak digunakan, baik di tempat umum atau tempat tinggal sendiri. Lantas, apa perbedaan dari jenis tersebut dengan CCTV biasa? Simak ulasan berikut ini.

IP Camera CCTV, Kamera Pengawas yang Lebih Efisien

Perbedaannya dengan CCTV Biasa

Kedua jenis tersebut sebetulnya menjalankan prinsip yang sama, yakni merekam video untuk dikirimkan ke sebuah perangkat dan ditayangkan melalui monitor. Namun, yang namanya beda jenis, pasti memiliki perbedaannya sendiri baik secara fitur maupun performa.

Keduanya sama-sama dapat menjamin keamanan dan keselamatan dari penghuni sebuah tempat. Pemanfaatannya pun mudah untuk dilakukan sesuai ketentuan dan standar yang berlaku.

Mengapa Penting untuk Tahu Tentang IP Camera CCTV?

CCTV memang mengandalkan sinyal analog yang dimanfaatkan untuk melakukan transmisi video, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Perangkat yang dimanfaatkan untuk menjadi penerima dari video biasanya disebut sebagai receiver.

Cara kerja dari kamera analog didahului dengan merekam gambar, kemudian ditransfer media yang telah diperoleh melalui kabel coaxial ke DVR (Digital Video Recorder). Fungsinya tidak hanya untuk mengirimkan sinyal ke perangkat, tetapi juga memadatkan data dan menaruhnya pada hard drive.

Setiap tangkapan objek akan ditampilkan melalui monitor yang juga harus tersambung pada DVR terlebih dahulu. Koneksinya adalah modem untuk menampilkan video dengan jaringan internet cepat.

Secara performa, CCTV kerap kali dinilai lebih unggul dibandingkan IP camera karena perawatan dan pemasangannya lebih mudah. Bandwidth sebagai kebutuhan prima untuk pengoperasian kamera pengawas, ternyata pemakaiannya lebih rendah untuk CCTV.

Namun, karena memanfaatkan kabel analog, jumlah yang dipakai biasanya tidak sedikit. Kualitas dari gambar yang dihasilkan juga cenderung lebih rendah, yakni resolusi 750 x 575 dan konsekuensi yang akan diperoleh adalah tampilan gambar.

Fitur zoom yang seharusnya dapat membuat gambar dari jarak jauh tampak lebih jelas, justru menjadi pecah dan kurang nyata untuk diidentifikasi. Sudut pandang memang dapat disesuaikan, walaupun kebanyakan terbatas, apalagi jika area yang harus diawasi cukup luas dan besar.

Port-nya terbatas dan Anda harus benar-benar memperhatikan lokasi yang tepat saat hendak memasang kamera CCTV. Penggunaan dari jenis yang satu ini nyatanya tetap memuaskan karena harganya lebih terjangkau, tetapi performa terbilang luar biasa.

Manfaat IP Camera yang Canggih

Seperti namanya, IP camera memakai sejumlah koneksi dan jaringan local atau internet canggih untuk melakukan transfer gambar. DVR? IP camera tidak membutuhkan fasilitas tersebut karena sudah ada perangkat induk bernama switch yang dapat terhubung ke NVR atau Network Video Recording.

Setelah berhasil menangkap objek yang tepat dengan software, hasilnya akan diubah menjadi format digital dan barulah disimpan. Pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi khusus. Apakah Anda ingin tahu lebih lanjut tentang keunggulan kamera yang satu ini? Ulasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

Perangkat yang Multiguna

Ketika ditampilkan, gambar tidak akan mengecewakan karena memiliki resolusi tinggi sampai 4K atau 1080P yang berarti sudah termasuk full HD. Selain itu, resolusi dapat diubah menjadi yang paling rendah untuk memanfaatkan fasilitas biasa guna menghemat bandwidth.

Jangkauan Luas

Meski hanya menggunakan satu perangkat saja untuk satu area, kemampuannya untuk menjangkau dan menangkap gambar secara luas sangatlah mumpuni. Penggunaan lebih ringkas karena tidak hanya memakai kabel, tetapi kini ada paket CCTV terbaik yang lebih canggih dengan wireless dan nirkabel.

Keamanan dan Privasi Terjaga

Rekaman video dilindungi enkripsi guna mengoptimalkan keamanan dan privasi dari objek yang ditangkap. Wi-Fi yang digunakan untuk memperkuat jaringannya saja, bahkan dilindungi oleh sandi yang juga sulit diakses.

Dengan demikian, Anda tentu dapat lebih tenang jika hendak memproteksi sebuah lokasi atau bangunan. Baik itu area indoor maupun outdoor, semuanya akan lebih mudah diawasi dengan menggunakan perlengkapan tersebut.

Untuk itu, Anda membutuhkan kamera pengintai dari ColorVu Hikvision yang menyuguhkan kamera pengawas super canggih. Tampilan gambar colorful, tanpa buram atau blur yang akan semakin membantu Anda untuk memperoleh informasi sedemikian rupa.

Produk ColorVu Hikvision dengan Kemampuan di Area Minim Cahaya

Dengan beberapa perbedaan dari Ip camera CCTV dan kamera pengintai biasa, maka dapat dilihat manakah yang lebih cocok diterapkan antara keduanya. Gunakanlah CCTV wireless dari Hikvision dengan kualitas penyampaian informasi yang memukau.

Setiap detail dari gambar yang ditangkap oleh kamera diinderakan dengan baik oleh teknologi terbaru yang dikembangkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan dan menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih sistem CCTV sebagai salah satu upaya pengamanan properti.

Seri ColorVu menawarkan pengalaman baru sistem CCTV wireless dengan berbagai keunggulan yang sangat diperlukan oleh siapa saja. Tak hanya di rumah, tetapi juga lokasi usaha baik itu home industry maupun outlet dan kantor. Apa saja benefit yang Anda dapatkan dengan menggunakan kamera pengintai ini? Berikut ulasannya.

Gambar Lebih Nyata

  • Perancangan komposisi warna sangat realistis dan video yang dihasilkan akan sesuai dengan tampilan aslinya.
  • Hasil gambar yang memuaskan di berbagai keadaan, bahkan di malam hari dengan kondisi minim cahaya sekalipun. Sehingga kamera ini cocok untuk pengawasan 24 jam penuh baik di siang hari maupun malam hari.

Resolusi Semakin Jelas dan Rinci

  • Kamera ini mampu merekam informasi dengan jauh lebih baik dari segi detail dan pencitraan warna apabila dikomparasikan dengan dibanding kamera hitam-putih.

Hasil Perekaman Sangat Jelas Secara Visual

  • Pengaturan tone warna disesuaikan dengan komposisi yang pas untuk mata sehat dan tentunya brightnessnya sangat seimbang.

  • Kualitas gambar yang terjamin oleh aperture super F1.0 dan sensor lanjutan.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, banyak keuntungan dan kemudahan dapat diperoleh dengan pemilihan CCTV pada properti pribadi. Penggunaan teknologi wireless memungkinkan pengguna untuk mengawasi properti secara real-time dan jelas. Hasil penginderaan jarak jauh dapat dilakukan dengan optimal berkat kualitas informasi yang memukau dari Hikvision.

Pastinya Anda sangat memahami bahwa instalasi CCTV adalah standar keamanan yang baru di era modern ini untuk memastikan properti tetap aman. Seri ColorVu dari Hikvision ini hadir sebagai solusi terdepan untuk memenuhi kebutuhan pengamanan properti dengan sistem CCTV yang dapat dipantau dari jarak jauh dengan kualitas yang mumpuni.

Sumber:
https://tekno.kompas.com/read/2020/07/05/10170047/sama-sama-kamera-pengawas-apa-bedanya-ip-camera-dan-cctv-?page=all
http://news.professtama.com/ip-camera-pengertian-kelebihan/
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "IP Camera CCTV, Kamera Pengawas yang Lebih Efisien"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink