Inilah 3 Alasan Investasi Reksadana Cocok Bagi Anda

Ilhamsadli.com,- Siapa yang tidak kenal dengan salah satu instrumen investasi yang menguntungkan bernama Reksadana? Tentunya investasi Reksadana sudah banyak dikenal oleh para investor berpengalaman, bahkan kini investor awam banyak yang mengincar keuntungan dari Reksadana yang satu ini. Kenapa demikian?

Inilah 3 Alasan Investasi Reksadana Cocok Bagi Anda

Investasi sendiri sering dijadikan sebagai media untuk meraup keuntungan jangka panjang guna memenuhi kebutuhan ekonomi di masa depan. Tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba melakukan investasi sejak muda, dan apakah Anda adalah salah satunya? Nah untuk membahas lebih jauh tentang investasi Reksadana, mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu Investasi Reksadana?

Meskipun sudah banyak dikenal oleh investor berpengalaman, tetapi masih banyak orang yang salah mengartikan Reksadana. Perlu Anda ketahui bahwa Reksadana merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari para pemodal untuk diinvestasikan. Dana yang terkumpul tersebut akan dialokasikan ke dalam berbagai portofolio efek oleh manajer investasi.

Dalam berinvestasi Reksadana, keberadaan manajer investasi memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya segala sesuatu yang bersangkutan dengan investasi yang Anda lakukan akan diurus dan dikelola oleh manajer investasi. Sebagai investor, Anda hanya tinggal memantau perkembangan investasi dan mengambil keuntungan bersih yang didapatkan. Menarik bukan?

Reksadana juga memiliki sejumlah tipe atau jenis yang dapat dibedakan menjadi empat. Dan berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang empat jenis investasi Reksadana yang wajib Anda ketahui.

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Dalam penggunaannya, Anda dapat memilih 4 jenis Reksadana yang tentunya memiliki keuntungan serta kekurangannya masing-masing. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelasnya, berikut ini akan diulas khusus untuk Anda.

Jenis Investasi Reksadana
souce: CanvaPro

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap menawarkan potensi return yang cukup tinggi dan tentunya sebanding dengan risiko yang akan Anda hadapi. Cara kerja Reksadana jenis ini dimulai dari pemodal yang yang menginvestasikan dananya ke dalam surat utang jangka panjang. Biasanya instrumen yang digunakan berupa surat obligasi.

Reksadana Pasar Uang

Jika Anda menginginkan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, maka Reksadana pasar uang merupakan instrumen investasi yang cocok untuk digunakan.

Investasi ini sangat menarik karena uang yang diinvestasikan akan digunakan pada beberapa instrumen seperti deposit, Sertifikat Deposito, sertifikat Bank Indonesia, Surat Berharga Pasar Uang, dan yang lainnya.

Tujuan dari investasi ini adalah untuk memelihara likuiditas dan modal. Resikonya terbilang rendah sehingga sangat cocok untuk siapa saja.

Reksadana Saham

Tidak seperti kedua jenis Reksadana di atas, Reksadana saham lebih tepat untuk investor yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Reksadana saham akan memberikan potensi return yang paling tinggi, tetapi risiko yang akan dihadapi pun tidak kalah tingginya. Umumnya, keuntungan dari Reksadana saham ini akan terasa dalam kurun waktu 5 tahunan.

Reksadana Campuran

Reksadana campuran merupakan sebuah wadah untuk menghimpun dana pemodal ke dalam berbagai instrumen investasi gabungan seperti pasar uang, obligasi, dan saham. Jenis Reksadana yang satu ini memiliki risiko sedang dengan tingkat return yang relatif lebih tinggi dibandingkan Reksadana pasar uang dan pendapatan tetap.

Untuk lebih meyakinkan Anda dalam berinvestasi Reksadana, sebaiknya Anda ketahui 3 alasan kenapa investasi Reksadana sangat menguntungkan seperti berikut ini.

3 Alasan Investasi Reksadana Cocok untuk Anda

Ada banyak alasan kenapa Anda harus berinvestasi Reksadana. Namun, kali ini kami merangkumnya menjadi 3 keuntungan utama yang akan Anda rasakan saat melakukan investasi Reksadana. Penasaran apa saja keuntungannya?

Adanya Kemudahan Mengelola Investasi

Reksadana memberikan kemudahan untuk Anda dalam mengelola investasi, bahkan Anda hanya tinggal duduk manis memantau dan menunggu return cair ke rekening. Bukan tanpa alasan, investasi yang Anda lakukan akan dikelola langsung oleh pihak manajer investasi yang sudah berpengalaman di bidangnya. Manajer investasi akan bertanggung jawab untuk memberikan keuntungan yang maksimal.

Return yang Stabil

Jika investasi Reksadana yang Anda kelola berjalan dengan lancar, maka akan menghasilkan return yang konstan. Bahkan Reksadana digadang-gadang lebih baik dibandingkan investasi emas dalam hal keuntungan. Namun dalam memperhitungkan return yang diterima, Anda tetap harus menyisihkan fee untuk manajer investasi yang telah mengelola dana Anda. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan stabil, Reksadana merupakan pilihan yang tepat.

Rendah Risiko

Tidak seperti investasi pada umumnya yang memiliki risiko tinggi, Reksadana memberikan kenyamanan untuk investor dengan tingkat risiko kerugian yang relatif rendah. Hal ini karena investasi Reksadana dapat ditempatkan ke banyak instrumen sehingga lebih mudah untuk mengaturnya. Anda dapat menjual, membeli, bahkan menukar Reksadana dengan instrumen lain dengan mudah.

Investasi Reksadana Menguntungkan Bersama DBS Treasures

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi Reksadana, Anda harus memilih produk yang tepat. Kini Anda dapat memilih dari rangkaian produk Reksadana komprehensif dari DBS Treasures. Sebagai priority banking yang terpercaya, DBS Treasures akan memberikan kemudahan untuk Anda berupa:

Pengelolaan Investasi oleh Profesional

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan dari investasi Reksadana di DBS Treasures adalah pilihan investasi yang ditawarkan dikelola langsung oleh manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures, yang sudah berpengalaman dan terkemuka. Hal ini memudahkan Anda untuk mengoptimalkan kinerja produk dengan maksimal.

Dapatkan Wawasan untuk Memandu Anda Berinvestasi

Selain bermitra dengan manajer investasi yang profesional, DBS Treasures juga didukung oleh tim ahli finansial yang proaktif dan handal dalam menganalisis dan mengkomunikasikan analisa pasar serta peluang secara up to date. Sebagai investor, Anda dapat mengambil keputusan berinvestasi dengan yakin di saat yang tepat.

Mengurangi Risiko Melalui Diversifikasi

Guna menurunkan angka risiko, DBS Treasures memastikan diversifikasi investasi Anda. Strategi ini sendiri merupakan penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi. Menarik bukan?Nah sekarang adalah giliran Anda untuk mendapatkan keuntungan investasi Reksadana bersama DBS Treasures. Yuk segera daftarkan diri Anda sekarang juga dan rasakan return yang maksimal guna memenuhi tabungan di masa depan.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 3 Alasan Investasi Reksadana Cocok Bagi Anda"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink