Sahat itu Mahal, Jadi Lakukan Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi

Ilhamsadli.com,- Kalau bicara soal sehat ini, tentunya tidak diantara kita yang ingin merasakan sakit. Karena ketika kondisi tidak sehat, biasanya hampir segala sesuatunya berasa tidak benar-benar nikmat. Hal sederhana misalnya, ketika kita mengalami sariawan saja semua makanan yang sebelum enak menjadi terasa hambar. Itulah kenapa Agama selalu mengingatkan untuk bersyukur dan menjaganya dengan baik adalah bentuk rasa syukur kita telah diberikan kesehatan.

Agar tubuh tetap sehat, maka solusinya adalah bagaimana ikhtiar kita dalam menjaga daya tahan tubuh. Karena dua hal ini adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Dan daya tahan tubuh yang tinggi bisa diusahakan dengan melakukan banyak cara yang akan kita bahas satu persatu. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini, diberikan kesehatan adalah sebuah anugerah yang luar biasa.

Tips agar Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi

Kenapa Penting Menjaga Kesehatan Selama Pandemi

“kak, gimana kita bisa menjamin bahwa dengan daya tahan tubuh yang tinggi kita terhindar dari pandemi ini?” Dan untuk pertanyaan ini saya akan jawab bahwa setiap orang punya resiko untuk terkena virus yang sekarang ini, namun dengan daya tahan tubuh tinggi tentunya resikonya lebih kecil.

Kita semua pasti tahu mengenai kabar bahwa seorang Dedy Corbuzer yang sebegitu sehatnya serta rajin olahraga dengan pola makan super terstruktur masih bisa terdampak dan kritis ketika terkena covid-19. Namun setelah mendengar penjelasan dari dokter yang mengawasi beliau langsung, kita akhirnya mengerti bahwa salah satu alasan om Dedy bisa lolos dari masa kritisnya adalah karena daya tahan tubuhnya yang tinggi.

Hal ini tentunya membuktikan bahwa penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi ini. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa kita setelah ini. Setidaknya kita melakukan ikhtiar atau tindakan pencegahan atau istilah lainnya adalah mengurangi resiko.

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat Ketika Pandemi

Secara istilah, daya tahan tubuh atau imunitas ini diartikan sebagai sistem pertahanan yang menjaga kondisi tubuh dari berbagai serangan dari luar yang memberikan efek tidak baik bagi tubuh. Daya tahan tubuh yang tinggi ini bisa didapatkan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Jangan menunggu sakit untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan begizi, tetapi usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan sehat di sini tidak harus mahal kok, tetapi setidaknya kebutuhan tubuh akan gizi bisa dipenuhi. 

Karena makanan yang dikonsumsi ini nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh hingga digunakan sebagai sumber energi dan pemenuhan nutrisi. Salah satu hal yang diperlukan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein karena merupakan sumber nutrisi untuk membentuk antibodi, hormon dan memperbaiki sel yang rusak.

Membiasakan Mengonsumsi Buah

Hal kedua yang juga perlu dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah. Kandungan vitamin dalam buah ini pastinya akan sangat membantu menjaga kesehatan, bahkan kita terbiasa membawakan buah ketika ada sahabat atau kerabat yang sakit. Beberapa hal yang bisa dilakukan jika malas mengonsumsi buah langsung adalah membuat juz, menjadikannya infuse water dan seterusnya.

Istirahat yang Cukup

Pernah ingin melakukan donor darah dan tidak bisa melakukan donor karena kurang istirahat? Jika iya maka bisa dikatakan bahwa istirahat yang cukup menjadi satu hal penting untuk dipertimbangkan. Bahkan Rhoma Irama bilang dalam lirik lagunya “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya..”

Kurang istirahat bisa mengakibatkan tubuh mudah capek. Berbeda dengan orang yang istirahatnya cukup, mereka cenderung lebih sehat dan bugar. Karena kita harus yakin bahwa tubuh kita bukanlah mesin yang harus terus menerus dipaksakan bekerja tanpa beristirahat yang cukup.

Selalu Bahagia dan Menjaga Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan tubuh, penting juga untuk menjaga kesehatan mental. Caranya ada banyak, termasuk menghindari konflik yang menguras otak. Terlalu banyak pikiran pastinya akan berimbas tidak baik bagi tubuh kita pribadi. Memang berawal dari mental, tetapi bisa saja memberikan efek negatif ke tubuh kita.

Untuk menjaga kesehatan mental ini bisa dilakukan dengan melakukan hal yang disukai hingga meditasi. Atau kalau mau mengikut cara saya, bisa dengan bermain dengan binatang peliharaan hingga berkebun.

Olaharaga Rutin

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ke gym, olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah dengan lari atau jalan. Alhamdulillah jika punya sepeda, karena bersepeda bisa juga digunakan sebagai olahraga. Biar badan tidak kaku dan lemas, maka olahraga olahraga ringan bisa dilakukan.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Karena kondisi seperti sekarang ini, maka penting sekali untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena seseorang yang tetap sehat dan bugar selalu diawali dengan memiliki lingkungan dan pribadi yang bersih.

Berjemur Ketika Pagi

Salah satu kegiatan yang mulai kita biasakan sekarang ini adalah dengan berjemur setiap pagi. Karena tubuh juga membutuhakan vitamin D. Selain bisa didapatkan dari matahari, sekarang juga sudah ada multivitamin yang mengandung vitamin D3.

Mengonsumsi Suplemen dan Multivitamin

Salah satu ikhtiar yang juga bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Karena mengonsumsi multivtamin ini bisa juga untuk menguatkan daya tahan tubuh dan hasilnya bisa maksimal jika rangkaian yang saya sebutkan diatas sebelumnya juga dilakukan. Karena kita juga tidak pernah tahu apakah benar kebutuhan vitamin dalam tubuh sudah cukup atau malah kurang.

Multivitamin yang biasanya dikonsumi adalah vitamin C, Vitamin D3 hingga vitamin B kompleks. Berdasarkan bebera sumber, Vitamin D3 dengan manfaat menjaga kekuatan tulang dan gigi, mengobati dan mencegah rakitis dan osteomalacia, mencegah osteoporosis, mencegah perburukan gangguan ginjal dan mengobati gangguan kelenjar paratiroid.

multivitamin D3 1000

Salah satu produk suplemen vitamin D3 asli terbaik dan aman adalah D3 1000. Secara umum D3 1000 bisa berupa tablet dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi atau penderita penyakit infeksi, dan autoimun yang memerlukan tambahan vitamin D lebih banyak dibanding orang dalam kondisi normal.

“Tapi kak, dengan kondisi seperti sekarang ini, apakah memungkinkan untuk membelinya langsung di toko?” Kalau pertanyaannya seperti ini, maka dengan sepenuh hati saya sarankan untuk membelinya melalui toko online kesehatan. Kenapa demikian? Karena membeli dari rumah saja sudah bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah. Hal ini juga bisa mengurangi kontak dengan banyak orang luar, dan hanya dengan duduk santai saja sudah bisa menunggu multivitamin ini datang di rumah.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

1 Komentar untuk "Sahat itu Mahal, Jadi Lakukan Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat Selama Pandemi"

  1. bener banget sehat itu mahal. aku kemarin-kemarin males untuk olahraga, belakangan juga males buat berjemur. duhhhh kacau. kayanya mulai besok harus mulai nerapin lagi gaya hidup sehat deh, termasuk konsomsi multivitamin

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink