Ingin Punya Shower dengan Air Panas dan Dingin? Pipa Air Panas dan Dingin Rucika Solusinya

Ilhamsadli.com,- Memiliki rumah impian dengan segala bentuk fasilitas di dalamnya adalah harapan semua orang, tidak terkecuali saya. Misalnya berharap memiliki rumah yang minimalis dengan interior maupun eksterior yang aestetik. Kemudian nampaknya penting juga untuk memiliki shower dengan pilihan air panas atau air dingin. Ini penting, karena ketika sedang tidak enak badan bisa tetap mandi menggunakan saluran dari pipa air panas tanpa harus masak air.

Jika dulu semasa masih SMP, saya seringnya memasak air dahulu baru bisa mandi air hangat. Itupun harus dicampur dengan air dingin terlebih dahulu untuk memastikan kondisinya tidak terlalu panas, namun tetap saja harus dicek manual menggunakan tangan seberapa hangat airnya. Dan kegiatan ini memakan waktu yang lumayan, mulai sejak memasak air hingga mencampurnya dan testingnya.

Ingin Punya Shower dengan Air Panas dan Air Dingin

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika akan Memasang Pipa Air Panas

Karena ketika sudah memiliki rumah, bekerja atau harus bersegera ketemu klien nantinya pasti memikirkan waktu yang dibutuhkan efisien atau tidaknya. Maka salah satu solusinya adalah memasang shower air panas dengan pipa air panas, sehingga bisa lebih cepat. Karena harus memasang pipa yang tahan air panas, maka beberapa hal ini penting untuk diperhatikan.

Menentukan Titik Keran Terlebih dahulu

Kerana pemasangan shower dengan water heater ini adalah sebuah instalasi pipa air, maka pastinya perlu ditentukan titik keran yang akan dilalui oleh air panas dari water heaternya sendiri. Caranya bagaimana? Caranya bisa dilakukan dengan mencari titik terdekat antara titik keran dengan pemanas dengan tujuan menekan pengeluaran.

Jika sudah ditentukan maka nanti akan berlanjut pada penentuan panjang pipa yang akan digunakan, jumlah yang akan digunakan hingga memperkirakan keran yang digunakan sejumlah berapa nantinya.

Menentukan Jenis Pipa Yang Akan Digunakan

Ada banyak sekali jenis pipa yang tersebar di pasaran, namun perlu dijadikan sebuah catatan bahwa tidak semua jenis pipa bisa digunakan sebagai pipa air panas. Karena memang ada yang bisa digunakan untuk aliran air panas hingga hanya mampu digunakan untuk pipa air dingin saja. Beberapa orang yang mengerti mengenai perpipaan ini menyarankan berbagai jenis yang berbeda untuk mengalirkan air panas.

Beberapa ada yang mengusulkan untuk menggunakan pipa dengan material PVC (polyvinyl chloride) karena karakternya yang tebal dan kuat. Kemudian ada juga yang menyarankan memilih pipa dengan material PERT (Polyethylene Of Raised Temperature Resistance. Kedua jenis pipa ini dipercaya bisa tahan hingga suhu 95 derajat celcius. Satu lagi yang disarankan adalah menggunakan pipa tembaga yang khusus untuk instalasi air panas. Salah satu produk pipa yang rekomended untuk digunakan adalah Rucika Kelen Green.

Kenapa Harus Rucika Kelen Green

Rucika Kelen Green adalah produk pipa air panas dan dingin yang digunakan dalam sistem perpipaan lengkap untuk kebutuhan air panas & dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Materialnya dari bahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80.

Pipa air panas Rucika Kelen Green
source: rucika.co.id

Tidah hanya itu, pipa Rucika Kelen Green ini juga sudah menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti kebocoran, bebas perawatan & didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun. 

For your information, sistem ini sebenarnya dirancang untuk sistem sanitari & saluran bertekanan pada: – Perumahan, industri, rumah sakit, hotel dan apartemen. – Sistem udara bertekanan. – Sistem air minum dan makanan cair. – Agrikultur (greenhouse & taman). – Sistem transportasi asam dan cairan agresif.

daftar harga pipa rucika

Rucika Kelen Green menawarkan sistem pipa air panas sekaligus sambungan pipa (fitting) untuk kebutuhan air panas dan dingin yang lengkap dengan standar DIN 8077, DIN 8078, DIN 16962 dan DIN 4726 mulai diameter luar 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm, dan 110 mm. Pipa air panas dan dingin untuk produk Rucika Kelen Green tersedia dalam kelas PN 10, PN 16 dan PN 20. Sedangkan sambungan pipanya tersedia lengkap dengan berbagai fungsi.

PN 10: Digunakan untuk mengaliri air dingin bertekanan. PN 16: Digunakan untuk saluran pipa air panas dan air dingin bertekanan. PN 20: Digunakan untuk saluran pipa air panas bertekanan.

Menentukan Diameter Pipa hingga Tata Letak Water Heaternya

Untuk mempermudah perawatan hingga menghitung berapa pengeluaran yang diperlukan untuk instalasinya adalah dengan menentukan berapa diameter pipa yang akan digunakan. Ini juga nantinya akan berkaitan dengan volume yang akan dihasilkan hingga bagaiamana kemudahan dalam perawatannya.

Selain itu juga penting menentukan jarak antara water heater dengan showernya. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam maintance atau perawatannya. Letakan di daerah yang terjangkau setidak tingginya maksimal 1,5 meter dari lantai sehingga ketika dilakukan resparasi nantinya akan lebih memudahkan. Dan pipa yang akan digunakan juga tidak akan terlalu banyak nantinya.

Memastikan Detail Pipa hingga Keran yang akan Digunakan

Karena bisa menggunakan shower dengan air panas merupakan sebuah rangkaian dari instalasi pipa air panas, maka yang menjadi bagian pentingnya adalah pipa dan keran yang akan digunakan. Maka pastikan semua perlatan dan bahannya sudah ada. Misalnya sok drat, fitting tee, dan sambungan pipa, semua harus diperhitungkan secara presisi, tepat, dan akurat, jika bingung maka tanyakan pada ahlinya. 

Nah, itu dia hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan memasang instalasi air panas untuk shower mandi. Dengan adanya shower air panas di kamar mandi ini tentunya akan membuat penghuni rumah semakin nyaman dan betah di rumah, termasuk catatannya adalah rajin mandi.

Memasang saluran air panas di rumah kini seakan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup modern. Selain lebih praktis, memiliki saluran air panas sendiri di rumah juga bisa lebih hemat energi. Tertarik untuk memasangnya juga di rumah?

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Punya Shower dengan Air Panas dan Dingin? Pipa Air Panas dan Dingin Rucika Solusinya"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink