Yuk Kenali Pengertian dan Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah

Ilhamsadli.com,- Investasi obligasi menjadi salah satu jenis investasi incaran investor muda dan profesional untuk mendapatkan potensi keuntungan. Secara umum, obligasi merupakan surat utang negara dari pihak yang menerbitkan obligasi dan janji pembayaran pokok utang serta bunga ketika jatuh tempo. Investasi ini diterbitkan oleh banyak pihak seperti pemerintah dalam mata uang negara atau mata uang asing, dan perusahaan swasta.

pengertian dan keuntungan investasi obligasi

Untuk investasi obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah ini berjenis SBN ritel yang ditujukan untuk masyarakat luas, khususnya warga negara Indonesia. Investasi ini memiliki keuntungan bagi investor muda jangan lewatkan jenis investasi ini dan raih keuntungannya!

Apa Itu Investasi Obligasi?

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya Anda mengenal apa itu investasi obligasi lebih dalam terlebih dahulu. Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) investasi obligasi adalah surat utang berjangka waktu tertentu yang bisa dijual belikan. Isi dari investasi obligasi sendiri adalah janji pihak tertentu dalam membayar hutang dan imbalannya berupa bunga atau kupon sesuai dengan waktu yang disepakati. Sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran utang, beberapa jenis obligasi dapat dijual belikan pada pihak lain.

Keuntungan Investasi Obligasi

Setiap investor muda yang melakukan investasi tentulah ingin mendapatkan keuntungan yang memuaskan. Sebelum memutuskan untuk memilih jenis investasi, Anda perlu mengulik lebih jauh tentang investasi tersebut, seperti keuntungan apa yang akan didapatkan. Adapun berikut ini merupakan beberapa keuntungan investasi obligasi, yaitu

1. Terjamin

Sebelum melakukan investasi, Anda perlu memastikan keamanan serta legalitas investasi tersebut agar dana yang diinvestasikan dikelola dengan baik. Pasalnya, Anda tidak perlu takut untuk melakukan investasi obligasi pemerintah, karena investasi ini aman, legal dan sudah terjamin pengembalian investor oleh pemerintah.

Perihal investasi obligasi sendiri sudah diatur dalam undang-undang nomor 24 tahun 2002 tentang surat utang negara. Jadi, Anda tidak perlu takut merencanakan membeli obligasi ya!

2. Mendapatkan Kupon Secara Berkala

Salah satu keuntungan investasi obligasi bisa berbentuk kupon atau bunga yang didapatkan secara berkala, baik setiap bulan, 3 bulan ataupun 6 bulan sekali. Kupon ini dibagi menjadi dua yaitu kupon fixed atau tetap, dan kupon floating atau mengambang/tidak tetap.

3. Mendapat Capital Gain

Keuntungan ini bisa didapatkan ketika Anda menjual obligasi ke investor lainnya di pasar Sekunder. Besar kecilnya keuntungan yang didapatkan dari capital gain ini tergantung pada kemampuan investor dalam melihat peluang pasar investasi obligasi.

4. Liquid Asset

Dengan melakukan investasi obligasi Anda bisa mencairkan dana kapan saja dengan mudah dan fleksibel. Namun perlu diingat, Anda hanya bisa merasakan manfaatnya jika berinvestasi obligasi di pasar sekunder.

Di pasar primer, Anda bisa melakukan pembelian ketika initial public offering (IPO) dengan nilai tertentu, umumnya sebagian besar obligasi bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Namun ada jenis obligasi tertentu yang hanya dapat dijual Kembali saat jatuh temponya. Oleh sebab itu, berinvestasi di pasar sekunder cocok untuk jangka menengah dan jangka Panjang, dan mendapatkan potensi capital gain dari fluktuasi harga, dengan demikian, dana dapat ditarik kapan saja sesuai harga yang berlaku di pasar.

Investasi Obligasi Lebih Mudah dan Praktis dengan DBS Treasures

Kini investasi obligasi jadi lebih mudah dan praktis dengan priority banking DBS Treasures. Pasalnya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari DBS Treasures, beberapa di antaranya yaitu:

1. Diterbitkan Pemerintah

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa investasi obligasi pemerintah ini sudah terjamin, aman dan uang kembali karena sudah diatur dalam undang-undang. Jadi Anda tidak perlu takut investasi obligasi pemerintah di DBS Treasures. Investasi obligasi pemerintah bukan hanya memberikan keuntungan bagi pribadi tetapi membantu pemerintah dalam membangun negeri.

2. Tersedia Berbagai Pilihan

Dalam investasi obligasi, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih dengan jangka waktu sesuai preferensi dan tersedia pula dalam mata uang USD dan IDR.

3. Kupon Reguler

Melakukan investasi obligasi dengan DBS Treasures, Anda juga akan mendapatkan kupon reguler pembayaran secara berkala selama periode investasi dari penerbit obligasi. Belum lagi Anda memperoleh potensi keuntungan dari capital gain.

4. Kupon Kompetitif

Selain diberikan secara berkala, kupon atau bunga yang diberikan juga kompetitif di atas rata-rata deposito berjangka. Tentu ini akan sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi investor mendapatkan kupon yang kompetitif.

5. Transaksi 24/7

Untuk bisa berinvestasi dengan efektif dan efisien DBS Treasures memberikan kemudahan transaksi kapanpun di manapun (24/7) dalam genggaman. Tentunya ini sangat bermanfaat dan memudahkan Anda, di mana Anda dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga untuk bertransaksi.

Dengan investasi obligasi di DBS Treasures, Anda juga dapat memesan, membayar, membuat single investor identification, mengecek profil risiko, menjual surat berharga dan lainnya dengan praktis melalui Aplikasi digibank by DBS.

Itulah beberapa hal mengenai investasi obligasi pemerintah beserta keuntungan yang bisa Anda rasakan. Jangan takut untuk melakukan investasi ini dan nikmati keuntungannya. Bergabunglah menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures untuk investasi yang lebih mudah dan praktis.

Minimal penempatan dana 500 juta rupiah, dan dapatkan strategi manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda, agar Anda dapat yakin membuat keputusan akurat yang tepat dengan bergabung di DBS Treasures sekarang juga!

Referensi:
https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds
https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/30/150622069/obligasi-pengertian-fungsi-jenis-keuntungan-dan-contohnya?page=all
https://koinworks.com/blog/pengertian-obligasi/
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Yuk Kenali Pengertian dan Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink