Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi Bisa Sekalian Melatih Kekuatan Otak

Ilhamsadli.com - Pernah menjadi seorang penikmat games ketika smester awal masa kerkuliahan, namun games yang dimainkan memang tidak ringan dan lumayan makan internal ketika itu. Memainkan games dengan genre adventur adalah hal yang paling disukai, karena memang sejak SMP sudah suka game, namun tidak sesuka orang-orang. Jadi games hanya untuk sekadar hiburan saja.

Pada zaman masih sebelum bekerja seperti sekarang memang suka banget menghabiskan waktu beramian game, gamenya adalah DOTA atau sejenis game adventure online. Kadang malah rela untuk ke rental game untuk menghabiskan waktu. Bahkan laptopku yang ketika itu masih laptop lama juga tidak lupa diinstal game online, sebagai hiburan setelah lelah dengan tugas atau praktikum programing. Game paling sering dimainkan kalau offline biasanya itu Zuma atau gamehouse sampai bermain game windows seperti solitire.

Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi Bisa Sekalian Melatih Kekuatan Otak

Kalau saya pribadi memang menggunakan games sebagai hiburan, berbeda dengan beberapa teman yang menggunakan game sebagai salah satu lapak penghasilan. Sebagai seorang yang laptopnya sudah terinstall banyak aplikasi seperti editing video, vector hingga grafis, hingga editing audio tentunya akan susah jika harus menginstall game PC lagi. Maka dibutuhkan Game PC Ringan, kalau bisa gamenya adalah game ringan tanpa install aplikasinya.

Kenapa begitu? Rasanya memang sudah kasian dengan kondisi laptop yang sedemikian banyak aplikasi yang diinstall dan rata-rata masih digunakan. Jadi kalau mau bermain game, solusinya adalah mencari game PC ringan tanpa install aplikasi agar tidak makan banyak RAM.

Manfaat Game Yang Jarang Disadari Orang

Tidak banyak yang peduli mengenai manfaat game sebenarnya, karena kebanyakan menganggap bahwa bermain game hanya menghabiskan waktu saja. Padahal sebenarnya tetap ada manfaat positifnya juga. Salah satu diantaranya adalah bisa menjadi ladang penghasilan, terlebih di era sekarang ini dimana game bukan lagi dianggap hanya bermain.

Oh ya, mari kita kembali pada bahasan mengenai manfaat game ini. Beberapa manfaat game ini diantaranya adalah:

Tingkatkan Kemampuan Pemecehan Masalah

Ketika seseorang bermain game, pasti akan dihadapkan pada sebuah masalah yang butuh solusi. Apalagi untuk penikmat permaian seperti rubik, catur dan sejenisnya yang membutuhkan sebuah pemikiran untuk bisa menyelesaikan masalah. Intinya dalam sebuah game, baik online maupun offline akan membutuhkan sebuah kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat lain dari bermain game adalah bisa meningkatkan konsentrasi, terutama untuk beberapa jenis game yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Konstrasi di sini nantinya akan berkaitan dengan bagaimana menyusun sebuah startegi dan penerapannya ketika bermain.

Mengurangi Egoisme

Beberapa games bisa meningkatkan kerjasama dan koordinasi. Karena ada beberapa games yang membutuhkan kerja tim dan bukan kerja sendiri. Jadi ketika kerjasama tim bisa dijalin dengan baik serta meminimalisir rasa ego, maka sebuah permainan nantinya bisa dikatakan akan berhasil atau positif vibes.

Melatih Kreatifitas dan Keinerja Otak

Selain memang bisa mingkatkan konsentrasi, dengan bermain game juga bisa melatih kreatif seseorang serta meningkatkan kinerja otak. Kenapa bisa demikian? Karena pada dasarnya ketika bermain game otak seseorang juga bekerja untuk membuat serta mengambil sebuah keputusan langkah mana yang akan dimabil. Terkadang ketika dalam keadaan terdesak juga bisa saja melakukan improvisasi pengambilan langkah dengan memikirkan beberapa resiko dari pengambilan keputusan tersebut.

Menghilangkan Stres

Seperti tujuan awal seseorang bermain game adalah menjadi sarana hiburan, maka bermain game bisa juga untuk menghilangkan rasa stress. Seseorang yang bekerja penuh waktu dengan tugas dan kerjaan yang bertumpuk bisa saja stress, maka bisa dihilangkan dengan bermain game.

Menambah Kosa Kata Bahasa Asing

Kita pasti tahu bahwa semua games memiliki banyak pilihan bahasa dan tidak semua bahasa menyediakan bahasa Indonesia. Maka dengan menggunakan bahasa inggris dalam fiturnya akan membantu meningkatkan kosa kata. Serta terkadang juga bisa bermain satu paggung dengan gamers dari luar negeri.

Bermain game PC yang ringan memang menjadi pilihan yang tepat jikalau laptop yang digunakan sudah terlalu banyak aplikasi berat. Dan pastinya akan menjadi nilai plus ketika games tersebut bisa diakses secara gratis pula. Nah, beberapa game PC ringan tanpa install berikut ini bisa menjadi pilihan yang patut dicoba untuk yang berniat mencari hiburan sekaligus meningkatkan mood.

Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi dan Bermain Online

Ada beberapa rekomendasi game pc online yang ringan tanpa harus install aplikasi yang mungkin bisa dicoba. Semua game ini juga bisa diakses secara gratis dalam satu platform. Game yang bisa dipilih diantaranya adalah Mahjong Games, Cards Games, Hidden Object Games dan beberapa kategori menarik lainnya.

Klasik Solitaire

Untuk pengguna Windows pasti sudah tidak asing dengan maen Solitaire ini, karena biasanya jenisnya adalah spider solitaire. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan game di Windows. Hanya mengurutkan kartu sesuai dengan jenis dan warnanya. Permainan ini pernah sangat populer di tahun 2006 ketika di sekolah saya masih hanya beberapa komputer yang tersedia. Biasanya petugas tata usaha yang kita anggap sibuk ternyata lagi bermain solitaire.

Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi

Jenis game solitaire ini sebenarnya ada banyak pilihannya mulai dari klasik hingga spider. Cara bermainnya juga saya yakin banyak yang sudah mengerti. Cara bermain yang tidak sulit serta hanya membutuhkan akses internet yang stabil ini sudah cukup untuk membantu mengurangi stress sampai menjadi sarana hiburan. Ketika bermain ini, saya pribadi merasa kembali ke masa lalu. Hehehe...

Game jenis ini jika dirujuk dari manfaat games diatas maka akan mendapatkan poin untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Karena setiap keputusan yang akan diambil nantinya akan berpengaruh pada langkah-langkah selanjutnya. Jikalau salah mengambil keputusan maka bisa saja permainan berakhir sampai di situ.

Solitaire Mahjong

Games kedua adalah game mahjong. Game ini bisa meningkatkan tingkat konsentrasi seseorang, karena beberapa mahjong terlihat sama. Dan untuk bisa mendapatkan poin haruslah memilih mahjong dengan karakter yang sama. Secara sederhana, sistem bermainnya adalah dimainkan dengan strategi yang cukup mudah, dimana players hanya perlu menggabungkan dua buah mahjong yang sama untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya.

Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi

Masing-masing pemilihan mahjong ini punya waktu 1 menit. Jadi selain harus konsentrasi juga kecepatan jari dilatih, dengan kata lain ketangkasan dan kecepatan berpikir dilatih dalam game ini. Game ini juga diberikan music dengan sound yang melengkapi gamenya. Setelah permainan selesai, biasanya akan muncul skor akhir hingga waktu yang dihabiskan ketika bermain mahjong tadi.

Teka Teki Silang

Siapa yang suka bermain teka teki silang yang cover depannya adalah artis? Kalau anda adalah orangnya maka kita sama, saya pribadi sangat tertarik dengan game jenis ini. Rasanya seperti sedang melatih berapa jumlah perbendaharaan kata yang saya miliki. Namun sampai sekarang hampir tidak ada yang bisa diselesaikan sepenuhnya tanpa bantuan.

Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi

Kemudian kemarin levelnya berubah menjadi game online pc ringan bermain kata. Ditambah lagi dengan penggunaan bahasa inggris, jadi otomatis perbendaharaan bahasa inggris menjadi kunci jawaban dari permainan ini. Ketika mencoba gamenya, saya pribadi masih merasa kesulitan. Kesulitannya beragam, kadang saya tau kata yang dimaksud tetap jika dipadukan dengan kata dibawahnya menjadi kata yang keliru. Hal inilah yang membuat saya pribadi merasa tertantang untuk bermain game Daily Crossword puzzle ini. Ya, meskipun memang merasa lelah dan kesal karena belum bisa menjawab dengan luwes.

Nah, ketiga games seru ini bisa diakses secara gratis di Solitaire.org dengan tidak hanya 3 jenis game ini saja. Ada masih banyak sekali rekomendasi games yang bisa dicoba, tinggal kira-kira anda cocok bermain games yang mana.

Tidak perlu khawatir kesulitan bermain, karena disana sudah disediakan panduan cara bermainnya. Yang menarik dari platform game yang satu ini adalah penggunaanya yang user friendly, sehingga dapat diakses oleh segala usia dan aman untuk anak dibawah umur. Dengan demikian, jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan otak sekaligus menghilangkan rasa bosan dans stress, yuk segera kunjungi website resmi Solitaire.org dan mainkan jutaan game online PC ringan gratis dan menarik lainnya.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Game PC Ringan Tanpa Install Aplikasi Bisa Sekalian Melatih Kekuatan Otak"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink