Berbagai Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah

Ilhamsadli.com,- Kini Anda bisa menjumpai banyak sekali perusahaan asuransi yang berfokus pada asuransi kesehatan, salah satunya asuransi kesehatan Syariah. Manfaat menggunakan asuransi kesehatan Syariah memang banyak sekali terutama untuk perlindungan jika sewaktu-waktu ada kondisi kesehatan lainnya yang tidak bisa diprediksi menimpa Anda.

Berbagai Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah

Dengan membuat asuransi kesehatan, maka Anda sudah memulai untuk melakukan perlindungan kesehatan sejak dini. Apalagi asuransi Syariah bisa menjadi pilihan bagi nasabah muslim yang menginginkan produk investasi halal dan bersih dari perkara larangan syariat Islam. Lebih lengkapnya, Anda bisa simak penjelasan artikel ini dengan seksama.

Pengertian Asuransi Kesehatan Syariah

Secara garis besar, asuransi kesehatan akan terbagi menjadi 2 (dua) yaitu, asuransi kesehatan konvensional dan juga syariah. Adapun maksud dari asuransi kesehatan Syariah ini adalah asuransi yang memberikan jaminan resiko kesehatan serta pertanggungan biaya pengobatan dengan berlandaskan prinsip syariah Islam saat penentuan premi dan juga proses klaimnya.

Prinsip dan Tujuan Asuransi Kesehatan Syariah

Adapun prinsip yang diterapkan dalam setiap kegiatan di asuransi kesehatan Syariah ini antara lain:

  • Takaful dan Tabarru, artinya bekerjasama dengan tujuan berbagai resiko. Maksudnya adalah semua kegiatan investasi dan bisnis yang dilakukan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi beserta peserta. Sedangkan untuk tabarru sendiri merupakan dana himpunan yang berasal dari peserta dan digunakan untuk menjalankan perekonomian yang sedang dikelola oleh perusahaan asuransi tersebut.

  • Pengembalian dana, artinya premi yang sudah dibayarkan oleh peserta sampai masa pertanggungan selesai akan dikembalikan lagi sesuai kesepakatan. Sehingga tidak ada dana yang hangus dari dana premi yang telah disetorkan selama masa pertanggungan tersebut.

  • Landasan ibadah, artinya adanya penekanan nilai amal ibadah berupa tolong menolong antar sesama peserta asuransi. Kemudian jika ada peserta yang terkena musibah maka digunakan lah setiap premi yang dibayarkan tadi.

  • Kemudian tujuan dari diadakannya asuransi kesehatan Syariah adalah untuk saling melindungi serta menolong antar sesama pemegang polis asuransi Syariah. Lalu upaya ini akan tercipta melalui dana peserta asuransi yang telah dikelola perusahaan dan dikembalikan sesuai perjanjian.

Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah

Berikut manfaat menggunakan asuransi kesehatan Syariah yang akan didapatkan oleh para peserta, antara lain:

  • Tidak adanya dana hangus sebab biaya premi telah dibayarkan selama masa pertanggungan dan akan dikembalikan usai masa pertanggungan selesai.
  • Adanya transparansi dalam pengelolaan perusahaan.
  • Tidak ada dana riba, sebab investasi penggunaannya langsung diawasi oleh Dewan Syariah Nasional
  • Jika peserta tidak bisa membayar premi bulanan maka akan tetap memperoleh keuntungan yang sama seperti lainnya.
  • Adanya pengawasan langsung dari pemerintah serta Dewan Syariah Nasional

Contoh Produk Asuransi Kesehatan Syariah

Adapun contoh produk asuransi kesehatan Syariah yang bisa kamu pilih salah satunya adalah asuransi kesehatan syariah Prudential. Prudential Syariah juga ikut berpartisipasi untuk menawarkan produk asuransi kesehatan yang berbasis Syariah.

Sebenarnya, prudential Syariah ini memiliki dua produk antara lain asuransi kesehatan Syariah dan PRUPrime Healthcare Plus Syariah. Produk kedua ini adalah asuransi tambahan yang memberikan perlindungan kesehatan melalui pembayaran manfaat yang disesuaikan dengan tagihan rumah sakit. Sementara untuk asuransi kesehatan Syariah prudential sendiri adalah asuransi yang bisa Anda ambil setelah membeli asuransi utama.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat menggunakan asuransi kesehatan Syariah. Kemudian juga telah dijelaskan bagaimana prinsip yang dipegang oleh asuransi kesehatan Syariah ini. Anda bisa gunakan produk asuransi kesehatan dan prudential Syariah ini sebagai jaminan resiko kesehatan Anda. Jadi, segera daftarkan diri Anda ke asuransi kesehatan syariah Prudential ya!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Syariah"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink