Apakah Kartu Kredit Lebih Menguntungkan atau Merugikan?

Ilhamsadli.com,- Memiliki kartu kredit memang memiliki keuntungan dan kerugian yang harus dipahami dengan bijak. Pengelolaan keuangan menjadi faktor utama apakah seseorang bisa mendapatkan keuntungan daripada kerugian dari penggunaan kartu kredit ini.

Transaksi menggunakan kartu kredit memang sangat memudahkan. Bahkan ada banyak promo yang bisa didapatkan dalam bentuk diskon, voucher, cashback, hingga poin reward. Hanya saja, jika kemudahan tersebut tidak disikapi dengan bijak, maka akan membebani keuangan kamu sendiri.

Apakah Kartu Kredit Lebih Menguntungkan atau Merugikan?

Nah, apa saja keuntungan dan kerugian dalam penggunaan kartu kredit ini?

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Produk pembayaran non tunai ini sangat praktis digunakan, dan bisa memberikan banyak waktu dalam pembayaran. Nah, apa saja keuntungan jika menggunakan kartu kredit?

Bisa membeli barang yang harganya mahal meski dana belum cukup.

Kartu kredit akan memudahkan siapapun dalam berbelanja, terutama ketika dana yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli barang yang diinginkan. Kamu bisa mendapatkan kredit secara instan dan menggunakannya untuk membeli barang tersebut.

Kamu pun tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kredit tersebut. Cukup adanya kartu kredit ini secara otomatis, akan dibayarkan oleh bank penyedia kartu kredit.

Praktis dalam transaksi online maupun offline.

Semua transaksi baik online maupun offline bisa dibayarkan dengan mudah melalui kartu kredit ini. Apalagi sekarang ini semua payment terhubung dengan kartu kredit. Jadi kamu bisa melakukan belanja apapun baik secara online maupun offline dengan mudah.

Kamu juga tidak perlu harus membawa banyak uang cash ketika membeli suatu barang. Cukup dengan menggunakan kartu kredit semua bisa dibayarkan secara otomatis dan praktis.

Ada banyak promo yang ditawarkan.

Banyak platform yang menyediakan berbagai macam promo dalam pembayaran menggunakan kartu kredit ini. Promo tersebut dalam bentuk diskon, cashback, voucher, hingga reward poin.

Ketika memahami hal ini, siapapun bisa memanfaatkannya untuk berbelanja dengan lebih hemat. Bahkan dari setiap belanja menggunakan kartu kredit ini, bisa menghemat uang mulai 5% sampai 10%, bahkan ada yang menawarkan lebih dari itu.

Bisa mendapatkan cicilan dengan bunga 0%.

Ada beberapa cicilan dengan bunga 0% untuk beberapa pembelian barang dengan nominal tertentu. Biasanya program cicilan tanpa bunga ini untuk alat-alat elektronik dengan harga yang relatif mahal.

Masa tenor yang ditawarkan untuk program ini pun beragam. Mulai dari jangka waktu pembayaran 3 bulan hingga 24 bulan.

Pembayaran tagihan bulanan lebih mudah.

Selalu ada fitur pembayaran untuk tagihan bulanan seperti listrik, air, internet, dan lain sebagainya dengan mudah. Bahkan proses pembayaran ini bisa dilakukan secara otomatis tiap bulannya. Jadi, kamu tak perlu lagi menghafalkan nomor-nomor tagihan yang terlalu rumit tersebut.

Bisa tarik tunai.

Kredit yang diberikan dalam kartu kredit ini bisa ditarik secara tunai lewat ATM. Hanya saja dalam fitur ini ada limit yang membatasi jumlah tarikan. Selain itu, kamu harus bijak dalam menggunakannya, karena ada biaya yang dibebankan.

Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Selain sisi yang menguntungkan, tentunya ada kekurangan yang dimiliki dalam penggunaan kartu kredit ini. Apa saja kerugian ketika menggunakan kartu kredit ini?

Diberlakukan syarat yang ketat.

Banyak orang menginginkan kartu kredit karena banyaknya tawaran yang diberikan. Permintaan masyarakat terhadap kartu kredit ini dibarengi dengan persyaratan yang relatif ketat. Beberapa syarat membuat kartu kredit yang umumnya diberikan seperti pendapatan minimal, jenis pekerjaan, usia, dan lain sebagainya.

Besarnya penghasilan nantinya akan menentukan seberapa besar limit yang didapatkan. Minimal seseorang bisa mendapatkan kartu kredit ini dengan penghasilan Rp 3 juta.

Adanya bunga yang relatif mahal.

Dibebankan bunga dengan rata-rata sebesar 2,25% setiap bulannya untuk pengguna kartu kredit di Indonesia. Bunga tersebut jika dikalkulasi dalam kurun waktu setahun, menjadi sebesar 27%. Tentunya besaran bunga tersebut lebih mahal daripada bunga yang ditawarkan dari jenis kredit lainnya.

Untuk menghindari tagihan bunga yang semakin besar, kamu harus membayarnya sebelum jatuh tempo. Sehingga akan mengurangi beban biaya bunga tersebut, dan bahkan ada penyedia kartu bank yang tidak membebankan bunga sama sekali, asalkan tidak melewati jatuh tempo.

Ada denda keterlambatan.

Denda keterlambatan pembayaran cicilan kartu kredit ini bisa dibebankan sebesar 3%. Belum lagi ada biaya transaksi yang juga akan dibebankan ketika terlambat dalam pembayaran tersebut.

Oleh karena itu, seseorang yang memiliki kartu kredit harus punya komitmen yang kuat untuk lebih disiplin dalam melakukan pembayaran.

Ada iuran tahunan.

Iuran tahunan atau annual fee ini akan dibebankan kepada setiap pengguna kartu kredit. Setiap penyedia punya besaran yang berbeda-beda dari biaya ini, tergantung dari jumlah limit yang didapatkan. Biasanya besarnya iuran ini mulai dari Rp 125 ribu hingga jutaan rupiah.

Keinginan belanja yang tak terkendali.

Memiliki kartu kredit memang harus sangat bijak dan mampu mengendalikan diri. Jika tidak, kamu bisa berbelanja tak terkendali, dan hasilnya akan membuat kamu rugi sendiri.

Jika hasrat berbelanja tidak terkontrol, ke depannya pastinya beban untuk melakukan cicilan menjadi semakin berat.

Penggunaan kartu kredit ini harus bijak. Jika mampu memanfaatkannya dengan baik, maka akan banyak keuntungan yang didapatkan. Agar kamu mendapatkan lebih banyak lagi keuntungan, dapatkan Kartu Kredit digibank Live Fresh.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit digibank Live Fresh

Setelah mengetahui ada banyak keuntungan yang ditawarkan kartu kredit, ternyata masih banyak lagi keuntungan dari digibank Live Fresh ini. Nah, berikut ini USP produk yang ditawarkan:

Cashback hingga Rp1,5 juta

Kamu bisa langsung nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank-mu disetujui

Cashback 5% tiap transaksi online.

Kamu malah bisa berhemat dengan belanja menggunakan kartu kredit ini. Karena setiap kali transaksi online bisa mendapat cashback 5%

Tambah poin reward setiap transaksi Rp 10 ribu

Selain ada cashback ada tambahan poin yang bisa ditukarkan. Semakin banyak kamu belanja, semakin banyak pula poin yang didapat.

Atur cicilan sendiri hingga 60 bulan.

Kamu bisa mengatur jumlah cicilan hingga 60 kali. Jadi pastinya akan sangat meringankan bukan?

Mengatur dan monitoring semua transaksi lewat satu aplikasi.

Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa mengelola semua transaksi kartu kredit. Mulai dari melihat informasi transaksi, aktivasi dan pembuatan pin, hingga penukaran poin.

Gratis iuran pertama.

Kamu juga akan mendapatkan gratis iuran tahunan dengan berbelanja sebesar Rp 1 juta untuk 60 hari pertama.

Itulah keuntungan dan kerugian dalam penggunaan kartu kredit. Semuanya tergantung dari kebijakan kamu dalam mengelola keuangan. Namun dengan apply Kartu Kredit digibank Live Fresh, kamu bisa dapatkan keuntungan lebih banyak lagi.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Kartu Kredit Lebih Menguntungkan atau Merugikan?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink