Apa Itu Digital Banking & Apa Saja Keuntungannya?

Ilhamsadli.com,- Digital Banking pada dasarnya merupakan sebuah produk yang sedang hangat dan menjadi topik bahasan untuk mempercepat digitalisasi di bidang keuangan. Penggunaannya yang semakin meningkat dan tidak berbatas umur membuat para pelaku bisnis perbankan terus mengembangkan layanan elektronik ini.

Apa Itu Digital Banking & Apa Saja Keuntungannya?

Digital Banking penting bagi masyarakat atau nasabah yang ingin melakukan berbagai transaksi berbagai dengan cepat dan praktis. Jika dulu para nasabah harus mendatangi kantor bank untuk menjalankan berbagai transaksi maka sekarang hal tersebut sudah bukan jamannya. Karena dengan adanya Digital Banking semua aktivitas perbankan yang umum dilakukan oleh para nasabah bisa kita lakukan saat kapanpun dan dimanapun. Asalkan Anda mempunyai smartphone yang terkoneksi internet ketika Anda mengaksesnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai apa itu Digital Banking dan Apa Saja Keuntungan yang akan kita peroleh saat menggunakannya. Serta produk Digital Banking apa yang paling banyak peminatnya di kalangan para nasabah.

Mengenal Digital Banking Secara Umum

Digital Banking adalah ragam aktivitas perbankan yang berkembang di era digital. Dimana untuk melakukannya Anda membutuhkan bantuan internet atau perangkat elektronik itu sendiri. Produk Digital Banking juga ada bermacam-macam, dari mulai SMS banking, lalu phone banking, internet banking dan selanjutnya ada mobile banking.

Masing-masing produk tentunya juga hadir dengan fitur-fitur yang berbeda. SMS banking dan phone banking pada dasarnya menggunakan jaringan telepon untuk bisa menikmati fitur yang ada. Diantaranya fitur deposito, membayar tagihan, transfer dan sebagainya. Sedangkan untuk internet banking Anda bisa melakukan transaksi perbankan yang lebih bermacam-macam dari mulai transfer hingga pengisian uang elektronik. Dan selanjutnya produk Digital Banking yang paling lengkap fiturnya adalah mobile banking.

Apa Itu Digital Banking & Apa Saja Keuntungannya?

Dengan mobile banking Anda bisa melihat mutasi rekening, investasi, melakukan deposito, pembukaan rekening baru, bahkan menaikkan limit kredit secara online. Dan tentunya mobile banking telah lengkap dengan sistem keamanan yang canggih yaitu menggunakan fingerprint maupun Face ID.

Sebelum berkembangnya Digital Banking Anda wajib datang ke kantor bank apabila hendak mengurus pembukaan rekening baru. Kemudian jika dulu Anda ingin melakukan tarik tunai, Anda harus datang ke ATM terdekat baru bisa mencairkan uang. Namun sekarang dengan adanya Digital Banking berupa Mobile Banking Anda tak perlu lagi mengambil uang langsung di ATM dengan menggunakan kartu ATM.

Apa Keuntungan Menggunakan Digital Banking?

Di dunia bisnis penggunaan Digital Banking telah memberikan banyak keuntungan. Dimana menjadikan keuangan dari sebuah bisnis pengelolaannya jauh lebih fleksibel dan lebih mudah. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda rasakan jika menggunakan perbankan digital untuk bertransaksi.

Bisnis Menjadi Efisien

Saat Anda menggunakan Digital Banking untuk urusan bisnis tentunya akan memberikan banyak kemudahan. Diantaranya berbagai urusan bisnis yang ada kaitannya dengan perbankan bisa cepat terselesaikan. Selain itu Anda sudah tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi setiap kali hendak melakukan transaksi. Karena semuanya bisa kalian jalankan secara online dengan smartphone atau laptop.

Serba Online

Apabila bisnis Anda tidak update terhadap perkembangan Digital Banking maka bisa kita katakan bisnis Anda cukup tertinggal dan tidak mengikuti perkembangan jaman. Oleh karena itu seiring dengan adanya perbankan digital yang terus mengalami kemajuan, maka pelaku bisnis juga harus bisa mengalihkan segala aktivitas pembayaran menjadi serba online.

Aman

Ketika Anda menggunakan produk dari perbankan digital maka Anda akan bertransaksi secara lebih aman. Karena saat ini teknologi sudah ada enkripsi yang canggih sehingga bisa memberikan perlindungan yang lebih tinggi bagi nasabah. Produk Digital Banking yang mempunyai keamanan tinggi adalah mobile banking sehingga Anda bisa melakukan cek rekening bank secara aman tanpa takut data Anda terekspos.

Hemat

Selain lebih efisien penggunaan Digital Banking juga mendukung para pelaku bisnis lebih hemat. Hal ini juga berlaku di dunia bisnis perbankan. Dimana mereka bisa mereduksi penggunaan kertas untuk kebutuhan transaksi manual. Sedangkan bagi para nasabah, mereka hanya butuh jaringan internet untuk setiap kali akses ke perbankan digital dan tidak memerlukan biaya transportasi.

Lebih Memudahkan

Saat Anda sudah terbiasa dengan produk Digital Banking maka segala transaksi perbankan akan berlangsung lebih mudah. Hanya dengan beberapa kali klik dan verifikasi persetujuan transaksi maka segala transaksi bisa berhasil saat itu juga. Selain itu apabila pihak perbankan mempunyai kerjasama dengan merchant online, maka aktivitas belanja online nasabah akan lebih mudah. Digital Banking bisa kalian akses kapan saja selama punya jaringan internet dna tentunya hal ini memudahkan kalian untuk bertransaksi.

Dari keuntungan-keuntungan yang ada tentunya nasabah harus sudah bisa menentukan mana produk Digital Banking yang hendak mereka gunakan. Apabila Anda merupakan nasabah yang butuh kepraktisan dan ingin transaksi berlangsung lebih cepat maka Anda bisa menggunakan mobile banking dari bank konvensional yang Anda gunakan. Dan menurut kami bank konvensional yang menawarkan mobile banking versi lengkap adalah PermataBank dengan produk PermataMobile X.

Mengenal PermataMobile X Produk PermataBank

PermataMobile X merupakan produk PermataBank yang sangat populer. Hal tersebut karena aplikasi ini mempunyai ratusan fitur yang bisa nasabah gunakan untuk bertransaksi. Selain mudah ada beberapa kelebihan dari PermataMobile X yang patut kita ketahui, diantaranya:

Lebih Canggih

PermataMobile X merupakan aplikasi canggih dan mempunyai ratusan fitur yang bisa membantu para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan.

Lebih Aman

Sebuah aplikasi bisa kita katakan aman apabila aplikasi tersebut mempunyai fitur login yang terenkripsi dengan canggih. Dengan hadirnya fitur Face ID dan juga fingerprint tentunya PermataMobile X akan menjadi lebih aman ketika digunakan oleh para nasabahnya.

Lebih Praktis

PermataMobile X lebih praktis karena hanya dengan satu aplikasi tersebut Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi. Seperti pembukaan rekening tabungan, membayar berbagai tagihan, melihat mutasi keuangan setiap rekening, dan bahkan Anda bisa mengajukan KTA menggunakan aplikasi mobile banking ini.

Adanya kelebihan ini tentunya menjawab keraguan para nasabah saat akan menggunakan PermataMobile X. Dan dari kelebihan tersebut kita akan bisa mendapatkan gambaran terkait berbagai hal yang bisa kita lakukan menggunakan salah satu produk Digital Banking ini. Berikut ini beberapa hal utama yang bisa Anda lakukan dengan PermataMobile X:

  1. Membayar tagihan bulanan. Dari mulai tagihan kebutuhan rumah hingga tagihan kartu kredit kita.
  2. Pengecekan mutasi rekening (12 bulan kebelakang). Sehingga aktivitas keuangan yang kita jalankan akan jauh lebih terkontrol dan teratur.
  3. Pengisian e-wallet, pulsa, top up token listrik dan pembelian voucher games. Hal ini tentunya membuat hidup kita berjalan lebih praktis dan lebih hemat energi serta waktu. Sehingga kita bisa mengalokasikan energi kita untuk aktivitas kita yang lebih penting.
  4. Pembukaan rekening tabungan baru. Dengan layanan perbankan digital ini kita bebas membuka rekening tabungan baru secara online kapanpun kita membutuhkannya.
  5. Pembuatan kartu kredit online dan menaikkan limit sementara kartu kredit
  6. Pengajuan KTA bisa Anda jalankan secara online
  7. Jual beli maupun switching Reksa Dana dengan mudah
  8. Pembayaran menggunakan QR Pay pada banyak merchant atau toko
  9. Tarik tunai tanpa kartu ATM cukup dengan fitur Mobile Cash yang ada di PermataMobile X di semua gerai indomaret yang ada di Indonesia.
  10. WhatsApp Gift yang memungkinkan kita mengirim uang hanya dengan modal nomor WahatsApp tujuan.
  11. Dan lain sebagainya

Sebagian hal di atas adalah yang bisa Anda lakukan dengan PermataMobile X dan tentunya masih ada ratusan fitur lain yang bisa Anda eksplor untuk memudahkan transaksi Anda. Apabila Anda tertarik dengan PermataMobile X dan belum bergabung menjadi nasabah mereka, maka tenang saja. Anda hanya perlu download aplikasi mobile banking tersebut dan melakukan registrasi secara online tanpa perlu datang ke kantor PermataBank. Ragam perkembangan Digital Banking seperti ini harus kita sambut dengan baik terutama bagi kita yang mempunyai bisnis online yang sedang berkembang.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Digital Banking & Apa Saja Keuntungannya?"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink