6 Tips Memulai Online Shop untuk Pemula Bisnis

Ilhamsadli.com,- Demi menghindari risiko gulung tikar, banyak pengusaha yang berbondong-bondong beralih untuk menjalankan bisnisnya secara online begitu pandemi melanda. Mulai dari pengusaha kecil-kecilan hingga korporasi raksasa, tidak sedikit usahawan yang mulai menyadari pentingnya peran online shop dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya, khususnya selama COVID-19 mewabah.

Dengan dibukanya online shop, pemasukan dari usaha-usaha tersebut tetap dapat dikendalikan, meski angka pengunjung toko fisik berkurang drastis. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa e-Commerce berperan krusial untuk menunjang kesuksesan bisnis dari jutaan niagawan di Indonesia.

6 Tips Memulai Online Shop untuk Pemula Bisnis

6 Tips Memulai Online Shop untuk Pemula

Apabila bisnis Anda juga termasuk salah satu yang terdampak pandemi COVID-19, Anda sebaiknya mulai menjajaki ranah online marketing untuk menghidupkan kembali transaksi jual beli di toko Anda yang sempat loyo.

Kabar baiknya, membuat toko online sekarang semakin mudah berkat kehadiran website builder yang dipersenjatai dengan fitur-fitur canggih. Dengan kata lain, pemula bisnis yang sama sekali buta teknologi pun bisa meluncurkan situs webnya secara mandiri, bahkan tanpa panduan profesional sekalipun.

Lantas, bagaimana caranya? Baca panduan lengkap mengenai tips memulai online shop untuk pemula di bawah ini.

1. Pilih Website Builder Terpercaya

Seperti yang telah disinggung secara singkat sebelumnya, kini siapa saja dapat membuat online shop dengan praktis tanpa memerlukan bantuan ahli berkat tersedianya website builder. Website builder, selain umumnya digunakan untuk membuat situs web sederhana dan blog, rupa-rupanya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat online shop.

6 Tips Memulai Online Shop untuk Pemula Bisnis
source: Canva Pro

Dengan platform ini, Anda bisa mendesain penampilan toko online Anda sesuai dengan branding bisnis Anda. Walau ada beraneka ragam website builder yang berbeda di luar sana, Zyro adalah satu-satunya platform yang menawarkan fitur-fitur ulung dengan biaya terendah. Zyro paling cocok bagi pebisnis pemula dengan keahlian desain dan anggaran terbatas.

Zyro memiliki dua jenis paket yang diperuntukkan khusus buat toko online, yakni paket eCommerce dan eCommerce Plus. Berikut perbandingan di antara keduanya:

  • eCommerce. Paket ini lebih ditujukan bagi pemula seperti Anda yang baru saja hendak mencoba berbisnis secara online. Ditawarkan dengan harga khusus sebesar Rp49.000,00 per bulan, Anda dapat memajang hingga 100 produk di etalase Anda. Jika bisnis Anda tergolong skala kecil dan menengah, maka paket eCommerce ini terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

  • eCommerce Plus. Dibanderol dengan harga khusus sebesar Rp108.500,00 per bulan, paket ini dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang tidak bisa ditemukan dalam paket eCommerce. Contohnya, ada opsi untuk menyaring produk dan memasarkan produk di Amazon. eCommerce Plus ideal bagi pebisnis yang ingin “go international” dan menjangkau lebih banyak audience.

Di samping itu, kedua paket di atas juga difasilitasi dengan fitur-fitur lainnya, seperti:

Penyimpanan dan bandwith tidak terbatas

  • Email gratis selama tiga bulan
  • Sertifikat SSL
  • SEO
  • Templat modern buatan desainer
  • Hosting gratis
  • Domain gratis untuk setahun
  • Integrasi dengan marketing tools

Tertarik membuat online shop Anda sendiri dengan Zyro? Buat toko online sekarang dan klaim promo istimewa terbatas!

2. Tentukan Nama Domain

Tahap pertama yang harus Anda tuntaskan dalam membuat toko online adalah menetapkan nama domain. Sayangnya, Anda mungkin akan menemui sedikit rintangan di babak ini.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Digital in the Round, terdapat sekitar 12 sampai 24 juta online shop di seluruh penjuru dunia pada awal tahun 2021. Tentu, jumlahnya akan bertambah seiring berjalannnya waktu.

Apa artinya? Dengan kata lain, ada kemungkinan kalau nama domain pilihan Anda sudah menjadi hak milik dari bisnis lain. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk menjadi sekreatif mungkin guna menonjolkan usaha Anda. Namun, jangan lupakan juga soal faktor-faktor berikut:

  • URL yang pendek jauh lebih gampang diingat
  • Periksa ketersediaan nama domain sebelum memutuskan untuk membeli
  • Sesuaikan nama domain dengan branding dan logo bisnis Anda
  • Gunakan nama bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness calon pembeli

3. Desain Toko Online

Desain dari situs eCommerce Anda amat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis online Anda. Ini lantaran desain merupakan elemen yang mula-mula dilihat oleh visitor sebelum ia memutuskan apakah ia hendak berbelanja di toko online Anda, atau justru kabur ke bisnis pesaing.

desain toko online
source: Canva Pro

Kalau Anda asal-asalan dalam mendesainnya, maka bisa dipastikan kredibilitas toko online Anda yang menjadi korbannya. Padahal, kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan amat diperlukan untuk mendorong terjadinya sales.

Meski umumnya tahap ini membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan, dengan templat bawaan Zyro, tentu prosesnya akan lebih cepat. Templat-templat Zyro didesain oleh profesional. Inilah sebabnya mengapa koleksinya tampak menarik.

Selain itu, templat toko online Zyro juga responsif digunakan untuk bermacam-macam perangkat. Zyro juga tidak membebankan biaya tambahan bagi Anda untuk mengakses galerinya, alias templat-templat ini gratis digunakan, terlepas dari apa pun paket pilihan Anda.

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika mendesain online shop Anda?

  • Halaman Depan. Di halaman depan, Anda sebaiknya memajang produk-produk terbaik Anda, memastikan laman mobile-friendly, dan memiliki waktu loading yang singkat. Selain itu, jika memungkinkan, jangan lewatkan untuk menambahkan ulasan dan testimonial dari pelanggan setia Anda.
  • Lalu, beri menu utama untuk memudahkan navigasi visitor dalam merambah toko online Anda. Menu-menu yang wajib ada di toko online Anda antara lain menu Produk, Tentang Kami, Kontak, Kebijakan Privasi, dan Kebijakan Pengembalian.
  • Struktur Navigasi. Dengan struktur navigasi yang baik, calon pembeli dapat menemukan produk Anda dengan mudah dan efisien. Jika visitor tidak dapat menemukan ke mana arah yang harus mereka tuju demi menemukan barang yang Anda tawarkan, salah-salah ia justru lebih memperhitungkan untuk berbelanja di toko online milik kompetitor Anda.

4. Tambahkan Produk

Ketika calon pembeli berbelanja di toko fisik, mereka dapat berinteraksi langsung dengan produk-produk Anda. Namun, hal ini tidak berlaku di toko online.

Saat membeli barang secara online, satu-satunya yang bisa customer lakukan adalah mempercayai seluruh informasi yang tertera di layar. Alhasil, kalau ada informasi penting yang luput Anda berikan dalam keterangan produk-produk Anda, maka besar kemungkinannya jika calon pembeli urung berbelanja di toko Anda.

Inilah pentingnya memastikan bahwa setiap deskripsi produk di online shop Anda memuat segala detail relevan yang berkaitan dengan produk tersebut. Berikan pula gambar produk yang jelas dan berkualitas tinggi (tidak buram) yang diambil dari berbagai macam sudut untuk meyakinkan pelanggan.

Dan yang terpenting adalah selalu gunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Hindari penggunaan jargon yang jarang diketahui khalayak umum. Dengan begitu seluruh pembeli Anda dapat mencerna pesan yang Anda sampaikan dalam waktu singkat, terlepas dari tingkat literasi masing-masing.

5. Atur Metode Pembayaran

Ini merupakan bagian vital lainnya dari memulai online shop. Metode pembayaran diperlukan untuk memudahkan pelanggan dalam, tentu saja, membayar belanjaan pembeli.

Beruntungnya, Anda tidak perlu repot-repot mengatur soal elemen ini. Dengan Zyro, Anda dapat mengintegrasikan beraneka ragam payment method, mulai dari kartu debit, kartu kredit, hingga PayPal dan Yandex.

6. Tetapkan Opsi Delivery

Langkah terakhir sebelum meluncurkan online shop Anda yakni dengan menetapkan opsi pengantaran barang untuk bisnis Anda. Soal aspek yang satu ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhitungkan:

  • Apakah Anda akan memberikan free shipping atau membebankan biaya shipping sepenuhnya pada pelanggan?
  • Apakah Anda juga menyediakan pengambilan di tempat?
  • Apakah Anda akan menambah biaya untuk produk dengan ukuran yang lebih besar?
  • Apakah pelanggan harus membayar lebih apabila alamat tujuannya berjarak melebihi batas yang sudah Anda tetapkan?

Penutup

Begitu Anda berhasil menuntaskan keenam langkah di atas, selamat: Anda siap meng-online-kan toko Anda! Namun, jangan terburu-buru untuk mengklik tombol “Publish”. Periksa kembali kelengkapan dari atribut toko online Anda, dan pastikan Anda sudah membubuhi copy yang engaging untuk menarik minat pengunjung.

Walaupun begitu, perjuangan Anda tidak serta-merta berakhir di situ. Selanjutnya, promosikan toko online Anda lewat postingan di masing-masing akun media sosial yang Anda punya. Dengan begitu, followers Anda akan mengetahui tentang keberadaan toko online Anda.

Mudah-mudahan tips memulai online shop untuk pemula di atas dapat memuluskan perjalanan Anda dalam menciptakan toko online yang laris manis. Ingat, soal pembuatan online shop, serahkan saja pada Zyro, si website builder top dengan fitur-fitur yang tidak mengecewakan!

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

2 Komentar untuk "6 Tips Memulai Online Shop untuk Pemula Bisnis"

  1. dulu awal awal ngeblog pengen buka usaha online shop, pas udah bisa bikin blog malah bingung mau jual apaan :D

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink