Hindari 4 Kesalahan Investasi Saham yang Merugikan

Ilhamsadli.com,- Memiliki saham sebuah perusahaan kini tak serumit dulu, pasalnya Anda bisa investasi saham secara online. Meskipun medianya dipermudah, namun sebagai investor Anda tetap harus berhati-hati dan mengenal seluk beluk dari segi investasinya.

Saham atau surat berharga perusahaan ini bisa dibeli individu, warga negara Indonesia melalui perantaraan perusahaan sekuritas untuk saham-saham yang telah tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ada banyak perusahaan di Indonesia yang memiliki saham untuk bisa dibeli masyarakat umum. Namun untuk memilih saham yang tepat Anda harus menghindari beberapa kesalahan yang merugikan ini.

kesalahan investasi saham

Kesalahan Investasi Saham yang Wajib Dihindari Investor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi terhadap saham termasuk beresiko tinggi namun hasil yang didapatkan berpotensi paling tinggi. High return inilah yang menjadikan saham sebagai salah satu metode investasi yang cukup banyak diincar.

Hanya saja, demi mendapatkan keuntungan dari investasi ini Anda harus tahu detailnya dengan benar. Karena masih banyak kesalahan yang tidak sengaja dilakukan investor yang akhirnya membuat investasi justru gagal. Apa saja itu?

Tidak Melakukan Analisis

Kesalahan terbesar dalam investasi saham adalah tidak melakukan analisis yang tepat. Padahal analisis sangatlah penting untuk mengetahui manakah saham yang bisa menghasilkan. Kebanyakan investor masih terjebak dengan saham murah.

Padahal saham murah belum tentu memiliki potensi menguntungkan. Hal yang perlu diingat adalah bahwa pengembalian investasi tidak tergantung pada lembar saham yang Anda beli. Namun lebih ke fundamental dan proyeksi masa depan dari perusahaan tersebut.

Panik pada Saat Melakukan Jual Beli

Transaksi jual beli saham yang dilakukan harus memperhatikan soal timing. Sering melakukan jual beli belum tentu mampu memberikan keuntungan kepada Anda. Ditambah dengan panic selling yang takut karena harga saham yang dibeli tiba-tiba turun drastis.

Panik saat jual beli yang dikarenakan emosi hanya akan menghilangkan rasionalitas serta analisis yang sebelumnya telah dilakukan. Selain mengatasi kepanikan, Anda juga harus mempertimbangkan biaya transaksi yang harus ditanggung investor.

Tidak Melakukan Pemantauan Rutin

Investor mengikuti perubahan harga saham, karena perubahannya bisa terjadi setiap detik dan menit. Padahal perubahan yang terjadi ini bisa menjadi kesempatan Anda membeli saham potensial pada saat harganya turun.

Tanpa adanya pemantauan rutin, Anda bisa kehilangan kesempatan emas. Anda hanya perlu mengamati saham online selama 15 hingga 30 menit per sesi. Sudah cukup banyak informasi yang diperoleh.

Ketakutan Membeli Saham saat Turun

Usai melakukan analisis Anda seharusnya tahu mana saja perusahaan yang sahamnya memiliki potensi bagus. Sayangnya masih banyak investor yang takut membeli saham saat ekonomi mengalami penurunan.

Hal ini yang harus Anda atasi, karena sebelumnya sudah melakukan analisis dengan tepat. Kesempatan membeli saham saat turun harus dimanfaatkan karena jika potensinya bagus, kenaikan harga saham di waktu mendatang bisa mendatangkan keuntungan.

Takut membeli saham saat ekonomi lesu adalah tantangan terbesar bagi investor. Namun Anda harus bisa mengatasi rasa takut, salah satunya adalah mengikuti investasi Reksadana Terproteksi yang lebih terjaga keamanannya.

Reksadana Terproteksi Pilihan Terbaik untuk Hindari Kesalahan Saat Berinvestasi

Reksadana terproteksi adalah salah satu pilihan investasi saham yang bisa Anda dapatkan di DBS Treasures. Investasinya sendiri memanfaatkan instrumen surat utang atau obligasi yang mampu melindungi pokok investor kembali 100% sesuai jatuh tempo.

Anda bisa mendapatkan Reksadana Terproteksi Batavia Proteksi Maxima 20 atau BPMAX20.

Investasi ini menggunakan strategi buy and hold until maturity dalam nilai Rupiah. Melalui strategi ini Anda tidak perlu khawatir ketika perusahaan mengalami kebangkrutan, karena pemilik obligasi akan didahulukan mendapat haknya.

Melalui DBS Treasures ada berbagai kemudahan yang membuat Anda mengurangi risiko dalam berinvestasi reksadana saham. Apa saja kemudahan yang didapatkan?

Pertama, Anda akan mendapatkan mitra finansial yang terpercaya. DBS Treasure merupakan mitra finansial untuk Anda yang sudah memiliki tim ahli finansial. Tim inilah yang akan melakukan analisa pasar dan menemukan produk yang tepat bagi Anda.

Keuntungan ini membuat Anda tidak perlu bingung melakukan analisa sendiri yang berujung pada kegagalan investasi. Baik itu gagal karena salah memilih atau terlambat berinvestasi.

Kedua, Anda bisa melakukan investasi kapan saja dan di mana saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi ini Anda bisa memilih beragam jenis investasi reksadana online. Pemilihan dipermudah dengan reksadana yang telah dikategorikan menjadi tiga yaitu berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

Anda juga bisa memilih investasi reksadana berdasarkan filter yang sudah tersedia. Pada aplikasi ini ada beberapa filter yang bisa disesuaikan, yaitu berdasarkan manajer investasi, jenis mata uang, jenis reksadana, scoring infovesta dan resiko produk.

Melalui filter ini Anda akan menemukan jenis investasi reksadana yang dibutuhkan. Jangan lupa tetap perhatikan informasi seperti risiko, kinerja, prospektus serta ringkasan dari reksadana yang hendak dipilih.

Kemudahan yang dihadirkan dalam investasi saham di DBS Treasure ini mampu mengurangi risiko Anda dari masalah kegagalan investasi.

DBS Treasures menjadi layanan perbankan prioritas dari Bank DBS Indonesia yang menyediakan investasi reksadana saham. Jadi tunggu apalagi, Anda bisa segera melakukan investasi sekarang juga.


Sumber:
https://www.bareksa.com/berita/berita-ekonomi-terkini/2019-03-18/apa-yang-dimaksud-reksadana-terproteksi-begini-ulasannya
https://www.cermati.com/artikel/investasi-saham-online-pakai-5-cara-ini-biar-cuan-terus-1
https://www.jurnal.id/id/blog/kesalahan-dalam-investasi-saham-yang-harus-anda-hindari/
https://berkeluarga.id/2021/01/18/penting-5-kesalahan-investasi-saham-yang-bikin-rugi/
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Hindari 4 Kesalahan Investasi Saham yang Merugikan"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel