7 Jenis Asuransi dan Alasan Kenapa Harus Punya Asuransi Sejak Dini

Ilhamsadli.com,- Hayo pada ngaku, pasti masih banyak yang skeptis dan belum sadar mengenai asuransi. Banyak yang beranggapan bahwa asuranasi belum bermanfaat, padahal sebaliknya asuransi memilik banyak sekali manfaat. Tetapi sebelum kita membahas lebih dalam mengenai alasan kenapa memiliki asuransi ini menjadi penting, terlebih dahulu mari kita bahas mengenai asuransi itu sendiri.

Pengertian dan Jenis Asuransi

Secara pengertian, asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Atau secara sederhananya, asuransi merupakan sebuah bentuk manajemen risiko di mana risiko ditransfer ke perusahaan asuransi sebagai pertukaran atas pembayaran premi. 

Jenis Asuransi dan Alasan Kenapa Harus Punya Asuransi

Fungsi utama dari asuransi adalah memberi perlindungan kepada nasabah terkait risiko yang bisa menimpanya. Tentunya perlindungan yang dijanjikan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Dalam penerapannya, ada 7 jenis asuransi dengan masing-masing memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 7 jenis asuransi yang sering kali kita jumpai. Masing-masing jenis asuransi ini juga bisa dikatakan memiliki fokus serta resiko yang berbeda.

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi pertama adalah asuransi jiwa. Jenis asuransi yang ini dikenal bisa memberikan finansial pada tertanggung atas kematiannya dengan sistem pembayaran bermacam-macam. Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan jenis ini.

Untuk pembeliannya sendiri, bisa untuk kepentingan diri sendiri atau untuk pihak ketiga yang biasanya diarahkan ke keluarga terdekat. Misalnya saja seorang anak mendaftarkan orang tuanya ke asuransi jiwa atau sebaliknya.

Asuransi Kesehatan

Untuk asuransi kesehatan ini lumayan terkenal di banyak kalangan, karena paling umum dari semua jenis asuransi dan sering kali digunakan adalah asuransi kesehatan ini. Karena asuransi kesehatan ini merupakan produk asuransi yang menangani permasalahan kesehatan dan biasanya digunakan sebagai biaya proses perawatan. Penyebab sakit juga biasanya beragam namun biasanya yang kita jadikan pilihan adalah asuransi kesehatan terbaik.

Asuransi Kendaraan

Asuransi ketiga dan juga tidak asing adalah asuransi kendaraan dan paling sering kita dengar adalah asuransi mobil. Biasanya untuk penggunaannya adalah fokus pada tanggungan kepada orang lain atau kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh pemilik asuransi. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membayar kehilangan atau kerusakan pada kendaraan yang terdaftar asuransi tadi. Asuransi kendaraan ini mulai dikenal banyak orang ketika 1998.

Asuransi Properti

Asuransi selanjutnya adalah asuransi aset yang biasanya mengarah pada rumah dan properti. Untuk asuransi ini biasanya digunakan untuk proteksi atas kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang barang tertentu. Akan bisa digunakan sebagai pemberi keringanan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan apabila rumah atau properti terkana musibah.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan ini juga terbilang lumayan populer, karena beberapa webinar mengenai financial planing terkadang membahas tentang asuransi pendidikan ini. Asuransi jenis ini tergolong dalam alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.

Asuransi Bisnis

Asuransi ini tergolong dalam proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Cara kerja asuranasi ini adalah memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Perusahaan asuransi biasanya menawarkan berbagai macam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

Asuransi Perjalanan

Untuk mereka yang suka melakukan perjalanan terlebih lagi traveller sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi perjalana. Asuranasi perjalanan ini sangat penting, terutama ketika sedang berada di luar negeri. Dengan memiliki asuransi jenis ini, perjalanan menjadi tentang dan lebih nyaman.

Manfaat Memiliki Asuransi Yang Perlu Diketahui

Memiliki orang tersayang atau properti, kendaraan atau mungkin sedang membangun bisnis, maka asuransi menjadi hal yang petut untuk dijadikan salah satu hal wajibnya. Tentunya ini tujuannya adalah untuk memanajemen resiko. Tidak Cuma itu, ada beberapa manfaat sekaligus alasan kenapa harus punya asuransi sejak dini.

Manfaat Memiliki Asuransi

Cara untuk manajemen resiko dan financial planing

Merencanakan keuangan tentu menjadi hal yang penting sebagai proteksi untuk ke depannya. Membayar premi setiap bulannya menjadi sebuah kebiasaan baik dimana kita akhirnya dilatih untuk mengatur keuangan secara terstruktur dan rapi. Ya, minimal kita tahu dana yang ada mau dialokasikan ke mana.

Membantu Wujudkan Impian Masa Depan

Kenapa manfaat memiliki asuranasi adalah membantu mewujudkan impian masa depan? Jawabannya adalah karena asuransi ini sebenarnya adalah investasi jangka panjang. Dengan memiliki proteksi berupa asuransi inilah kemudian kita tidak perlu merasa resah, karena semuanya sudah terproteksi. Asuransi ini juga bisa masuk dalam golongan dana darurat, namun jika hanya berkaitan dengan apa yang sudah disepakati.

Memberikan Proteksi Kepada Orang Tersayang

Kita pasti menginginkan orang-orang tersayang kita aman dari segala hal, oleh karenanya kita daftarkan dalam asuransi. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi suatu saat nanti. Asuransi yang bisa didaftarkan adalah asuransi jiwa atau asuransi kesehatan untuk perkara ini.

Mengurangi Beban Pikiran dan Meninggalkan Warisan

Salah satu alasan kenapa harus memiliki asuransi adalah bisa mengurangi beban pikiran. Karena sudah menyiapkan segala sesuatunya, tentunya otak tidak akan terlalu memikirkan perkara kemungkinan-kemungkinan pembiayaan nantinya. Dan satu lagi, dengan adanya asuransi ini bisa menjadi warisan kepada yang ditinggalkan nantinya. Terlebih lagi, asuransi ini pastinya memiliki banyak manfaat untuk masa depan yang ditinggalkan.

Nah, itu tadi bahasan mengenai pengertian asuransi, jenis asuransi, tujuan asuransi dan manfaat memiliki asuransi. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan padangan mengenai asuransi dan pentingnya dalam kehidupan.

Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "7 Jenis Asuransi dan Alasan Kenapa Harus Punya Asuransi Sejak Dini"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Rajabacklink