Kenapa Harus Menggunakan NAS sebagai Media Penyimpanan Data?

Ilhamsadli.com,- Perkembangan teknologi yang pesat membuat pilihan penyimpanan data pun semakin beragam. Jika dulu hanya terdapat memori atau harddisk internal, saat ini Anda bisa menyimpan data atau file melalui flashdisk, memori eksternal, HDD eksternal, hingga penyimpanan awan atau cloud publik. Yang mana memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak file dengan ukuran dan format beragam.

Walaupun begitu, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih media penyimpanan. Mengapa? Karena risiko terbesarnya Anda bisa saja kehilangan seluruh file yang telah disalin ke dalam media tersebut. Berikut beberapa pertimbangan seputar memori penyimpanan yang tentu sudah cukup familiar bagi Anda.
NAS sebagai Media Penyimpanan Data


1. Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Data dalam HDD Eksternal


Menyimpan banyak file Anda ke dalam HDD eksternal bisa membuat memori internal Anda lebih ringan. Apalagi jenis penyimpanan yang satu ini memiliki banyak pilihan kapasitas. Ada yang 512GB, 1TB, 4TB, bahkan hingga puluhan TB. Lalu, sudahkah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan penyimpanan yang satu ini?
  • Tidak memiliki penyimpanan terpusat. Hal ini membuat data milik Anda tersebar di banyak hard drive.
  • Tidak tersedia akses jarak jauh. Jadi, Anda harus selalu membawanya jika ingin mengakses file atau data di dalamnya. Dengan kata lain kurang efisien.
  • File bisa hilang akibat HDD gagal / failure. Ya, HDD eksternal bisa rusak layaknya hardware tipe lain.
  • Tidak terdapat solusi backup otomatis, semuanya berjalan manual. Ini menambah risiko Anda kehilangan data.

NAS sebagai Media Penyimpanan Data

2. Kelebihan dan Kekurangan Menyimpan Data dengan Berlangganan Di Cloud Publik

Perkembangan teknologi membuat penyimpanan tak hanya yang berbentuk fisik saja. Namun, sudah ada penyimpanan virtual yang bisa diakses tanpa batas. Dimanapun dan kapanpun, Anda bisa mengaksesnya jika disimpan pada cloud. Cloud publik merupakan layanan cloud yang memiliki jaringan infrastruktur tersebar di dunia sehingga layanan ini bisa digunakan oleh siapa saja. Berikut beberapa plus dan minus cloud publik.

  • Memiliki biaya berlangganan perbulan. Tentu Anda harus menyediakan budget khusus.
  • Adanya masalah tentang privasi data. Seperti yang Anda tahu, menyimpan sesuatu di internet berisiko terkena kebocoran data.
  • Terkadang mengalami layanan downtime.
  • Adanya perubahan kebijakan perusahaan yang berpengaruh pada pengguna lainnya.

NAS sebagai Media Penyimpanan Data


3. Memakai Kombinasi Perangkat HDD Eksternal dan Cloud Publik

  • Biaya menambah pengeluaran Anda, jadi double.
  • Data milik Anda semakin banyak tersebar di banyak platform.
Jadi, bagaimana solusinya? Anda bisa menggunakan NAS.

Keunggulan Menggunakan NAS sebagai Media Penyimpanan

Network Attached Storage atau NAS bisa menjadi jawaban Anda sebagai penyimpanan data yang andal. Mengapa? Karena NAS adalah perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung ke jaringan rumah atau kantor. Dengan menggunakan NAS, Anda dapat menyimpan seluruh file dan data Anda. Berikut manfaat dan kelebihan menggunakan NAS lainnya.
NAS sebagai Media Penyimpanan Data

  1. Penyimpanan modern yang andal dengan perlindungan data yang aman.
  2. Pembayaran satu kali di awal untuk hardware dan langsung mendapatkan software bawaan, berikutnya tanpa biaya berlangganan.
  3. Proses dalam mengakses, berbagi, sync data lebih mudah, bisa dari perangkat berbeda.
  4. Kolaborasi dengan tim kerja Anda di mana pun berada tanpa ada hambatan.
  5. Privasi data sepenuhnya di tangan Anda.
  6. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  7. Investasi jangka panjang karena menghemat pengeluaran. Hanya satu kali di awal.

Tips Jitu Memilih NAS yang Sesuai Kebutuhan Anda

Sesuaikan Kapasitas Penyimpanannya dengan Kebutuhan Anda

Anda bisa mengumpulkan data yang dimiliki saat ini dan memperkirakan pertumbuhan data Anda dalam 3 sampai 5 tahun berikutnya. Evaluasi berapa banyak size atau besaran penyimpanan data yang Anda butuhkan.
 

Fungsi dari NAS Anda

Apa tujuan Anda menggunakan NAS? Apakah sebagai upaya melakukan penyimpanan data untuk penggunaan rumahan atau bisnis. Kemudian apakah untuk penyimpanan saja atau untuk backup data juga.

Tingkat Perlindungan yang Dibutuhkan

Setelah menentukan besaran kapasitas dan fungsi utamanya, kini waktunya memutuskan level perlindungan data yang diinginkan, yaitu dengan memilih jenis RAID. Hal ini bertujuan untuk memutuskan berapa banyak hardisk NAS yang Anda butuhkan.

Berapa banyak orang yang Akan Terhubung ke Data Milik Anda

Mengatur siapa saja yang diizinkan mengakses data milik Anda, baik itu secara bersamaan ataupun tidak ini bisa dilakukan dengan mudah di NAS.

Tentukan Brand Pilihan Anda

Tentu ada banyak brand NAS yang saat ini tersebar di pasaran dan membuat Anda bingung. Ada yang menawarkan bermacam-macam model dengan spesifikasi hardware yang sedikit berbeda dengan tingkat performanya. Kemudian beberapa brand lainnya memilih berkomitmen membangun sebuah ekosistem lengkap dengan rangkaian aplikasi. Misalnya seperti kapabilitas kinerja software yang serba guna dan UI yang user-friendly. Ini tentu memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi.

NAS sebagai Media Penyimpanan Data

Nah, nama penyedia layanan NAS seperti Synology bisa menjadi pilihan Anda sebagai penyedia solusi dengan pengalaman penggunaan yang telah dioptimalkan. Banyaknya built-in software, aplikasi pihak ketiga, dan lainnya menjadi modal Synology untuk dapat memberikan solusi pelayanan yang maksimal sekaligus terpercaya.

Rekomendasi Bantuan Memilih Tipe NAS: Menggunakan NAS Selector Milik Synology

Jika Anda masih merasa bingung karena banyaknya variasi tipe NAS, Anda dapat juga menggunakan NAS Selector di website Synology. Ini bisa membantu Anda memilih NAS pertama kalinya.

Pelajari lebih lanjut tentang NAS Synology: https://sy.to/kaacs

Link pembelian: https://sy.to/mng2lHubungi Synology: https://sy.to/pns1f
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

20 Komentar untuk "Kenapa Harus Menggunakan NAS sebagai Media Penyimpanan Data?"

  1. Nah, betul bgt tuh. Menyimpan data memang butuh tempat yg aman dan harus minim resiko data bocor. Mungkin NAS ini bisa dicoba.

    BalasHapus
  2. Menarik banget nih masalah simpan menyimpan data apalagi buat kebutuhan perusahaan. Kebetulan kantor saat ini baru pakai cloud, belum NAS. Ntar deh mau kasih Rekomendasi ke kantor untuk pakai NAS.

    BalasHapus
  3. Jenama Synologi itu penyedia layanannya NAS ya Mas, noted. Perlu banget NAS ini sebagai media penyimpanan data yang bisa dikelola sendiri sama kita pemiliknya ya, jadi gak tergantung pihak lain dan secara fisik bentuknya juga ada

    BalasHapus
  4. Pernah ngalamin rusaknya penyimpanan data eksternal, rasanya mau nangis. Tapi hingga kering tuh air mata, datanya gak bs balik krn HDD-nya ga tertolong. Kalau dengan layanan NAS seperti Synologi menyimpan data, anti hilang krn kerusakan, dan dapat diakses kapan pun dibutuhkan. Harus punya ini.

    BalasHapus
  5. Sedikit OOT. Baru dua hari lalu aku beres-beres gudang di rumah dan nemuin disket tahun 90an awal (kamu udah lahir belum, Ham?) yang tipis dan bisa buat kipas-kipas. Anak-anakku yang taunya flashdisk sama HDD eksternal jelas aja terheran-heran lihat benda antik itu :D Saat ini belum kepikir sih buat make NAS. Entah nanti. :)

    BalasHapus
  6. Network Attached Storage. Wah, teknologi baru kagi nih. Apa cuma aku yang baru tau? Hehe..
    Sebenernya sih yang harus lebih dulu dilakukan untuk penyimpanan data adalah rutin decluttering dan organizing. Karena kalau enggak begitu, berapapun besar memori penyimpanan yang tersedia pasti bakal habis juga.

    BalasHapus
  7. diradio tempatku bekerja sih karena dulu suka banyak data yang kehapus dan kena virus, jadi pake teknologi ini, semua komputer juga lebih mudah terhubung dan mengakses data

    BalasHapus
  8. Aq jadi kepikiran buat beli NAS ini kak, soalnya selama ini aq nyimpen file pake flasdisk tapi ya gitu kadang sering penuh jadi butuh beberapa biar cukup ruang

    BalasHapus
  9. NAS ini diperlukan banget ya buat seorang konten kreator maupun pekerja kantoran yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar dan praktis. Fiturnya juga jauh lebih unggul dibanding hard disk atau cloud. Keren infonya Pak

    BalasHapus
  10. Data jadi hal yang berharga saat digitalisasi seperti ini ya kak
    makanya perlu disimpan di tempat yang aman, seperti NAS ini

    BalasHapus
  11. berarti ini mirip hdd ext yg bisa dicolokin di sembarang pc atau laptop ya? soalnya suami sempat mau beli hdd ext utk mindah data dr laptop yang lagi di servis tapi belum beli. baca ini bisa jadi alternatif

    BalasHapus
  12. Akuuuu.. termasuk yang bingung kudu milih yang mana untuk media penyimpanan data.
    Hmm... serahkan pada yang bisa bantu menyimpan aja lah ya.

    Kalau dengan NAS lebih efektif, baiklah kalau begitu mari minta juragan untuk membantu membeli. Ehhh

    BalasHapus
  13. Wah mantap nih bisa sebagai alternatif google Drive kalau penuh. Terimakasih kak Artikel nya membantu sekali.

    BalasHapus
  14. Nah bukan dana aja yang perlu ada tempat penyimpanan, file kita pun juga, apalagi biasanya yang soft copy itu size-nya besar. Jadi bisa membuat lega memori ponsel juga

    BalasHapus
  15. Kalo sejak dulu pake NAS, mungkin file-file penting saya sejak dulu gak hilang sia-sia. Padahal selain penting, kenangannya itu loh, tentu kejaidiannya gak bisa diulang.

    BalasHapus
  16. Waah aku baru tau teknologi NAS ini. Biasanya kami menyimpan data termasuk foto-foto dan kerjaan suami di cloud. Ntar aku mau kasih tau NAS ini deh ke pak suami.

    BalasHapus
  17. Sepertinya memang perlu pakai NAS ini untuk memudahkan penyimpanan file digital. Apalagi buat konten kreator yang biasanya banyak file kan, dari foto lah, video, dan dokumen digital lainnya. Perlu dipertimbangkan memang

    BalasHapus
  18. Noted semeton!!! Nanti saya coba ya!!!

    BalasHapus
  19. Aku baru tau tentang NAS. Kayanya butuh nih tapi belum paham cara kerja dan harganya.

    BalasHapus
  20. Klo punya NAS ini simpan data nggak perlu worry lagi ya

    BalasHapus
Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel