Kilau Digital Permata Flobamora untuk Sukseskan UMKM Lokal Lewat Digital

Ilhamsadli.com,- Hayo, siapa yang sering mendengar kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)? Karena gerakan ini sering sekali lewat di timeline twitter hingga muncul di trending topik Indonesia, sampai pada ke tanah surga Indonesia di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan Gernas BBI di NTT ini mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) dan dilaksanakan pada 18 Juni 2021 kemarin di Puncak Waringin, Labuan Bajo, BTT.

Kita sama-sama tahu kalau pandemik masih ada, jadinya acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Flobamora ini dilaksanakan secara offline dan online melalui aplikasi Zoom dan akun Youtube Ditjen IKP Kominfo serta siaran langsung di TVRI, Metro TV, iNews TV, dan radio RRI.
Kilau Digital Permata Flobamora

Kilau Digital Permata Flobamora

Ada beberapa tamu undangan VVIP yang hadir dalam acara Kilau Digital Permata Flobamora, diantaranya adalah Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Jhonny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thoti (MenBUMN) Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Beberapa sambutan disampaikan oleh tamu undangan, kesemuanya sangat berharap bahwa gerakan Gernas BBI ini membantu membangun ekonomi Indonesia menjadi lebih baik, fil khusus sukseskan UMKM lokal melalui media digital. Karena dalam acara ini juga tidak hanya berisi sambutan tetapi juga terdapat virtual expo yang menampilkan secara virtual produk UMKM. 

Kilau Digital Permata Flobamora

Tidak tanggung-tanggung, bahkan sudah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia serat marketplace. Jadi kesempatan dibuka lebar untuk masyarakat Indonesia dimana saja berada untuk membeli produk Pelaku UMKM di NTT.

Tidak hanya itu, ternyata ada perbincangan mengenai kemajuan UMKM di Indonesia, khususnya di NTT. Ada juga sesi talkshow bersama marketplace yang akan menghadirkan narasumber Ketua Umum idEA, CEO Ladara, dan CEO Grab yang membahas peluang bisnis.

Mendengar Kata NTT, tentunya banyak diantara kita yang berpikiran mengenai destinasi wisata yang masyaAllah seperti surga dunia. Tetapi ternyata di balik semua itu, ada yang juga tidak kalah menarik. Diantaranya adalah keindahan tenun khas Flobamora NTT yang berkesempatan ditampilkan dalam acara fashion show. Acara fashion show ini dipimpin oleh Julie Laiskodat (ketua Dekranasda Provinsi NTT).

Tujuan adanya fashion show ini tentunya untuk memperkanlkan produk UMKM di NTT yang berkelas, tidak kalah bagus dan berkualitasnya dengan produk luar. Bahkan memunculkan sebuah ciri khas, karena diukir oleh tangan-tangan dari orang asli NTT.

Produk Lokal Kualitas Global

Pada sambutan dari Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, menyampaikan dan mengajak kepada masyarakat untuk saling memajukan UMKM daerah sebelum membeli produk luar negeri. Karena produk lokal juga tidak kalah dengan produk luar dalam hal kualitas, apalagi coraknya. Buktinya produk buatan Indonesia sudah mulai diperthitungkan bahkan menjadi perhatian yang cukup oke di market global.

Kemudia dilanjutkan dalam pidato sambutan Menkominfo Johnny Gerard Plate menyampiakan bahwa Kilau Digital Permata Flobamora merupakan penanda tahun ke dua Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia sejak diluncurkan Presiden Mei lalu. Tentunya gerakan ini sebagai sebuah ikhtiar untuk mendorong agar UKM dan UMKM bisa bangkit serta bertahan selama pandemi Covid-19.

Virtual Expo Flobamora

Melihat perkembangan platform digital yang semakin pesat, tentunya akan sayang jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dukungan platform digital untuk pengembangan UMKM bisa dengan membeli produk lokal, serta mengajak masyarakat lainnya untuk bangga mengadopsi produk-produk karya anak bangsa. Bahkan hingga saat ini sudah tercatat setidaknya ada 64 juta UMKM dan ultra mikrousaha yang menjadi penopang 60% GDP nasional. Hal ini membanggakan, lebih-lebih didorongnya STM Kominfo untuk menjadi institut digital nasional sebagai wadah pengembangan digital talent Indonesia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam sambuatannya sangat mengapresiasi Gernas BBI. Beliau berharap gerakan nasional ini mampu membangun kemandirian ekonomi nasional lewat dukungan infrastruktur digital. Karena infrastuktur semakin dikembangkan oleh pemerintah, tentunya sebuah kesempatan emas untuk memanfaatkannya sebaik dan semaksimal mungkin.

Tentang Gernas BBI

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital.

Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora, Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di 16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba Tengah, dan Manggarai Timur.

Launching Virtual Expo Flobamora

Virtual Expo telah berlangsung selama satu bulan, dari 9 Juni hingga 9 Juli 2021. Melalui expo secara daring ini siapa saja bisa melihat-lihat sekaligus membeli sebagaimana berbelanja di marketplace.

Berbelanja di Kilau Digital Flobamora Virtual Expo bisa melalui:

1. kilaudigitalflobamora.id

Cara: Kunjungi situs Kilau Digital Flobamora di kilaudigitalflobamora.id. Klik menu Pameran Virtual lalu lakukan registrasi dengan memasukkan nama, nomor ponsel, dan alamat email. Pilih area expo yang ingin dijelajahi. Setelah memilih barang, lakukan transaksi dengan dukungan QRIS dari Bank Indonesia melalui metode yang kita inginkan. Tersedia OVO, ShopeePay, GoPay, Dana, atau Link Aja.

2. JP Hub (Hub Jaringan Pariwisata)

JP Hub atau Jaringan Pariwisata Hub merupakan kerjasama Kominfo, Telkom, dan Kemenparekraf melalui platform wonderin.id. Lewat JP Hub desa pariwisata akan terdigitalisasi sehingga lebih dikenal dan mudah diakses. Terkoneksi dengan indonesia.travel milik kemenparekraf dan jaringan agen perjalanan seluruh Indonesia.

Cara: masuk ke wonderin.id. Daftar akun. Aktifkan akun. Siap memasarkan produk desa wisata. Desa wisata makin mendunia.

Dalam jangka pendek, program pencontohan digitalisasi desa wisata ini menyasar 5 destinasi superprioritas yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur, Danau Toba, dan Likupang. Wonderin.id menampilkan informasi secara integratif tentang paket tour, venue dan atraksi wisata, akomodasi, jadwal kereta api dan penerbangan domestik maupun internasional.

3. PiKampung

Bank Indonesia melalui perwakilannya Bank Indonesia Povinsi NTT mempersembahkan www.pikampung.com sebagai dukungan kelestarian kampung adat bagian dari identitas masyarakat dan kekayaan intangible.

Aplikasi Pi Kampung bertujuan merawat kekayaan dan keanekaragaman budaya NTT sehingga tak hilang dimakan zaman akibat gempuran budaya asing maupun kemajuan teknologi.

Tinggal kunjungi situsnya atau instal aplikasinya untuk menemukan permata budaya Nusa Tenggara Timur yang kaya dan penuh pesona. Temukan eksotisme tradisi dan sikap mandiri warga kampung adat yang semakin langka di sana.

4. Toko Online BumdesMart

Toko online badan usaha milik desa dan UMKM lokal di Provinsi NTT. Sepenuhnya didukung Mendes PDTT yang mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dimana di dalamnya mengkoordinir berbagai usaha yang dilakukan warga masyarakat yang telah berbadan hukum.

BUMDesa ada untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat. Mengkonsolidasi usaha dari hulu hingga hilir terkait distrubusi barang dan upaya pencarian pasar produk desa. Karenanya BUMDesa perlu terus meningkatkan kemampuan digitalisasi.

5. Gerakan Online (Go) NTT

Aplikasi persembahan Bank NTT diklaim Gubernur NTT sebagai upaya untuk memajukan UMKM NTT go digital dalam memasarkan produk dari NTT sehingga bisa dibeli di marketplace lain. Adanya aplikasi ini menggenjot terus produksi lokal untuk dipasarkan secara global.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Kilau Digital Permata Flobamora untuk Sukseskan UMKM Lokal Lewat Digital"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel