3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner Virtual Kitchen

Ilhamsadli.com,- Salah satu bisnis makanan populer saat ini adalah kuliner berbasis virtual kitchen. Bisnisini merujuk pada restoran yang tidak menyediakan ruang untuk menikmati makanan di tempat. Jadi hanya terdapat dapur sebagai tempat produksi makanan. Anda hanya dapat memesan makanan dan menikmatinya di rumah.

Nah apabila Anda sudah pernah mendengar tentang bisnis ini dan tertarik untuk memulainya, setidaknya terdapat3 hal yang perlu Anda persiapkan untuk membangun bisnis dapur virtual dengan baik. Berikut uraiannya.
persiapan memulai bisnis

1. Mempersiapkan Sistem Pesanan Online dan Sistem Pengiriman Produk


Terdapat 2 sistem yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum Anda terjun dalam bisnis ini. Keduanya adalah sistem pesanan atau order online dan sistem pengiriman produk.

Dalam hal ini, untuk keperluan melakukan order secara online, sebaiknya dipersiapkan aplikasi atau cara untuk memesanyang cukup mudah dipahami oleh para pembeli. Sistem yang sederhana dan mudah dimengerti akan menjadi lebih baik daripada sistem yang cukup rumit dan sulit digunakan.

Kemudian untuk pengiriman produk, terdapat 2 pilihan yang bisa diambil. Pertama dengan menggunakan jasa pengantar makanan. Saatini sudah tersedia banyak perusahaan jasa beroperasi dan ditemui di Indonesia. Anda bisa memilih jasa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan Anda.

Selain itu, untuk pilihan kedua, Anda juga dapat mempersiapkan sistem pengantaran sendiri. Dalam hal ini, setidaknya perlu disediakan 2 sampai 3 unit sepeda motor lengkap dengan boks di belakangnya. Setiap unit tersebut sebaiknya juga dilengkapi dengan seorang driver sehingga dapat melakukan pengantaran secara maksimal.

Apapun pilihan Anda nantinya, pastikan bahwa makanan pesanan dapat segera sampai di tangan pelanggan dalam keadaan baik dan dengan waktu cukup cepat.

2. Memilih Staf dan Koki Andal


Bahkan seandainya Anda baru merintis bisnis kuliner dapur virtual, Anda akan membutuhkan beberapa staf dan koki untuk membantu kegiatan operasional sehari-hari. Apabila memungkinkan, pilihlah orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Staf yang andal dan berpengalaman dapat membantu Anda untuk melakukan beberapa tugas seperti pemilihan dan penyediaan bahan baku yang baik, memproses dan menyiapkan pesanan, dan lain sebagainya. Sementara koki yang berpengalaman dapat membuat dan menyediakan jenis-jenis makanan sesuai dengan cita rasa yang diinginkan.

Kemudian, sebagai bentuk apresiasi atas kinerja mereka, Anda dapat memberikan bayaran yang sesuai. Di samping dengan membayar gaji mereka, bisa juga ditambah dengan pemberian bonus berupa uang tambahan atau hal-hal lainnya, seperti pergi rekreasi atau liburan bersama seluruh staf atau orang yang terlibat dalam usaha Anda.

3. Memberikan Kemasan Multifungsi untuk Konsumen


Persiapan ketiga berkaitan dengan cara mengemas makanan untuk konsumen. Dalam hal ini, kemasan makanan memiliki fungsi utama untuk menjaga agar kualitas makanan pesanan dapat sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan baik dan enak untuk dikonsumsi. Kesesuaian kemasan dan masakan juga sangat penting agar kualitas dan cita rasanya dapat tetap terjaga.

Kemudian yang tidak kalah penting juga dalam hal ini adalah desain dari kemasan itu sendiri. Buatlah desain yang menarik supaya konsumen menjadi tertarik. Bahkansejak melihat kemasannya saja. Bagi konsumen, nilai sebuah makanan selain ditentukan dari rasa, juga ditentukan dari penampilannya. Demikianlah 3 persiapan penting sebelum memulai bisnis virtual kitchen.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah pemilihan dapur itu sendiri. Dalam hal ini, apabila menginginkan dapur berfasilitas lengkap tanpa perlu menyiapkannya sendiri, Anda dapat menggunakan layanan dari Everplate. Anda juga bisa mengunjungi everplate.co.id untuk jenis-jenis dapur yang bisa Anda pilih.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Kuliner Virtual Kitchen"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel