Benarkah Bermain Game Memiliki Dampak Positif? Coba Cek 7 Dampak Postif Bermain Game ini

Ilhamsadli.com,- Selama pandemik berlangsung, meskipun bekerja dari rumah tetapi memang tidak kalah melelahkan dengan bekerja kantoran seperti biasa. Apalagi jika sudah terkendala dengan jaringan yang tidak stabil atau tugas yang semakin bertumpuk. Alhasil otak merasa lelah dan mencari hiburan dengan bermain game. Ya, kita tahu bahwa segala sesuatunya pasti memiliki dampak positif maupun negatif.

Tetapi terkadang masyarakat mengganggap bahwa main game hanya membuang waktu saja, padahal masih ada hal positif dari main game. Hanya saja, rumusnya adalah bermain tidak sampai berlebihan, artinya bermain secukup dan seperlunya saja. Jangan sampai bermain game malah membuat pekerjaan yang seharusnya diselesaikan malah tertunda bahkan terlupakan
dampak positif main game


7 Dampak Positif Bermain Game

Tidak hanya orang tua, terkadang kita juga memandang hanya dari satu sisi untuk persoalan bermain game ini, padahal dampak bermain game tidak selalu jelek. Tinggal bagaiamana atau dari sisi mana kita melihatnya, apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang ini yang semakin maju. Nah, berikut ini adalah dampak baik bermain game.

Mengurangi Stress

Dampak positif bermain game adalah bisa mengurangi stres, terutama untuk yang bosan dengan pekerjaan yang bertumpuk. Atau mereka yang butuh suasana baru setelah mengerjakan banyak pekerjaan, maka solusinya bisa saja adalah bermain games. Beberapa teman yang saya kenal juga menggunakan main game untuk meredakan stres.

Dampak Postif Bermain Game

Ya, meskipun tidak semua orang menggunakan main game untuk mengurangi stres. Tetapi dengan bermain game yang ringan atau yang membuat penggunanya merasa bahagia tentu bisa menjadi alasan kenapa bermain game memiliki dampak baik seperti mengurangi stres. Apalagi kondisi seperti sekarang ini, dimana biasanya liburan bisa mengurangi stress. Namun karena adanya pembatasan kegiatan di luar rumah, alhasil bermain game bisa menjadi solusi penghilang stres.

Melatih Konsentrasi

Ada beberapa game yang digunakan untuk melatih konsentrasi, karena memang game tersebut membutuhkan konsentrasi tinggi. Tentunya dengan bermain game ini bisa melatih kinerja otak sehingga tidak melulu memikirkan pekerjaan, melainkan sesuatu yang lain. 

Misalnya pada beberapa game yang membutuhkan konsentrasi dan strategi untuk bisa memeroleh skor tinggi. Jadi masih tidak salah untuk bermain game.
melatih konsentrasi dengan game

Meminimalisir Egois

Efek positif bermain game adalah meminimalisir egoisme. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena dalam bermain game terutama game yang membutuhkan kerjasama tim, sudah seharusnya untuk bekerjasama bukan hanya mementingkan diri sendiri. Karena ketika bermain game yang butuh kerjasama tim, ketika tim gagal maka yang disalahkan tentunya bukan hanya satu orang melainkan semua tim menjadi salah.

Pernah mendengar pepatah lama tentang satu lidi bisa dengan mudah dipatahkan, sedangkan jika banyak lidi akan sulit untuk dipatahkan. Dalam sebuah permainan tentu dibutuhkan komunikasi yang baik antar pemain dalam satu tim untuk bisa mendapatkan kemenangan sempurna. Termasuk dalam urusan menyusun strategi untuk mengalahkan lawan.

Melatih Insting

Hal lain yang juga didapatkan ketika main game adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan instingnya. Karena beberapa game juga bisa untuk melatih insting, misalkan dengan munculnya prediksi strategi apa yang akan digunakan oleh musuh, hingga kira-kira langkah apa yang akan digunakan oleh musuh. Dengan demikian, maka seoang player bisa menyusun strategi lain ketika strategi A ada kemungkinan tidak berhasil.melatih konsentrasi dengan game

Melatih Ingatan

Pernah bermain teka teki atau semacam kuis? Nah, ada beberapa games yang membutuhkan ingatan mengenai pelajaran ketika SD, SMP, SMA. Game ini bisa untuk melatih seberapa kuat memori hingga ingatan kita tentang sesuatu di masa lalu. Tentunya ini bisa untuk melatih kinerja otak juga, seberapa kuat ingatan kita akan sebuah teori di masa lalu.

Mempertajam Pengambilan Keputusan

Tidak hanya di dunia game kita dihadapkan pada sebuah pilihan, di kehidupan nyata juga seringkali kita dihadapkan dengan sebuah pilihan. Pilihan ini mengharuskan kita memilih satu diantara dua, tentunya masing-masing memiliki resikonya masing-masing. 

Begitu pula dalam dunia game, misalnya ketika bermain catur dihadapkan dengan pilihan menyelamatkan perdana menteri atau benteng, maka di situlah kita dihdapkan pada dua pilihan. Sebelum menentukan pilihan tentunya kita memikirkan mengenai resikonya, namun perbedaannya adalah di sini kita dituntut untuk berpikir secara cepat dan akurat. Karena keliru memilih keputusan bisa berakibat pada permainan selanjutnya.

Mendapatkan Uang

Nah, pasti banyak orang yang beranggapan bahwa bermain game hanya bisa menghabiskan uang tetapi tidak sedikit yang tahu kalau bermain game juga bisa menghasilkan uang. Ada banyak cara, misalkan dengan memilih jenis game yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang. 

Bahkan beberapa game sekarang sudah masuk dalam olahraga dan turnamen nasional hingga international. Tentunya ini tidak menutup kemungkinan anda bisa menghasilkan uang dari hanya bermain game. 

Nah, itu dia 7 dampak positif dari bermain game yang bisa diperoleh. Jadi jangan menganggap bermain game hanya bisa memberikan efek negatif karena kita melihat dari satu sisi dan melupakan bahwa masih ada sisi lainnya.
Ilham Sadli Seorang Travel blogger sekaligus freelance Writer yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Cabang Jember sejak 2014, suka menulis puisi dan kadang terlalu nyaman dengan menulis kisah seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Bermain Game Memiliki Dampak Positif? Coba Cek 7 Dampak Postif Bermain Game ini"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, jangan lupa follow twitter @blogsadli, Instagram @ilhamsadli atau subscribe email anda untuk mendapatkan update terbaru. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel